"Oh kamu udah ketemu sama Aya," ujar Ayu disela kunyahan pisang coklat hasil buatan Ryujin. Enak.
Padahal Sungjin udah adem panas nunggu penjelasan dari Ayu, nekat nerobos rumah pak Rt modal nyuruh-nyuruh ponakannya buat bikinin makanan seadanya. Ya masa tangan kosong, mana akhir bulan dompet kering kerontang.
"Dimana? mirip nggak sama aku? hehe," Ayu ketawa meledek. Tau banget Sungjin kaku kayak kanebo kering pasti ada sesuatu.
"Kemaren wakt-"
"Eh loh Bob tumben kesini malam-malam, ada apa?" pak Rt tiba-tiba ikutan nimbrung. Padahal tadi kagak keliatan batang hidungnya.
Ayu nyerobot duluan sebelum Sungjin ngejawab, "ini loh pak nganterin makanan lagi, uenak banget. Pinter Ryujin bikinnya,"
"Weladalah makasih yo Bob," jawab pak Rt seraya nyicipin, abisnya penasaran.
"Duh enak banget ini. Ryujin ini pasti anaknya rajin ya, telaten bikin ginian. Cocok ndak ya tak jodohin sama Lino. Seumuran ya Yu adekmu itu?" komentar pak Rt udah sampai kemana-mana, tapi Sungjin masih sibuk sama pikirannya.
Bingung mau nyela juga nggak sopan banget.
"Iya seumuran pak, yaudah ini biar bapak makan aja sama ibuk. Soalnya Ayu mau ngomong dulu sama Bob," pinta Ayu langsung diangguki pak Rt yang melipir pergi.
Ayu sebenernya pengen ketawa waktu liat Sungjin langsung hembusin napas lega, udah putus asa banget. Tapi ini waktunya serius kan.
"Kamu tau kan kalo aku punya kembaran?"
Sungjin menggeleng nggak ngerti. Ayu menarik napas pelan, "kayaknya kamu udah dengar cerita dari teh Rosa deh kalo aku ini anak adopsi,"
"Iya sih kalo itu udah tau, terus kenapa kembaran kamu nggak tinggal sini?" tanya Sungjin.
"Ya karena beda hehe," Ayu ketawa garing banget. Sungjin udah nggak bisa narik senyum soalnya ini kepalang serius menyangkut harga dirinya yang berceceran di cafe sore tadi.
"Aku sama Aya tuh kembar. Tepatnya dia adik 3 menitku, hidup susah senang dari kecil di panti. Karena bapak nggak mau nanggung biaya ngebesarin aku sama Aya semenjak ibuk pulang ke sisi Tuhan," jeda Ayu berusaha menguatkan air matanya agar tak tumpah.
"Katanya ngerepotin, bikin bisnis bapak bangkrut kalo tau dia duda anak dua. Ibuk hidup sebatangkara nggak punya kerabat. Keluarga bapak pun juga menolak kehadiran aku sama Aya. Untung ibu panti ikhlas nerima kita walaupun nggak ada sepeserpun uang masuk untuk meringankan beban spp sekolah." Ayu menunduk enggan air matanya meleleh lewat pipinya. Sungjin ngeliat itu langsung sigap nyodorin tisu yang syukurnya masih nangkring di saku kemejanya, akhirnya berguna juga.
"Terus Aya sekarang-" tanya Sungjin belum sampai akhir kalimat udah disela Ayu.
"Dia ikut keluarga lainnya. Waktu itu aku yang diadopsi duluan, awalnya aku minta buat bapak adopsi aku sama Aya. Tapi bapak ternyata punya alasan kuat, beliau belum mampu secara finansial biayain hidup aku dan Aya. Secara waktu itu bapak hanya buruh tani belum magang Rt kayak sekarang."
Sungjin mencermati dalam-dalam setiap perkataan yang keluar dari mulut Ayu.
"Akupun diadopsi gara-gara ibuk sama bapak belum dikaruniai anak di umur yang semakin menua. Dan ternyata hanya jangka beberapa bulan, Lino lahir. Kata orang ini namanya pancingan"
"Syukurnya Aya nggak bertahan terlalu lama di panti, karena setelah aku pergi Aya langsung dapat keluarga baik yang finansialnya jauh lebih baik di atas aku."
Suara jangkrik yang menyelimuti hening malam menambah suasana yang semakin membuat mata Ayu memanas. Sungjin masih sempet-sempetnya mikir kalau ketahuan suami Ayu bisa dikepret nih, bikin nangis bininya.
"Jadi maafin Aya ya Bob kalau ada kata nyelekit, dia bocahnya emang gitu. Gampang ceplas ceplos. Tapi baik kok," Ayu nyengir canggung dengan mata yang masih berair.
"Aku yang harusnya minta maaf Yu, udah nyangkut pautin Aya." Sungjin mengacak rambutnya frustasi. Gimana ini mau jelasin ke Jieun coba. GIMANA.
Ayu menatap tepat pada manik hitam Sungjin menelaah sesuatu disana, "aku nggak tau masalahmu sama Aya gimana, itu cukup kalian berdua yang nyelesain. soalnya yang kutau sih Aya nggak pernah bikin ulah kalau nggak ada penyebabnya,"
Sungjin tiba-tiba ngerasa kayak ditimpuk beban berat di pundaknya. Nyesel.
KAMU SEDANG MEMBACA
om sungjin | fanfiction
Fanfiction"Terus kamu maunya gimana, hmm?" ©aayaflu, 2019