Menghargai waktu.
Katanya Indonesia rakyatnya rata - rata jarang yang menepati waktu alias suka banget 'ngaret'.
Gua juga salah seorang yang suka ngaret. Gua jujur. Mungkin di awal aja gua siap - siap cepat agar ngga telat. Setelah itu, gua jadi menyepelekan dan nggak tepat waktu datangnya.
Apalagi itu janjian dalam lingkup kecil dan pasti pulang sore. Karena pulang sore, gua udah prediksi bakal lama, jadi ngapain datang cepat - cepat. Itu dipikiran gua.
Kita pasti pergi dari rumah pada waktu yang tertetera di undangan atau pengingat. Misalnya acara dimulai pukul 10.00 WIB, maka kita berangkat dari rumah jam 10.00 WIB. Jadinya acara itu mulai pukul 11.00 WIB karena tamunya belum datang.
Gua pernah melakukan kesalahan dan gua malu. Jadi setiap gua ada tugas liputan, gua selalu berangkat sama temen - temen gua yang gabung dalam grup whatsapp 'Tim Gocar Uyee'. Grup itu awalnya dibuat sewaktu kita ada tugas liputan ke Cibubur.
Sekarang grup itu dipakai buat janjian berangkat dari stasiun Pondok Cina. Singkat cerita, waktu itu gua yang usulin jam ketemuannya. Gua ragu sih gua bisa sampe di stasiun jam segitu, tapi daripada nanti sampe di tempat liputan ngaret gara - gara kemauan gua.
Waktu itu juga gua ngajak temen beda jurusan ikut, nah ternyata dia belum siap padahal tinggal sejam lagi. Dan bodohnya itu gua jadiin alasan buat diri sendiri ngaret. Temen gua udah ada yang sampe. Sedangkan gua baru berangkat di jam yang gua tentuin.
Di halte, gua bertemu sama temen gua yang bakal bareng, mukanya kayak kesel tapi ditutupin jatohnya kayak mandang ngerendahin. Kesel sih. Karena dia juga telat, tapi dia sempet bilang ke grup dia bakal telat.
Yah intinya gua kesel sama ekspresinya waktu itu. Gua emang salah. Pas sampe stasiun, temen - temen gua udah nunggu. Malu banget nggak bisa bertanggung jawab sama omongan :(
Terus, pernah kita mau reuni sama sahabat SMP, nah gua udah bilang gua harus ke kampus dulu sebelum ketemuan, terus ada temen gua yang ada mata kuliah sampe jam 12. Gua bilang, gua bakal bareng sama temen gua yang itu.
Ternyata ada temen gua dia naik sepeda dari rumahnya, bawa laptop udah berangkat dari jam 10.30. Jam segitu gua udah di kampus, ternyata orang yang gua temuin di kampus setelah zuhur.
Temen gua yang naik sepeda kasian. Awalnya dia nunggu di masjid deket restorannya karena restorannya belum buka sampe dia udah pesen makanan dan makanannya habis, kita belum ada yang dateng.
Sebenernya udah dibilangin di awal kita masih ada urusan masing - masing, habis zuhur baru bisa berangkat. Salah satu temen gua baru online dan langsung nyusul temen gua yang naik sepeda itu jam 12. Habis itu mereka pindah ke cafe.
Setengah satu gua baru jalan balik ke rumah, ternyata temen gua yang ada mata kuliah udah nunggu di depan rumah gua, dan kita berangkat bareng.
Temen gua yang naik sepeda sebenernya udah ngambek karena kita lama. Tapi kalau gua pergi duluan dari kampus, titipan dia ngga keambil. Sebelumnya temen gua yang naik sepeda itu nitip barang dan yang jual barangnya temen kuliah gua.
Karena semua itu, mungkin gua dapet balesannya. Alhamdulillah, masih di dunia.
Jadi, gua ada acara Campus Fair di SMA. Sebagai delegasi, kita butuh brosur, power point , dan video profil kampus. Bagian humasnya minta, setelah acara, kepala sekolah dan perwakilan mahasiswa yang ikut isi nama dan tanda tangan di kertas itu.
Karena gua udah ambil brosur dan urus di awal, gua pengen temen SMA gua yang lain urus setelah acara. Ternyata yang kita tunjuk, dia nggak mau isi nama sama tanda tangan di atas kertas itu, tapi mau menghadap kepala sekolah buat dapet tanda tangannya.
Gua ngalah, gua mau isi nama sama tanda tangan karena gua yang di awal ambil. Dia nggak mau ketemuan di kampus karena waktu itu memang udah libur. Lalu dia ngajak ketemuan saat dia ambil marksheet/nilai semester/rapot.
Sayangnya, gua mau pergi juga hari itu jam 11. Dia bilang jam 10 udah ada di kampus. Gua bilang, gua usahain. Nah jam 9 lewat gua tanya apa dia udah di kampus, jam 09.30 dia OTW. Jam 10.30 gua sampai di halte dekat kampus gua.
Sialnya dia lupa bawa itu kertas. Gua kesel, karena kalau tau gitu gua di rumah aja. Temen yang mau pergi sama gua sampe setengah sebelas itu ngga baca pesan gua. Prediksi gua, dia masih tidur.
Temen SMA gua bilang minta kembarannya buat ambil. Pas gua tanya dia udah ambil maksheet apa belum, dia jawab, belum. Gua ngiranya PA nya lagi ngoceh. Dia minta tunggu sampe jam 11. Awalnya gua ngeluh, gua mau pergi. Tapi karena temen gua aja belum ada kabar, gua setuju, tapi benar jam 11.
Dia ragu nggak selesai jam 11, jadinya dia bilang sampe 11.30. Oke. Gua setuju lagi karena, jam 10.52 temen gua baru bangun dan mau siap - siap dulu.
Jam 11.00 gua masuk ke lingkungan kampus menuju ke Gedung Serba Guna (GSG). Hari itu gua lagi datang bulan hari pertama. Perut nggak enak dan punggung pegel.
Gua tunggu sampai jam 12, dia belum datang. Gua chat, dia jawab dia belum ambil marksheet. PA nya baru datang jam 1, dia tanya apa gua bisa nunggu sampet setengah dua.
Oke. Disitu gua udah kesel banget. Gua nangis sambil telepon temen gua yang mau pergi sama gua. Dia udah siap tinggal berangkat.
Akhirnya gua jawab pesannya, "Aku pulang"
Disitu gua kesal tapi gua sadar gua pernah membuat orang disituasi gua sekarang, gua nggak mau marah - marah langsung ke orangnya, gua pengen diam saja, dalam artian ngambek. HEHE.
Jadi, jangan ya sepelekan orang yang menunggu. Kalau emang ngga bisa dan ngga pasti silahkan janjian di waktu yang pasti.
serius nggak enak tau nunggu habis itu PHP :)