Memiliki rumah yang cantik adalah idaman setiap orang. Tidak harus besar, asal bisa memilih dekorasi yang tepat rumah yang kecil pun bisa tampak indah. Salah satu dekorasi yang akan membuat ruangan di rumahmu semakin cantik adalah tanaman hias indoor. Nah, kalau kamu mau tahu jenis tanaman yang tepat untuk menghiasi rumahmu, baca uraian berikut ini.
Ada beragam jenis tanaman yang tumbuh di muka bumi ini. Namun, hanya beberapa saja yang bisa dijadikan sebagai hiasan di dalam rumah. Jika kamu penasaran jenis tanaman hias indoor apa saja yang recommended, simak artikel ini untuk mendapatkan inspirasi.
Salah satu fungsi tumbuhan di alam bebas adalah sebagai paru-paru dunia. Begitu pula dengan tanaman hias indoor, tumbuhan jenis ini juga bisa kamu gunakan sebagai penyerap polutan di dalam rumah. Apalagi jika ruangan dalam rumahmu tidak memiliki sistem ventilasi yang cukup baik, maka menanam tumbuh-tumbuhan di dalam adalah ide yang sangat bagus.
Namun, ada hal yang harus kamu perhatikan sebelum memilih jenis tanaman hias indoor. Beberapa tumbuhan cenderung mengeluarkan banyak karbon dioksida dan menyerap oksigen pada malam hari. Hal ini tentunya tidak akan baik untuk manusia yang juga membutuhkan oksigen untuk bernapas dan mengeluarkan karbon dioksida sebagai zat sisa respirasi.
Nah, untuk itu, sebelum kamu memutuskan untuk mendekor rumah dengan tumbuhan, ada baiknya simak dulu artikel berikut ini agar kamu tahu macam-macam tanaman hias indoor yang bukan hanya cantik, tapi juga baik untukmu. Selamat membaca!
1. Lidah Buaya
Kamu tahu tanaman lidah buaya, bukan? Tumbuhan yang satu ini memang begitu populer karena memiliki banyak khasiat. Di antaranya sebagai anti inflamasi, antiseptik, membantu proses regenerasi sel, hingga sebagai nutrisi pendukung bagi penderita kanker maupun HIV/AIDS. Oleh karena itu, tak heran jika tanaman ini begitu laris sebagai bahan baku kosmetik maupun farmasi.
Selain khasiatnya yang luar biasa ketika sudah diolah, sebagai tumbuhan hidup pun tanaman yang memiliki nama latin Aloe vera ini juga sangat bermanfaat, lho. Bagaimana tidak? Jika banyak tanaman lain mengeluarkan karbon dioksida di hari, lidah buaya justru tetap mengeluarkan oksigen.
2. Lidah Mertua
Pasti kamu tidak asing dengan jenis tanaman hias indoor yang satu ini. Lidah mertua atau yang juga dikenal dengan Sansevieria memiliki ciri khas daun yang menjulur ke atas dan tajam. Tanaman ini banyak digemari karena selain bentuk dan warnanya yang cantik, Sansevieria juga kaya akan manfaat.
Sebagai tanaman hias indoor, manfaat yang paling dicari adalah kemampuannya untuk tetap mengeluarkan oksigen dan menyerap karbon dioksida di malam hari. Namun, tak hanya itu, menurut penelitian Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), lidah mertua juga mampu menyerap sampai 107 jenis polutan.
Bahkan, dalam riset lain juga disimpulkan bahwa lima helai daun lidah mertua dewasa mampu menyerap polutan yang berada dalam ruangan berukuran 100 meter persegi. Zat-zat yang mampu diserapnya antara lain nikotin, benzena, , karbon monoksida, dan masih banyak lagi. Menakjubkan, bukan?
Buat kamu yang ingin menghias rumah dengan tanaman yang bermanfaat tapi mudah dalam perawatannya, lidah mertua ini bisa dijadikan pilihan. Pasalnya, perawatannya tidaklah sulit bahkan kamu juga tidak perlu sering-sering menyiramnya, hanya jika tanahnya terlihat kering saja siramlah dengan sedikit air. Begitu pula masalah pencahayaan, tanaman hias yang satu ini tidak memerlukan sinar matahari secara langsung. Cukup letakkan di tempat yang terang di dalam rumah, maka lidah mertua akan tumbuh dengan baik.
3. Bunga Gerbera
Nah, kalau kamu seorang penyuka bunga dan ingin menempatkannya di dalam rumahmu, bunga gerbera daisy adalah pilihan yang tepat. Nama ini mungkin terdengar asing bagimu, tapi setelah membaca profilnya berikut kamu pasti langsung jatuh cinta.
Gerbera atau yang juga sering disebut sebagai herbras adalah bunga yang termasuk dalam genus Asteraceae dan merupakan keluarga dari bunga daisy. Jenis tanaman yang memiliki habitat di iklim tropis ini pertama kali ditemukan sekitar tahun 1880-an di wilayah Afrika Selatan. Oleh karenanya, tidaklah mengherankan jika gerbera juga disebut bunga daisy dari Afrika.
Bunga gerbera memiliki warna-warna cantik yang beragam. Selain itu, masa mekarnya juga cukup lama, yaitu sekitar 14 hari. Jadi, saat bunga ini mekar kamu bisa puas memandangi keindahannya.
Kabar baiknya lagi, ...
Baca selengkapnya pada "External link"