1

11K 532 109
                                    

Jogjakarta, 2012

Sebagai mahasiswa baru yang teladan, gue memutuskan untuk berangkat ke kampus untuk pertama kalinya sebagai mahasiswa pada pukul setengah enam pagi. Alias gue berangkat tepat setelah gue shalat subuh. Walaupun reputasi gue dulu sebagai anak SMA adalah anak yang suka tawuran dan suka banget bolos pelajaran. Tapi jangan salah, gue gini-gini ga pernah ngelewatin shalat. Ya itu sih sebagai bentuk syukur gue, sekaligus buat minta ampun sama Tuhan karena gue kadang suka kurang ajar ga tau diri. Shalat aja masih suka lupa rakaat sok-sokan mau kufur nikmat.

Dulu di SMA nilai gue parah banget rusaknya. Sampe kalo abis ambil rapot, emak gue pulang-pulang langsung jadi superwoman yang penuh kekuatan untuk menghancurkan Hiroshima dengan panci dan raket nyamuk andalannya. Buat apa? Ya jelas buat nimpukin gue lah.

Gue aja pas kelas 3 akhir nih, bingung banget mau lanjut kuliah atau jadi penerus generasinya mang Cahyo, tetangga gue yang kebetulan buka lowongan kerja jadi anak buahnya dia. Gajinya ga nentu, asal banyak job ya duit juga banyak. Cape ya balik lagi, tergantung job. Lumayan juga karena kerjanya nongkrong di alun-alun Kebumen sambil gelar tiker. Apaan nih kerjanya? Jadi tukang pijet kaki lima.

Tapi gue mengurungkan niat buat jadi anak buahnya mang Cahyo yang bakal dididik Sarjana Magister Tukang Pijet Kaki Lima. Karena gue sadar diri, kaki gue cuma ada dua. Itu jelas melanggar peraturan. Jadi gue memutuskan untuk lanjut kuliah dengan sisa-sisa kepinteran gue yang mungkin masih tertanem di otak walaupun gedenya cuma sebutir pasir.

Gue ga ikut snmptn karena gue nyadar banget rapot gue ga bisa menjamin, apalagi dengan prestasi gue yang jelas menang juara 1 lomba tawuran antar SMAN 1 sama SDN 3 yang bocahnya masih doyan jajan gulali mang Ujang.

Gue coba ambil peruntungan di sbmptn dan alhasil gue lolos. Hahahaha panitianya lagi ngantuk pas ngizinin gue dapet tulisan Selamat pas buka websitenya hari pengumuman waktu itu. Ga nyangka aja gue.

Karena gue dari Semarang, jadilah akhirnya gue di Jogja ini ngontrak bareng sama dua temen gue yang emang udah dari kecil main mobil-mobilan sampe ada yang udah punya mobil beneran, dan satu lagi temen gue yang dari Bandung. Ketemu di stasiun sih, dia kaya orang bego gitu celingukan ga jelas, pas gue tanya dia kesini mau kuliah di UGM juga, jadilah kita bertiga ngajak orang ilang satu ini buat nyari kontrakan bareng.

Nah gitu ceritanya.

Abis make jas almamater, gue langsung berdiri depan kaca. Wuish... ganteng banget gue macem Brad Pitt. Kece banget, parah. Keterlaluan ini sih kalo sampe ada maba yang gue modusin tapi nolak.

Sebelum berangkat gue ga lupa makan dulu, berhubung gue masak mie buat nemenin nasinya grasak grusuk mulu, temen gue yang dari Bandung itu keluar dari kamarnya dengan penampilan acak-acakan dengan belernya yang masih meninggalkan jejak.

"Gandeng maneh mah, ganggu urang sare." cerocosnya yang jelas gue ga gatau ngomong apaan.

Berhubung nama gue udah disebut, gue mau memperkenalkan diri. Gue Kaisar Atmaja. Pria ganteng kelahiran Semarang 14 Januari 1994. Mahasiswa Universitas Gadjah Mada angkatan 2012. Gue anak ke dua dari empat bersaudara. Kakak gue perempuan namanya Airin Savilla, adek gue yang pertama laki-laki sama bokap gue dikasih nama Praja Atmiko Maulana atau biasa dipanggil Miko, si Miko Terajana ini udah gede, ga terlalu jauh lah sama gue, dia kelahiran 1997 dan dia sekarang udah SMA kelas dua. Nah adek gue yang terakhir ini jadi temen belanjanya mba Airin, Yesi Errika. Si gemes Yeri yang baru aja naik kelas sembilan.

Nah kalo temen gue yang tadi itu namanya Bayu. Muhammad Bayu Ardiansyah. Bayu lebih tua dua taun dari gue tapi satu angkatan karena katanya dia gapyear setaun karena dulu ketolak sama Unpad. Ketolak Unpad tapi taun depannya ikutan dan dapet UGM. Mantep lah emang. Bayu ngambil prodi Management. Beda fakultas sama gue. Karena gue sendiri ngambil jurusan Pembangunan Wilayah dan Kota yang masuk ke jajaran prodi Fakultas Geografi tapi masih numpang di gedung Fakultas Teknik.

KITA TUNANGAN • [Revisi]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang