Pertarungan Melawan Jarasandha

311 12 0
                                    

Syahdan di Kerajaan Magadha saat itu memerintah Brihadratha yang termashyur. Raja itu mempunyai tiga pasukan perang yang terkenal gagah berani. Raja Brihadratha menikah dengan putri kembar Raja Kasi dan bersumpah akan selalu bersikap adil kepada kedua istrinya. Sayang, walaupun sudah lama menikah, mereka belum dikaruniai anak. Ketika merasa sudah tua, ia menyerahkan tampuk pemerintahan kepada para menterinya lalu pergi ke hutan bersama kedua istrinya untuk bertapa .

Sebelum mulai bertapa, ia pergi ke pertapaan Resi Kausika, keturunan Gautama, untuk mengadukan kesedihannya karena tidak dikaruniai anak.

"Wahai, sedhaku sing mulya, aku durung duwe anak. Aku wis menehi kraton kanggo wong liya kanggo medhia. Tulung aku, pasrahake anak-anakku. "

Resi Kausika merasa iba dan menjawab, "Coba iki lan wenehake kanggo bojone. Karepmu bakal diwenehake. "

Sambil berkata demikian, ia menyerahkan sebutir mangga yang kebetulan jatuh di pangkuannya .

Brihadratha membelah mangga pemberian resi itu menjadi dua lalu memberikannya kepada kedua istrinya dengan adil. Beberapa waktu kemudian kedua istrinya mengandung dan pada waktunya keduanya melahirkan. Tetapi alangkah sedihnya Brihadratha karena mereka melahirkan bayi ajaib yang menyeramkan karena berkaki, bermata, dan bertelinga satu, sementara badan, muka dan
Kepalanya hanya setengah. Dengan perasaan sedih bercampur ngeri, Brihadratha menyuruh kedua istrinya membungkus bayi-bayi itu dengan kain dan membuangnya jauh-jauh. Kedua bayi dibuang ke gundukan sampah di pinggir kota .

Menjelang senja, pada saat sandyakala, ada raksasa perempuan lewat di situ. Ia mencium bau daging manusia dalam onggokan sampah. Diaduk-aduknya gundukan itu dan ia menemukan bungkusan kain berisi dua potong badan bayi. Dia mengamati dan menyambung-nyambung potongan-potongan badan itu hingga menjadi satu tubuh bayi manusia yang utuh. Raksasa perempuan itu senang sekali melihat tubuh itu mulai berdenyut dan bergerak. Ia tidak berniat membunuh makhluk mungil itu .

Ia menyamar sebagai seorang perempuan tua lalu pergi menghadap Brihadratha untuk mempersembahkan bayi itu. "Bocah iki anak lanangku. Jupukna lan ngopeni, " katanya .

Brihadratha dan kedua istrinya menerima bayi itu dengan senang hati. Bayi yang diberi nama Jarasandha itu dirawat dan diasuh dengan penuh kasih sayang hingga tumbuh besar dan menjadi pemuda perkasa lagi sakti mandraguna .

Sementara itu Pandawa memerintah di Indraprastha dengan segala kebesaran dan penuh kebahagiaan. Para penasihat kerajaan menyarankan agar Yudhistira melaksanakan upacara rajasuya lalu menggunakan gelar Maharajadiraja Sesembahan Agung. Mendengar saran-saran itu, Yudhistira ingin bertemu dengan Krishna untuk meminta nasihat. Krishna, yang mendengar bahwa Yudhistira ingin menemuinya, segera menyiapkan keretanya dan berangkat ke Indraprastha .

Yudhistira berkata, " Dulur-dulurku lan penasihatku nyaranake supaya nindakake rajasuya, nanging sing ngerti, mung raja sing dihormati lan ditresnani dening bangsane bisa nindakake upacara lan entuk gelar Maharajadiraja. Aku njaluk saran sampeyan. Sampeyan raja sing adil lan wicaksana. Sampeyan mesthi ora menehi saran supaya mung seneng atine. Aku percaya sampeyan, aku bakal nampa saran amarga sampeyan yakin yen pancen bener lan migunani. "

Krishna menjawab, "Ya bener. Dadi, sampeyan ora bisa dadi Maharajadiraja selawase Jarasandha, pangeran gagah Magadha, isih urip lan durung dirungkuk. Jarasandha wis ngalahake akeh raja lan ngjajah. Kabeh ksatria, kalebu Raja Sisupala sing dihormati, wedi marang kekuwatane lan nyerah."

"Apa sampeyan durung krungu Kangsa, putrane Prabu Ugrasena? Sawise dheweke dadi menantu lan sekutu saka Jarasandha, rakyat lan aku nyerang dheweke. Sawise perang telung taun, aku kepeksa ngaku kekalahane. Aku ninggal Madhura, pindah menyang Dwaraka. Ing kana aku mbangun modal anyar lan saiki kita manggon kanthi tentrem lan sejahtera. Duryodhana, Karna, lan raja liyane bisa uga ora ngeling-eling upacara kasebut, nanging Jarasandha mesthi bakal nentang sampeyan. Siji-sijine cara yaiku ngalahake dheweke, lan ing wektu sing padha mbebasake raja-raja sing ditawane utawa negara-negara sing wis dijupuk. Tegese, kita kudu ngajak supaya padha nyawiji lan sekutu karo kita. "

Alkisah Tanah JawaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang