*Jano pov
Kemarin gue gak nyusulin Refa.
Gue cuma ngirim pesan singkat supaya cepet istirahat.
Sengaja, gue tau dia pasti kesel. Tapi disini gue mau coba jelasin juga ke kalian kenapa gue bilang sama dia kayak gitu.
Mereka itu udah pacaran dari kuliah, itungannya awet sampai di Dandy sibuk sama kerjaan dia. Gue gak mau terlalu nyalahin Dandy juga, walaupun menurut gue dia terlalu santai dan cenderung ngegampangin ngambeknya Refa.
Kalian pernah gak sih ngerasain sibuk dan berujung males buka hp?
Kalau pernah, kalian berarti ngerasain apa yang Dandy rasain. Asas Praduga tak bersalah gue mengatakan bahwa Dandy ini terlalu capek dan males buka hp buat sekedar ngechat ceweknya. Apalagi mereka pacaran udah lama, pasti Dandy mikirnya oke-oke aja karena mereka udah barengan dalam waktu yang lama.
Masalahnya Refa ini anaknya suka diperhatiin, dan gak suka di cuekin. Lama-lama sakit juga dia ngemis-ngemis kabar sama Dandy. Jadi kalau bisa simpulin. Mereka masih ada peluang buat barengan lagi.
Apalagi tolong distabilo-in, mereka udah lama pacaran. Putus nyambung juga feeling gue, udah sering.
Oke, balik ke gue sama Refa.
Kalau ditanya gue suka enggak, straight to the point gue suka sama dia. Tapi disini gue emang gak mau maksa. Makanya waktu Refa ngomong suka sama gue, harga diri gue jadi sakit karena orang yang gue suka malah confess duluan.
Gue itu bukan tipe orang yang suka dikejar. Gue juga gak suka lihat cewek yang ngejar cowok, karena bikin rawan sakit hati. Cewek kalau udah sakit hati bahaya, yang keluar dari mulutnya pasti yang jelek-jelek.
Let's stay focus, Gue maunya Refa itu yakin dulu sebenernya. Karena dia baru putus. Tapi dia malah kecepetan ngomong kalau suka sama gue. Makanya gue sekarang memilih biarin dia buat mikir dulu dari pada gue berusaha bikin dia bertahan sama gue.
Bisa aja dulu waktu Refa bilang suka, kemudian gue diem enggak menjawab. Tapi gue enggak lakuin, karena pada saat itu gue suka sama dia. Dan pada saat itu gue gak mau bikin perempuan yang gue suka malah kecewa, padahal dia bela-belain nahan malu buat bilang suka sama gue. Butuh keberanian yang besar buat seorang cewek confess duluan.
Waktu Refa ngomong suka sama gue, didalam hati gue nahan kaget. Gue beneran enggak ngira kalau dia bisa seberani itu. Dia mengambil langkah terlalu cepat dan enggak ragu-ragu. Sebenarnya gue suka Refa yang ekspresif, tapi terkadang sifat dia yang satu itu kadang bikin gue kaget dan was-was.
Refa puny sifat yang nggak sabaran. Dia selalu nunjukin perasaannya baik itu lagi sedih, seneng, kecewa, atau marah. Saat dia confess ke gue, gue tahu dia jujur. Karena dia selalu tahu gimana caranya mengekspresikan perasaannya. Nahan sesuatu itu sama sekali bukan sifat Refa.
Yang perlu diperhatikan adalah...
Gue bukan paranormal yang bisa tau isi hati orang, gue gak tau juga apa Refa itu beneran cinta sama gue, ataukah cuma perasaan suka yang numpang lewat.
Tapi satu yang gue tau adalah dia anaknya jujur sama diri dia sendiri. Maka dari itu, niat gue sebenarnya adalah kasih Refa dan Dandy ruang. Gue mau pastiin kalau perasaan Refa bukan sekedar perasan suka yang cuma sesaat. Dan kalau Refa mau kembali ke Dandy, gue juga enggak boleh nahan dia.
Gue mencoba memposisikan diri di posisi Dandy. Meskipun yang dia lakuin salah, tapi gue juga bakalan pertahanin Refa semisal masih ada perasaan cinta disana.
Gue memang memilih enggak menahan. Gue lebih bersiap buat melepas. Karena kalau gue ada di posisi Dandy, gue gak bakal lepasin seseorang yang udah ada di deket gue selama beberapa tahun.
* * *
Tadi pagi gue jemput dia, tapi masih diem aja. Gue ajakin sarapan bubur ayam juga masih diem.
Mau gue bercandain sebenernya, tapi gak jadi soalnya kali ini kayaknya masalahnya serius.
Terus lanjut sore ini, waktu gue mau ngajakin pulang. Dia malah terlanjur nebeng David. David juga kenapa gak paham sih kalau sedari pagi, gue sama Refa yang biasanya bahas tugas atau PR dia, hari ini mendadak diem?
