Satu

20.4K 869 3
                                    

Vanya

Hari ini Jakarta cukup panas, walaupun terbilang sudah cukup sore, badan gue rasanya benar-benar lengket setelah pulang dari sekolah.

Menurut orang mungkin sekolah itu penjara, tapi ntah kenapa menurut gua sekolah itu tempat ternyaman setelah rumah.

Gila, bahkan udah jam tiga sore pun hari masih panas, gua turun dari mobil lalu melangkahkan kaki gua yang cantik ini masuk ke rumah tercintah, pede banget ya gak sih gue?

Oh iya, dari tadi gue nyerocos aja ya? Kenalin, nama gue Vanya Kezza Asquera, gue tinggal di Jakarta. Nama pemberian alm. Bunda, bagus, kan?

Baru aja masuk ke rumah, ntah kenapa hawa-hawanya jadi nggak enak, gue liat di sofa ada Ayah yang lagi nonton tv, nggak tahu gua juga dia nonton televisi apa nggak. Soalnya matanya fokus sama Handphone.

Gua jalan ke arah Ayah sambil bersenandung, enaknya baru pulang sekolah gini mandi, abis itu nonton drakor di kamar sampe ketiduran, ya kan?

“Ayah...” sapa gue sambil melambaikan tangan lalu mematikan televisi yang mungkin sedari tadi nyala. “Ngapain sih?” gua intip tuh ponsel Ayah, namun sama dia langsung di kantongin.

Kenalin, ini Ayah gua namanya Wijayanto. Dia single parents, Bunda ninggalin kita waktu gua kelas satu SMP. Udah lama juga ya ternyata kalo di pikir-pikir.

Ayah senyum ke arah gue. “Duduk, Van. Ayah mau bicara sesuatu sama kamu sebentar.”

Demi apapun, firasat gua dari tadi udah gak enak. Dengan terpaksa, gua duduk di sebelah Ayah dan berusaha setenang mungkin. “Kenapa?”

Ayah terlihat menghela nafasnya, kemudian mengelus rambut gua lembut. OMG, sebenarnya ada apa ini? Perasaan gue tambah gak enak, soalnya terakhir kali Ayah bersikap seperti ini ketika Bunda meninggal, udah lama banget, kan?
Apa jangan-jangan Ayah mau nikah lagi? Oh tidak, gue gak mau kasih izin Ayah nikah lagi.

Gue melotot ke Ayah. “Vanya nggak izinin Ayah buat nikah lagi!” Idih, Ayah malah ketawa mendengar ucapan gue. Emang bagian mana coba yang menurut dia lucu? Nggak ada tuh.

“Lagian, mana mau Ayah menikah lagi, Vanya? Walaupun Bunda-mu sudah tidak ada, tapi Ayah selalu merasa kalau beliau masih ada disini, disisi Ayah.”  Katanya lalu kembali tertawa. Sumpah, gue malu cuy dengernya, mana udah pede banget lagi tadi pas ngomong Ayah jangan nikah lagi.

“Terus kenapa dong? Jangan bikin Vanya kepo, Ayah.” kata gue sembari mengerucutkan bibir, sok imut emang.

“Sebenarnya Ayah ingin kamu yang segera  menikah, Vanya. Bukan Ayah yang akan menikah.” sumpah, gue lagi makan kacang yang ada di meja langsung tersedak. Jadi gua gak salah dengar nih? Gila, umur gue aja masih 17 tahun, sekolah pun masih kelas 11 SMA.

Ayah keliatan banget kalo dia khawatir sama gua pas tersedak, dia berjalan cukup cepat untuk ambil minum di meja makan lalu menyuruh gue meminumnya, biar enakan katanya.

Setelah merasa enakan, gue natap Ayah lagi, kali ini gua natap dengan dengan tatapan yang sulit untuk diartikan. Bayangin aja, umur 17 tahun di suruh nikah, mana gak punya doi lagi. Mau nikah sama siapa coba? Kalo pun ada, gua masih pengen main sama temen-temen cuy. “Kepala Ayah kejedot ya?”

“Tidak, Vanya. Ayah serius.”

“Iya maaf. Tapi Vanya pastiin sekali lagi deh, beneran, kan Ayah gak kejedot?”

