POV (Sudut Pandang)

263 16 4
                                    

Hari/Tanggal : Sabtu, 16 Nopember 2019
Materi        : POV (Sudut Pandang)
Tutor          : Ari Usman
Moderator : Noya Malika
Notulen      : LC

***-----------**----------***
Sebelum itu, saya jadi deg-degan loh. Selama dua tahun bergabung di WWG, baru pertama kali menjadi tutor dan membawakan materi.

Saya harap kalian bisa paham dengan materi yang saya bawakan malam ini. 😁 Oke, karena siapa tahu ada yang sebagian belum kenal saya, saya perkenalkan diri lagi.

Saya Ari Usman, member WWG Gen 5. Sudah dari tahun 2017 saya bergabung di WWG.

Saya adalah penulis muda yang mau berkepala dua, hehe. Berusaha produktif menulis di Wattpad dan menciptakan karya baru. Tambahan, saya juga kepala jurusan Teenfiction.

Sejauh ini belum ada karya saya yang belum diterbitkan (doain semoga ada). Lagi ada work yang harus saya revisi besar-besaran, hehe. Cek aja wattpad saya di faridusman84 (follow-followan boleh dong). Atau di instagram @faridusman.84.

Oke, jadi sesuai jadwal, saya akan bawakan materi tentang POV (sudut pandang).

Sebelumnya tahu semua'kan apa itu sudut pandang?

@helloima Cara melihat sebuah cerita.
@Shin No Hikari Peran penulis dalam membuat cerita, Kak.
@Nadhea Azzahro Putri Gaya penulis dalam menyampaikan cerita. Bisa sebagai si 'aku', ataupun orang ketiga yang maha tahu.

Yup, betul semua.

Kalau di Extraordinary You (kalau gak tahu, itu adalah drama Korea 😆) yang diperhatikan adalah tokoh utama dan mereka menceritakan sudut pandang masing-masing. Seperti contohnya Oh Nam Ju dan Yeo Joo Da (untuk komik dalam drama) atau Dan Oh, Haru, dan Baek Kyung (untuk dramanya sendiri, mereka adalah tokoh utama dan berhak mendapatkan sudut pandang yang bisa diceritakan.

Nah jadi pengertian dasarnya, sudut pandang (point of view) itu adalah bagaimana cara penulis menceritakan kisahnya kepada pembaca. Tentu penulis harus menentukan sudut pandang yang cocok. Dan memilih tokoh utama yang bisa menceritakan alur secara detail.

POV sendiri terbagi atas 3. Ada POV 1 (orang pertama), POV 2 (orang kedua), dan POV 3 (orang ketiga).

Sebelumnya saya mau tanya dulu. Pasti banyak di antara kalian yang menulis pakai POV 3, 'kan?

Nah, menurut kalian, sudah tepatkah kalian menulis sudut pandang orang ketiga ini?

Tentu di antara kalian ada yang sudah tepat penggunaannya dan ada yang belum. Oke, jadi saya akan jelaskan satu-satu apa itu POV 1, POV 2, dan POV 3.

1. POV 1 (sudut pandang orang pertama)

POV 1 adalah sudut pandang yang menggunakan kata "aku" sebagai narator / tokoh utama. POV ini biasanya hanya memakai satu tokoh utama saja sebagai "aku" dan beberapa yang lainnya sebagai tokoh pendukung "aku".

Yang harus kalian ketahui, tokoh "aku" ini cuma bisa melihat aktivitas karakter lain tanpa tahu lebih jauh lagi. Jadi cakupannya begini, misalnya saya sebagai tokoh "aku" dan Hanna misalnya sebagai tokoh pendukung, saya cuma melihat apa yang Hanna lakukan dan gerak-geriknya.

Jika dia tidak ada di sekitar saya, maka saya tidak tahu apa yang dilakukan Hanna. Bahkan mungkin saya tidak tahu perasaan Hanna bagaimana. Apa dia bahagia atau sedih? Pokoknya saya tidak boleh menceritakan bagaimana perasaan Hanna.

Juga jangan sampai nantinya kalian menceritakan apa yang tokoh "aku" tidak ketahui dan tidak dilihatnya. Ini disebut POV bocor atau bocornya sebuah POV.

Misalnya tokoh "aku" malah menceritakan Hanna yang sedang bahagia karena habis gajian lalu ke mall untuk beli baju. Itu malah bikin pembaca bingung.

Ringkasan Kelas Menulis The WWG Jilid IVTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang