Paska resital, Airlangga hanya berdiam diri di rumah dan sesekali ke kampus untuk mengurus persyaratan wisuda. Hari ini dia sedang berada pada mode paling malas, dia belum beranjak dari tempat tidurnya sejak bangun tidur tadi pagi. Yang ia lakukan hanya bermain ponsel, mendengarkan musik, sesekali bernyanyi dan tidur sebentar-sebentar, tapi tiba-tiba dia beranjak dan duduk manis di hadapan meja belajarnya. Tentu saja dia membuka jurnal yang sudah sebulanan tidak ia jamah karena kesibukannya yang menyita waktu. Maka, kali ini ia memutuskan untuk mengisi halaman-halaman kosong pada jurnalnya.
***
3April 2020
Aku sudah selesai Resital. Sudah ngurus persyaratan wisuda dan tinggal leyeh-leyeh seperti sultan di rumah. Nanti Mama mau dateng waktu aku wisuda. Hehe.
Aku akhir-akhir ini suka dengerin lagu, terus suka keinget hal-hal yang terjadi di masa lalu. Tapi, kebanyakan orang suka gitu ndak sih? Misal dengar satu lagu terus tiba-tiba keinget sesuatu. Kayak mas Ghaza yang katanya selalu keinget aku setiap kali dia dengerin white flag-nya Dido, karena aku suka banget lagunya dan sering aku dengerin dari aku kecil. Atau Ical yang keinget tape besar eyang jaman dulu setiap kali dia denger solo balapan-nya Lord Didi Kempot. Things were fun back then!
Kalau aku akhir-akhir ini suka denger lagu yang judulnya remember. Silahkan tebak remember-nya siapa HAHAHAHHA. Yang jelas, lagu ini ngingetin aku akan segala sesuatu yang membahagiakan di masa lalu. Aku keinget Mama waktu pertama kali kami pindah ke Jerman, inget temen pertamaku di Jerman, perempuan, tapi aku sudah ndak tau lagi kabar dia karena dia pindah dan aku juga pindah. Semoga dia baik-baik saja sekarang.
Aku keinget apa lagi ya..... aku keinget sepupuku Kevin-Kavin, aku keinget temen-temen SD yang dulu di Surabaya. Banyak sekali yang bisa aku inget-inget dari satu lagu. Aku harap semua orang yang muncul dalam ingatanku sekarang sedang berbahagia dalam lindungan Tuhan. Aamiin.Karena aku sering bengong akhir-akhir ini, aku jadi banyak mikir.
Kalo mau bikin es batu nih ya kalo airnya kita teriakin pake kata-kata kasar gitu dia bakalan jadi keruh atau bening ya esnya?
Bunga matahari kalo mau muter ngikutin matahari tuh gimana ya kalo malem? Langsung balik badan atau sedikit-sedikit puternya?Ha...... pusing.
Aku cape mikir.***
"Kamu ngapain air?" Tanya Ical yang mendapati Airlangga sedang melamun di balkon.
"Memantau keadaan negara" jawab Airlangga tanpa menoleh ke kakaknya "mas Ical kalo pemilu di bilik pilihnya ada cctv gak?"
"Enggak lah" jawab Ical sembari memposisikan dirinya duduk di samping Airlangga karena tau adiknya akan bertanya beberapa hal tidak masuk akal.
"Sayang banget ya...." Airlangga termenung sebentar "sedih ya"
"Apa?"
"Aku.. masa setelah 19 tahun hidup aku baru tau kalo anjay itu anjing alay"
"Aku juga baru tau"
"Yaampun.....kasian banget kita berdua" Ical memandangi Airlangga dan tersenyum "mas ical"
"Hmmmm"
"Fotoin aku" ucap Airlangga sambil memberikan sebuah kamera pada Ical, dan berpose dengan sumringah.
Bonus:Ical-Ghaza