"Jan?" panggil Jeni.
"Oi?" Gue masih ngeliat motor David yang keluar dari kantor sambil boncengin Refa.
"Lo sama Refa marahan?"
"Dianya sih yang marah."
Perempuan bertubuh tinggi itu menarik nafas berat. "Males banget gue ikut campur," gumamnya pelan.
"Gue kasih tau, tapi jangan bilang dia ya?" Jeni memastikan terlebih dahulu.
"Apa? Tadi dia curhat sama lo?" tebak gue.
Jeni ngangguk.
"Sebenernya dia sering lho nanyain tentang lo ke gue. Mungkin karena kita pernah mantanan ya? Terus siang tadi tiba-tiba dia cerita soal kalian."
Gue menggangguk sambil melipat tangan di dada dan mendengarkannya dengan serius.
"Gue kaget juga sebenernya waktu denger lo jadian sama dia. Apalagi Sharefa itu anaknya rada manja ya? Hahahah, sama sekali bukan tipe lo."
"Dan gue juga bukan tipe dia." Sambung gue.
Yes, I know. Dia tuh sebenernya suka cowok yang romatis. Definitely not me.
"Tapi kalian itu lagi sama-sama berusaha," kata Jeni memulai penjelasannya.
"Dia itu, suka kesel sebenernya kenapa masih lo-gue? Kenapa gak dipanggil sayang? Dan kenapa yang lainnya. Tapi dia gak pernah tanya ke elo kan? Dia itu lagi berusaha nyesuain diri Jan."
Mata gue sedikit terbuka.
"Mungkin bener, kalau Refa sama mantannya itu pacaran lama. Tapi kalau lo sama dia udah sama-sama yakin kenapa enggak? Kenapa lo malah nyuruh dia yakinin diri dia sendirian?"
"Karena gue gak mau dia salah pilih, kita itu punya age gap."
"Sebenernya yang perlu yakinin diri itu bukan dia. Tapi lo sendiri Jano."
"Gimana dia bisa nembak lo duluan? Gimana dia bisa berusaha buat nyesuain diri sama lo? Dia lagi berusaha biar lo nyaman sama dia. Come on, lo malah kayak orang bego ngebiarin dia gitu aja."
"Gue diem karena mau kasih dia waktu buat Refa mikirin ini lebih jauh. Di tempat lain ada seseorang yang nunggun dia."
"Mereka udah putus Jano."
"Tapi mereka sering putus nyambung Jen."
Jeni mulai kelihatan frustrasi. "Nih ya! Semisal dia beneran mau balik sama si dokter itu, dia gak mungkin cerita sama gue sambil nangis-nangis Bapak Jano Marais Harabab. Jano! Lo kapan sadar?"
"Lo tau gak? Dulu yang bikin gue kesel sama lo, waktu kita pacaran adalah sikap lo yang terlalu santai menghadapin permasalahan di hubungan kita. Bener kita berakhir karena memang gak cocok, tapi alasan lainnya adalah lo terlalu kalem dan santai." Perempuan itu terlihat kesal.
"Jangan lo ulang kesalahan yang sama Jano! Lo bego kalau mau tetep diem aja. Inget dia berusaha berubah buat lo! Dia mau sama lo Yang Terhormat Bapak Jano Marais Harabab! Kalau kayak gini sama aja Refa cuma berjuang sendiri, sementara lo tinggal terima hasil akhir!"
"Aduh sumpah mulut gue gak tahan buat ngatain lo. Lo main logika okelah, tapi perasaan lo Jano... Singkirin dulu logika lo yang bilang kalau dokter itu udah lama dan kemungkinan balikan lebih besar. Argh! Gue gemes sendiri sama kalian berdua!"
Mobil suami Jeni, memasuki halaman kantor.
"Dah lah! Selanjutnya lo pikir tuh! Jangan cuma pakai logika, tapi kali ini butuh perasaan!"
"Oh iya jangan lupa. Dia udah sakit hati dua kali gara-gara lo, sama Dandy dalam waktu beberapa bulan aja. Make a move dari sekarang atau lo bakalan nyesel." Tutupnya sambil ngebuka pintu mobil
Gue mencoba untuk tenang meskipun merasa tersentil. Sedetik kemudian gue mengumpat kesal.
"Makan tuh logika!"
KAMU SEDANG MEMBACA
Senior [1] : Finding Mr. Right
FanfictionCinta aja ternyata enggak cukup dalam sebuah hubungan. Secermerlang apapun karier juga ternyata enggak cukup kalau itu hanya untuk ajang pembuktian. Semuanya rumit bagi Sharefa Yushrin. Inginnya, sang kekasih selalu perhatian dan ada untuk dirinya...