Paginya gue bangun cepet banget, biasanya juga kebo tapi ngga enaklah masa dirumah orang masih mau kebo. Selesai sholat subuh gue langsung bantu tante Rini sama mama masak. Yakan itung itung belajar masak untuk suami kelak.
"There kerudungnya pake. Kalo Ilham liat gimana ?" Kata tante Rini.
"Iya tante, yaudah aku kekamar dulu ya"
Sebenarnya gue mau bilang kalo kemarin itu perdana gue pake kerudung, jadi Ilham udah liat lah pasti rambut gue, orang sekelas juga.
Tapi males ah basa basi, mending iyain. Biar gue bisa istiqamah juga pake kerudungnya. Ngga buka tutup.
Selesai pake kerudung gue keluar kamar dan papasan sama Ilham yang baru bangun. Muka bantalnya masih keliatan banget, matanya sipit. Dia senyum manis kegue terus lanjut toilet. Gue juga lanjut bantu masak.
Didapur mamanya Ilham perhatian banget, mamanya banyak nanya tentang Ilham kalo disekolah gimana.
"Kalo There sih jarang ya bicara sama Ilham, tapi berdasarkan rumor beredar Ilham orangnya sibuk banget"
"Tuhkan bener, tante udah nyuruh dia buat kurangin kegiatan loh padahal. Tapi masih aja"
"Ilhamnya bandel ya tan?"
"Banget ! Mukanya aja polos"
Beberapa menit kemudian gue langsung ketawa, ngga nyangka aja seorang Ilham yang keliatan barwibawa banget nyatanya juga punya sisi anak anak kaya remaja kebanyakan.
"Eh ini tolong diletakin dimeja makan"
"Oh biar There aja tan" kata gue ngambil alih mangkuk besar yang isinya nasi goreng.
Sampe di meja makan, Ilhamnya udah duduk sambil nopang mukanya pake tangan. Matanya ketutup dan muka bantalnya masih keliatan banget. Jadi gemes.
Sedetik kemudian gue gelengin kepala cepat. Astagfirullah, harusnya kamu malu Ther sama kerudung yang kamu pake.
"Ilham?" panggil gue pelan.
Masih ngga ada jawaban.
"Ilhammmm?" panggil gue sekali lagi
Tetap sama. Ngga ada jawaban.
"Bangun woyy!" teriak There, emang gue gitu. Bar bar.
Sontak Ilham langsung kaget dan masang muka bingung "udah telat ? Apa ? Udah telat ? Telat ? Telat sekolahnya?"
Gue udah ketawa ngakak kenceng banget, sampe gue ngga sadar Ilham dari tadi udah ngeliatin gue pake muka datar.
"Bercanda ?"
"Ngga kok, lagian ngapain coba tidur di meja makan" kata gue ngeles.
"Yaudah gue minta maaf, ketiduran"
"Ngapain minta maaf ?"
"Karena gue tidur dimeja makan"
"Apasih? Ngga jelas, masa cuma karena itu minta maaf"
"Yaudah sih gue juga ngga enak, teriak teriak. Maaf yah" Lanjut gue lagi sambil senyum lebar.
"Ngga usah senyum senyum"
"Loh ? Kenapa ?"
"Makanannya udah siap?" Kata Ilham mencoba mengalihkan pembicaraan.
"Otw siap kayanya. Ini nasinya udah siap" Kata gue sambil nunjuk mangkuk besar yang isinya nasi goreng.
"lo masak ?"
"Ngga sih, tapi ini daun sopnya gue yang potong. Mau rasa ngga?"
"Apanya ?"
"daun sopnya"
"Gapapa, ngga perlu repot repot" Kata Ilham sambil senyum maksa.
Gue tau dia kesel, tapi ditahan. Kalo gini jatohnya jadi gemes banget sama Ilham.
"Nih telornya" kata mama sambil bawa piring besar yang isinya telur.
