Bismillah...
Hai sahabat quran semuanya..
Apa kabarnya hari ini nih ?
Mudah-mudahan selalu dalam lindungan allah SWT. Ya...amin ya rabb.
Masya allah masih semangat ya dalam menghafal dan memuraja'ah nya😊.Baiklah,untuk part ke 3 ini saya akan berbagi tips cara menjaga hafalan agar kuat dan mantap.
Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya selain menghafal alquran hal yang tidak kalah penting nya adalah MENJAGANYA agar hafalan tersebut tidak hilang begitu saja.
Untuk itu kita juga harus perlu mengetahui bagaimana caranya supaya hafalan itu terus bertahan.
Berusalah dan terus berusaha...
Jangan menyerah begitu saja walaupun sekian banyaknya rintangan menghalang..
Betapa banyak cobaan dan ujian yang terasa berat bagi penghafal al qur'an.Oleh karena itu rasul juga pernah menyebutkan dalam salah satu hadistnya bahwa menjaga al-quran sangatlah penting dan apabila tidak dijaga niscaya dia akan mudah hilang begitu saja.
"Jagalah alqur'an demi yang jiwaku berada ditangannya,alquran itu lebih cepat lepas dari pada seekor unta yang diikat lepas dari ikatannya" (HR Bukhari).
Nah,ini beberapa tips-tips untuk menjaga hafalan :
"TIPS MENJAGA HAFALAN"
1.)luangkan waktu.
>>Dalam kehidupan sehari-hari kita juga tidak selalu punya waktu untuk membaca alqur'an,mungkin kita terlalu sibuk dengan rutinitas kita sehari-harinya.maka dari itu luangkanlah waktu untuk membaca dan mengulang kembali hafalan yang telah kita hafalkan.2.)membacanya dalam shalat.
>>Untuk memperkokoh hafalan kita,kita bisa mengulang nya dalam waktu shalat,baik shalat wajib maupun fardhu.perbanyaklah mengulang hafalan dalam shalat akan membantu kita memperkuat dan menjaga hafalan tersebut.3.)perbanyaklah membaca alquran.
>>memperbanyak membaca alquran juga merupakan cara paling ampuh agar hafalan kita tetap terjaga.jadwalkanlah berapa minimal dan maksimalnya kita membaca alquran sehari-hari.4.)mendengar hafalan alquran melalui CD.
>>menghafal alquran melalui CD juga mempermudah kita dalam memuraja'ahnya serta memperlancarkan hafalan tersebut.5.)memotivasi diri.
>>terkadang ayat yang kita hafal bisa luntur karena semangat dan motivasi kita dalam menghafal sudah turun dan mulai berkurang,maka dari itu mulailah kembali memotivasi diri dengan membaca sejarah para hafidz quran maupun kisah-kisah hafidz dunia lainnya supaya kita dapat mengambil pelajaran berharga yang bisa membangkitkan semangat kita dalam menghafal dan memurajah kembali.6.)menjauhi sifat maksiat dan tercela.
>>perbuatan maksiat dan tercela dapat mempengaruhi kita dalam menghafal alqur'an karena dengan melakukan perbuatan maksiat kita akan sulit menerima cahaya alquran apalagi menghafal dan menjaga hafalannya.Sebagaimana firman allah dalam surah
Q.S.muhammad :24.
Yang artinya :
"maka apakah mereka tidak memperhatikan alquran atau apakah hari mereka terkunci?" (Q.S Muhammad : 24)Nah,sekian dulu ya tips-tips untuk menjaga hafalannya.
Semoga bermanfaat.
keep hamasah selalu ya sahabat qur'an😊..
Semoga dipermudahkan selalu jalan nya oleh allah SWT.
Teruslah berdoa kepada allah SWT. Dan tetap berjuang demi menjadi penghafal alqur'an yang benar-benar fasih bacaannya dan lancar hafalannya,serta niatkan untuk membahagiakan orangtua dengan memasangkan mahkota kemuliaan di surga kelak.
Amin yaa rabb.Tunggu di part berikutnya ya sahabat qur'an..
KAMU SEDANG MEMBACA
HAFIDZ QUR'AN
Kısa Hikayehafidz qur'an atau penghafal al-qur'an adalah mereka yang senantiasa membaca al-qur'an,menghafalkannya,mengimaninya,dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari,serta mengajarkan nya.menghafal al-qur'an adalah bagian dari ibadah,kita harus meluru...