“Vanya, Ayah sudah memikirkan hal ini matang-matang sebelum membicarakannya denganmu, jangan kira kalau Ayah memintamu segera menikah berarti kepala Ayah kejedot atau apapun itu.” tuh kan, perasaan salah terus gue. Padahal cuma memastikan, kali aja kenapa-kenapa, kan?

“Vanya nggak mau nikah di umur yang terbilang sangat muda, Ayah. Vanya juga punya masa depan seperti Bang Rical.” kata gue percaya diri.

Oh iya, gue belum ngomong ya kalau gue punya Kakak laki-laki? Kenalin, namanya Ricaldo Kezza Wijayanto. Umurnya nggak beda jauh sama gue, cuma beda dua tahun doang. Tapi sekarang dia lagi nggak ada di Jakarta, dia lagi lanjutin pendidikannya di Swiss.

Jadi, gua di rumah cuman sama Ayah, itu pun kalo pulang dari kantor. Ya, gue biasa di rumah sendiri.

“Lagian, kamu akan senang menerima perjodohan ini, Vanya.” gue melotot mendengar ucapan Ayah barusan. Gila.


                                   ***


Farel

“Di jodohkan seneng? Coba sekarang Farel tanya sama kalian, orang mana yang seneng kalo mereka denger mau di jodohkan? Kalo ada orangnya, sini bawa ke depan Farel.” gue benar-benar nggak habis pikir sama orang tua gue. Gila aja gue mau di jodohkan.

Papi terlihat kesal setelah mendengar perkataan gua tadi. “Kamu masih ingat Vanya? Gadis kecil yang dulu selalu kamu bawa ke rumah setelah pulang sekolah.”

Gue diam cukup lama pas denger ucapan Papi barusan, oh, gue baru ingat Vanya itu siapa. Seperti yang Papi bilang tadi, dia cewek yang selalu gue ajak ke rumah setelah pulang sekolah.

Dulu pernah tuh kejadian, waktu itu gue gak bilang siapa-siapa kalo lagi sama Vanya, bahkan orang tua gue, pun gak tahu. Alhasil, mereka susah payah mencari Vanya sampai sore, padahal anak itu tidur di kamar gue.

Orang tua kita memang terbilang cukup dekat, mungkin itu juga alasan mereka untuk menikahkan gue sama Vanya, agar keluarga dia dan keluarga gue semakin dekat.

Tapi nggak gitu dong caranya, gue nggak mau nikah muda, gue masih mau main-main sama teman-teman seumuran. Apalagi nikahnya sama Vanya, sumpah gue mending jomblo aja dah daripada nikah sama dia. Duh, kalian gak tahu sih dia gimana.

Belum gue jelasin secara detail, kan?

Selain anak kutu buku, Vanya itu cewek hitam dekil, mana gigi nya nggak rapi lagi, alias gingsul. Gue paling nggak suka sama cewek gingsul, intinya dia itu jelek deh, susah gue jelasin secara detail tentang kejelekannya. Gue gak tahu kenapa bisa temenan sama dia pas kelas 1 sampai 3 SD.

Baru sadar pas gue udah gede kalo dulu setiap main sama Vanya, Bang Justin selalu ngejelekin tuh anak. Gak habis pikir dulu kok gue mau ya temenan sama Vanya, si cewek gigi gingsul yang jelek.

Mami melambaikan tangannya tepat di depan wajah gue. “Bengongin Vanya ya? Ingat zaman-zaman dulu nih pasti.” goda Mami sambil terkekeh. Apanya yang lucu sih? Gak ada kali!

Gue malah merinding dengernya, serius. Gak bisa apa jodohin anaknya sama cewek yang cakepan dikit? Benar-benar nih mereka, mau buat gue sengsara seumur hidup kayanya. “Kenapa nggak Bang Justin aja sih yang nikah? Dia kan lebih tua dari Farel.” kata gue sambil natap Bang Justin yang tengah main game di ponselnya.

Bang Justin terlihat kaget, lalu tertawa. “Kan lo yang deket sama Vanya, Rel. Emangnya gue?” tanyanya terdengar sangat menjengkelkan, gue yakin sih, Bang Justin juga lagi mikirin sama kayak yang gua pikirin.

Papi mengangguk. Sialan. “Iya, benar apa yang barusan Justin katakan.”
Benar-benar gila, masa umur 17 tahun harus nikah? Ini lagi si Justin, nggak ada niatan apa bantuin Adiknya sekali aja? Dasar Abang biadab.

  


                               

Married With Fakboy [NEW VERSION]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang