Bab 60 Bagian 1
Zhang Song menghafal seluruh isi kitab perang Cao2x.
Bab 60 Bagian 2
Pang Tong mengusulkan Penaklukan Shu.
Yang mengusulkan rencana itu adalah Zhang Song, dia berasal dari Yi Zhou dan memiliki jabatan rendah sebagai Komandan salah satu divisi pasukan Kereta perang. Dia memiliki dahi yang lebar, badannya pendek dan gempal tetapi dia memiliki suara yang dalam dan berat seperti lonceng besar.
"Rencana apakah yang akan kau usulkan untuk menghindari petaka ini ?" Tanya Liu Zhang.
"Usulku adalah kita harus mendapatkan dukungan Cao2x. Seperti yang kita tahu bahwa dia telah menyapu bersih seluruh kekaisaran. Lu BU adalah yg pertama, Kemudian keluarga Yuan, semua dimusnahkan. Akhir2x ini dia menghancurkan Ma Chao. Segera dia akan menjadi seseorang yang tidak dapat dibendung lagi kekuatannya. Oleh sebab itu, tuanku, berikanlah aku hadiah2x untuk kubawa keibu kota dan aku akan membuat Cao2x mengerahkan tentaranya menyerang Han Zhong, hal ini akan membuat Zhang Lu harus menghadapi Cao2x dan dia tidak akan menganggu kita."
Hal ini disetujui Liu Zhang dan dia segera mempersiapkan emas dan mutiara serta barang2x berharga lainnya. Dan ketika semuanya telah siap, dia menunjuk Zhang Song sebagai utusannya. Zhang Song sementara itu sedang membuat peta mengenai daerah barat secara sembunyi2x. Dia segera pergi dengan pengawalan menuju Xu Chang.
Zhuge Liang mendengar Hal ini dan dia segera mengirim mata2x keibu kota untuk melaporkan keadaan kepadanya.
Zhang Song akhirnya tiba di Xu Chang dan segera dia menuju kepenginapannya, setiap hari dia mengunjungi kediaman perdana menteri untuk memohon menemuinya. Tetapi keberhasilan terakhirnya setelah mengalahkan Ma Chao telah memenuhi Cao2x dengan kebanggan luar biasa, dia tidak melakukan apapun kecuali mengadakan perjamuan atas kemenangannya ini. Dia tidak pernah tampil didepan umum kecuali untuk masalah yang sangat penting, dia bahkan mengurus masalah pemerintahan didalam kediamannya sendiri. Akhirnya Zhang Song harus menunggu berhari-hari. Tetapi ketika dia mengetahui siapakah pelayan yg dekat dengan perdana menteri maka dia segera menyogoknya dan akhirnya dia mendapatkan informasih kapan bisa menemui perdana menteri.
Cao2x sedang duduk2x dan kemudian Zhang Song diberitakan ingin menemuinya dan diterima olehnya. Setelah Zhang Song memberi hormat lalu Cao2x berkata, "Tuanmu Liu Zhang tidak mengirim upeti selama beberapa tahun, mengapakah itu ?"
"Hal ini disebabkan karena perjalanan sangat berbahaya, perampok dan pencuri semua ada dimana-mana."
Cao2x berkata dengan nada marah, "Pencuri dan perampok seperti apakah sementara aku telah membersihkan seluruh kekaisaran ini ?"
"Bagaimana kau dapat menyebut kekaisaran ini telah aman sementara Sun Quan diselatan, Zhang Lu dan Liu Bei dibarat, dan semua diantara mereka ini memiliki pasukan yg terkenal. Yang terlemah dari mereka memiliki 100.000 prajurit."
Hal ini membuat Cao2x sedikit marah dan dia lalu berdiri serta meninggalkan ruangan itu.
Lalu pelayan disana berkata pada Zhang Song, "Bagaimana kau dapat bersikap sangat kasar, padahal kau datang dengan sebuah misi ? Sikapmu sangat tidak sopan. Beruntungnya tuanku hari ini sedang bahagia dan mengingat kau datang dari jauh serta membawa hadiah maka dai tidak mengambil hati kesalahanmu. Aku sarankan kau pergi kembali ketempatmu secepat mungkin."
Tetapi Zhang Song tersenyum.
"Kami tidak mempunyai penjilat dan orang yang bisa berbicara manis2x saja di dataran barat sungai."
Pada sat ini ada yang datang menghampiri dan berkata, "Jadi kau mengatakan bahwa kami ini hanyalah penjilat. Dan kau tidak memiliki seorangpun seperti kamu ditempatmu ?"