Prosais

85 7 0
                                    

MATERI KEPENULISAN (PUISI PROSAIS)

Baik langsung aja materinya ya,

Puisi Prosais.
          Tidak selalu puisi tersusun dengan format larik dan baris. Ada juga puisi yang berupa prosa/paragraf. Jika biasanya kalian mengenal puisi dengan struktur atau format yang terdiri dari larik dan bait, maka saatnya kalian mengenal puisi yang bentuknya prosa/paragraf. Perlu kalian ketahui bahwa tidak semua puisi harus berbentuk larik dan bait.

📌PUISI PROSAIS

🍁Puisi prosais atau puisi prosa liris adalah puisi yang ditulis dalam bentuk prosa atau cerita dengan menggunakan pemilihan kata atau diksi yang penuh majas, sebagai penguat isi dari sebuah kisah atau pemaparan dari apa yang diutarakan dalam sebuah puisi. Namun, tetap menjaga kualitas puitis seperti citra tinggi, keindahan bahasa, pemaknaan kuat dari isi puisi, dan efek emosional.

🍁Puisi prosais merupakan puisi yang ditulis tidak dalam format larik atau baris, melainkan ditulis dengan format paragraf seperti sebuah karya prosa. Gaya penulisan puisi prosais sendiri sudah lazim dipakai sejak lama oleh para penyair, baik itu penyair muda ataupun penyair yang sudah senior.

🍁Puisi prosais terutama digunakan oleh seseorang untuk mengekspresikan pengalaman dan suasana batin yang sublim serta kaya dengan nilai-nilai rasa. Tentunya tak lepas dari penyisipan bermacam majas sebagai dinamisme pengandaian suatu keadaan, yang memberikan efek keindahan dalam sebuah puisi.

Misalnya :  Duka yang dalam, gairah cinta yang melimpah, semangat heroisme yang berkobar-kobar, emosi keagamaan, pengalaman religius, dan sebagainya.

🍁Sekilas, puisi prosais sulit untuk dibedakan dengan prosa, mengingat bentuknya yang begitu mirip. Namun, sebetulnya keduanya bisa dibedakan secara sederhana, dimana perbedaan antara kedua karya sastra itu bisa di lihat dari dua aspek, yaitu penokohan dan juga alur/plot cerita.

🍁Pada puisi prosais, kehadiran tokoh dan juga alur sama sekali tidak ada di dalam karya sastra ini. Sementara itu, karya prosa seperti cerpen dan juga novel justru mempunyai kedua aspek tersebut dan malah menjadikan keduanya sebagai aspek utama dalam pembentukan suatu karangan.

🐼 CIRI-CIRI PUISI PROSAIS 🐼

🍁Mengisahkan sebuah cerita dengan padat, padu, dan indah melalui pilihan kata, larik, rima dan ritme.
🍁Berbentuk paragraf
🍁Argumen untuk puisi prosais bergenre puisi, yaitu menekankan perhatian yang tinggi terhadap bahasa dan penggunaan yang menonjol dari majas metafora.
🍁Puisi prosais dapat diidentifikasi terutama sebagai prosa untuk ketergantungan pada asosiasi dengan prosa naratif dan harapan presentasi  tujuan dari kebenaran.
🍁Memerhatikan ritme dan juga rima.

🐼 BERIKUT ADALAH CONTOH DARI PUISI PROSAIS 🐼

🍁 Sejak itu Aku Tak Tahu
Karya: Candra Malik

Aku waktu yang kau tempuh untuk kemudian kau sangkal. Jejak perjalanan menuju yang telah lampau ternyata percuma kita jadikan penjuru. Perjumpaan yang kesekian lagi-lagi menegaskan perpisahan. Laki-laki macam aku tidak membutuhkan yang selain kehadiran. Kau boleh mempunyai seribu pertemuan dengan yang lain, aku tak melarang. Tapi yang di dadamu itu aku: sepi yang menunggu kau kecup dan seduhkan kopi.

Rindu terlalu jauh untuk mendekatkan kita. Menyayangimu serupa sajak yang tak mampu kutuliskan judul di atasnya. Kubaca berulang-ulang lalu kuhapus sejak tak kutemukan rasa selain bimbang dan guguran-guguran daunan. Terjerembab sendiri ke tanah karena letih dan menunggu angin.

Seenaknya kau melenggang dengan seluruh ingatan yang kau rampok dari akalku dan rindu yang kau rampas dari hatiku. Kini yang kupunya hanya lupa. Aku waktu yang kau tempuh hanya untuk kau sangkal. Terakhir kau di sini, aku sedang kau lelapkan lantas kau mengendap-endap pergi. Sejak itu aku tahu apakah kau padaku pernah mencintaiku.

MATERI KEPENULISANTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang