bagian 1

28 12 0
                                    

Ada seorang anak yang tinggal di desa, anak itu bernama Arwan. Arwan hidup di keluarga yang kurang mampu. Ia sedang duduk di bangku kelas 3 disebuah SMA di desanya. Arwan adalah siswa yang cukup pandai di sekolahnya. Dan selalu mendapat rangking 3 besar. Arwan merupakan siswa yang baik, mudah bergaul, dan ramah kepada siapapun. Ia mempunyai cita - cita ingin menjadi Guru. Agar dapat memajukan pendidikan di desanya. Setelah lulus dari bangku SMA Arwan kebingungan memilih antara meneruskan pendidikan ke Perguruan Tinggi atau mau bekerja. Karena orang tuanya tidak memiliki biaya untuk membiayai sekolahnya.

Karena ingin menggapai cita - citanya akhirnya Arwan memutuskan untuk meneruskan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Ia memilih untuk melanjutkan studinya ke Perguruan Tinggi yang ada di Kota. Disaat itu juga Arwan bingung untuk memilih Perguruan Tinggi mana yang ia inginkan. Karena di kota banyak Pergurun Tinggi yang baik dan bagus. Akhirnya ia mengikuti seleksi disalah satu Perguruan Tinggi ternama di kota tersebut, ia bersaing dengan ribuan orang dari berbagai wilayah untuk masuk ke Perguruan Tinggi tersebut, dan ia berharap bisa masuk akan tetapi takdir berkata lain ia tidak dinyatakan lolos, Arwan pun tidak pantang menyerah dan terus bersemangat untuk mencari Perguruan Tinggi. Ia mencoba mengikuti seleksi lagi di Perguruan Tinggi lain yang ada di kota tersebut. Dengan perasaan yang tegang dan bercampur aduk ia menunggu hasil pengumuman, akhirnya saat - saat yang dinantikan telah tiba. Ia melihat hasil tes seleksi di papan pengumuman dan ia dinyatakan lolos sebagai mahasiswa baru di Perguruan Tinggi tersebut. Dan perasaannya saat itu langsung senang bercampur haru, karena ia dinyatakan lolos.

Akan tetapi Arwan ragu untuk mengambil haknya masuk ke Perguruan Tinggi tersebut, karena ia tidak memiliki cukup biaya. Tetapi dengan semangat dan dukungan kedua orang tua, Arwan memantapkan diri untuk masuk ke Perguruan Tinggi tersebut. Dan ia berusaha untuk tidak membebani kedua orang tuanya, Arwan pun berpikir untuk kuliah sambil bekerja supaya bisa memenuhi kebutuhannya. Ia pun bekerja diwaktu senggang bila ia tidak ada jam kuliah. Ia bekerja sebagai guru privat di sekitar tempat tinggalnya. Arwan bekerja keras untuk membiayai hidupnya dan membiayai kuliahnya. Supaya bisa menggapai cita - cita yang selama ini ia inginkan yaitu untuk menjadi guru. Tetapi jalan Arwan untuk menggapai cita - cita memang tidaklah mudah, ia harus melewati banyak cobaan. Tetapi Arwan berusaha semaksimal mungkin untuk menjalankannya. Dengan menjadi guru privat Arwan berusaha memenuhi kebutuhan hidupnya. Dengan cara itu juga Arwan bisa membiayai kuliahnya sendiri, dan tidak meminta kepada orang tuanya.

Sebagai mahasiswa Arwan merupakan mahasiswa yang aktif, dengan mengikuti berbagai kegiatan di kampusnya. Ia juga merupakan mahasiswa yang pandai dengan ipk lebih dari 3.5. Dengan ipk tersebut akhirnya Arwan mendapatkan beasiswa dari Perguruan Tinggi tersebut. Selama menjadi mahasiswa Arwan tetap berusaha keras agar dapat meraih cita - citanya menjadi seorang guru dapat tercapai. Dengan kegigihannya tersebut ia dapat menyelesaikan kuliahnya dalam kurun waktu 4 tahun. Selama 4 tahun sebagai mahasiswa ia berjuang untuk tidak pantang menyerah dalam hal apapun. Dengan doa dan dukungan kedua orang tua yang selama ini tiada hentinya akhirnya membuahkan hasil. Dan perjuangan selama 4 tahun tersebut tidak sia - sia, Arwan akhirnya wisuda. Arwan ikut bangga atas pencapaian yang selama ini ia berikan kepada orang tuanya. Kunci dari keberhasilan Arwan menjadi seorang sarjana yaitu tidak luput dari kerja kerasnya dan sifat pantang menyerah selama ini dalam hal apapun. Dan sekarang Arwan sudah menjadi sarjana, akan tetapi perjuangan Arwan belum selesai sampai disini. Arwan harus mengejar dan mewujudkan cita - cita yang selama ini ia inginkan yaitu ingin menjadi guru di sekolah.

Dengan gelar sebagai sarjana Arwan berusaha mengikuti tes cpns untuk menjadi guru. Akan tetapi perjuangannya untuk menjadi guru tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ia harus berusaha dan bersaing dengan ribuan orang dari berbagai wilayah untuk menjadi guru. Arwan tidak pantang menyerah, setiap ada kesempatan ia terus berusaha dengan mengikuti tes berulang kali. Setelah mengikuti tes berulang kali akhirnya Arwan dinyatakan lulus. Dan ternyata ia di tempatkan di sebuah sekolah tempat Arwan bersekolah semasa SMA dulu.

sekian terima kasih.

You've reached the end of published parts.

⏰ Last updated: Nov 17, 2019 ⏰

Add this story to your Library to get notified about new parts!

Menggapai CitaWhere stories live. Discover now