Gue ambil piring terus naruh nasi dipiring Ilham sambil diliatin dia, jadinya kaya canggung banget. Biar ngga canggung sekalian aja piringnya mama sama tante Rini gue taruk nasi juga.
"Ini There loh yang masak" kata Tante Rini sambil nyenggol lengan Ilham.
Gue kaget dan langsung liatin tante Rini dengan raut muka seolah olah bilang 'aku dari tadi diam aja loh tante'
"Oh yaa? Pantes enak" kata Ilham sambil liatin gue, mukanya ketawa ngeledekin.
Ini anak sama mama sama aja, sama sama suka godain orang.
"Apasih tan? Ini kan tante semua yang bikin sama mama. Aku cuma bantu liatin doang" elak gue ngga terima.
"Iyanih There mana bisa masak" sambung mama disebelah gue.
"Oh ya ? Pantes tadi tante suruh potong daun sop aja masih takut takut pegang pisau"
Gue senyum canggung, sumpah ya ini malu dan kesel bercampur menjadi dua. Iyalah gue ngga bisa masak, lagian mama sih ngga bolehin gue masak. Alasannya karena ada si mbok. Gatau deh itu alasan utamanya atau emang mama takut bahan makanannya abis cuma karena masakan gagal gue.
"Itu temennya Ilham ada yang pinter masak. Enak banget masakannya"
"Siapa mi? Tanya Ilham bingung.
"Ituloh temen kamu yang sering antar makanan kerumah sambil ngantar tugas rohis kamu itu. Udah rajin, soleh, cantik, pinter masak lagi"
"Risma ?" kata Ilham memastikan.
Oh Risma? Iya gue kalah sama dia. Kayanya jodohnya Risma beruntung banget, beda sama gue yang manja dan ngga bisa apa apa.
"Ha ituu, kok Risma udah jarang dateng ?" Kata tante Rini.
"Ya ngapain juga Risma dateng, diakan kalo dateng cuma mau ngantar tugas. Ngga pernah yang basa basi pengen silaturrahmi"
"Ntar abis SMA ini coba gih ajak ta'ruf" kata tante Rini.
Gue udah ngga mood. Pagi pagi gini ngga mood. Padahal nasinya masih banyak.
"Seperfect itu ya si Risma itu ? Sampe kamu mau Ilham buru buru ngajak ta'aruf" kata mama pengen tau.
"Iyaa, suaranya juga bagus banget waktu baca Alquran. Saya aja masih ngga nyangka ternyata masih ada wanita yang hampir sempurna kaya Risma"
Gue coba liatin mama yang kayanya kepo banget tentang Risma. Selanjutnya gue liatin Ilham yang mukanya udah dongkol banget.
"Udah lah mi, kalo jodoh ngga akan kemana. Lagian aku mau fokus sekolah dulu, terus kuliah, kerja, baru nikah"
"Yakan bisa gitu kuliah sambil nikah"
"Ngga mau" kata Ilham singkat banget.
"Kamu nolak perempuan seperfect Risma?" tanya tante Rini yang berhasil bikin gue degdegan sama jawaban Ilham selanjutnya.
Beberapa detik selanjutnya Ilham cuma senyum, "umi kok bisa seyakin itu kalo Risma jodoh Ilham ?" sambil natap balik tante Rini, dan jelas senyum Ilham belum memudar.
"Ya umi yakin aja kalo Risma juga suka sama kamu" Kata tante Rini bersikeras.
"Kalo Ilham bilang Risma udah ditaarufin orang lain, umi bakal percaya ?"
Tebeseh
HAPPY BIRTHDAY HUANG RENJUN💚💚💚
KAMU SEDANG MEMBACA
Hijrah, Love and Destiny •Huang Renjun
Genç KurguArleta Theresa Putri, wanita cantik, pintar dan kaya raya harus memulai hidupnya tanpa kasih sayang kedua orang tua. Tapi apa yang terjadi ketika There jatuh cinta kepada lelaki dingin bahkan sangat dingin bernama Ilham Aditya Alatas yang bersifat r...