Beberapa adab minum yang dicontohkan oleh Rasulullah ﷺ
1. Memulai minum dengan membaca basmallah.
Diantara sunnah Nabi adalah mengucapkan basmallah sebelum minum. Hal ini berdasarkan hadits yang memerintahkan membaca "bismillah" sebelum makan. Bacaan bismillah yang sesuai dengan sunnah adalah cukup dengan bismillah tanpa tambahan ar-Rahman dan ar-Rahim.
2. Minum dengan tangan kanan.
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,"Jika salah seorang dari kalian hendak makan, hendaklah makan dengan tangan kanan. Dan apabila ingin minum, hendaklah minum dengan tangan kanan. Sesungguhnya setan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya." (HR. Muslim)
Ajarkanlah pada si kecil untuk selalu menggunakan tangan kanan ketika makan dan minum. Seringkali si kecil lupa meskipun telah kita ajari, apalagi ketika menyantap makanan ringan (snack) bersama teman mainnya. Nah, saat kita melihatnya, ingatkanlah ia. Janganlah bosan dan merasa jemu untuk mengingatkan anak kita. Insyaa Allah jika kita melakukannya dengan ikhlas mengharap ridha Allah, Allah akan mengganti usaha kita tersebut dengan pahala.
3. Minum dengan posisi duduk.
Terdapat hadits yang melarang minum sambil berdiri. Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu,
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Janganlah kalian minum sambil berdiri. Barang siapa lupa sehingga minum sambil berdiri, maka hendaklah ia berusaha untuk memuntahkannya." (HR. Ahmad no 8135)4. Tidak bernafas dan meniup air minum.
Termasuk adab ketika minum adalah tidak bernafas dan meniup air minum. Ada beberapa hadits mengenai hal ini:
Dari Abu Qatadah, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,
"Jika kalian minum maka janganlah bernafas dalam wadah air minumnya." (HR. Bukhari no. 5630 dan Muslim no. 263).5. Bernafas tiga kali ketika minum.
Dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, beliau mengatakan, "Ketika Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam minum beliau mengambil nafas di luar wadah air minum sebanyak tiga kali." Dan beliau bersabda, "Hal itu lebih segar, lebih enak dan lebih nikmat."
6. Ucapkan "alhamdulillah" setelah minum
Berdasarkan hadits Anas bin Malik, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,
إِنَّ اللَّهَ لَيَرْضَى عَنِ الْعَبْدِ أَنْ يَأْكُلَ الأَكْلَةَ فَيَحْمَدَهُ عَلَيْهَا أَوْ يَشْرَبَ الشَّرْبَةَ فَيَحْمَدَهُ عَلَيْهَا
"Sesungguhnya Allah Ta'ala sangat suka kepada hamba-Nya yang mengucapkan tahmid (alhamdulillah) sesudah makan dan minum" (HR. Muslim no. 2734)
❤❤❤
Semoga bermanfaat😊
KAMU SEDANG MEMBACA
Aku Ingin Menjadi Lebih Baik
Kurgu OlmayanSemoga bermanfaat😊. Hijrah memang mudah... namun, Istiqomah yang susah. Tanamkan prinsip dan menjadi lebih baik. . . . . Rasulullah sallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barang siapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahal...