" Semua hal yang terjadi,aku pahami,semua hal yang kau benci aku mengerti,semua masalah yang menerpa hidup ini,sudah aku pelajari. Tinggal aku berubah,dengan waktu yang tak lama ini! "
-Berubah-
_🌿_
Indonesia,Asia tenggara.... Pondok pesantren Al Dullah, dalem..
Terhitung sudah 1 Minggu mereka berada di Indonesia,setelah menghabiskan waktu hampir 2 Minggu di negri seribu satu malam itu. Dan hari ini mereka semua,kembali lagi di kegiatan mereka yang semula.
Tetapi hari ini masih ada yang kurang,yaitu kehadiran dari Ustadzah Wati yang belum terlihat pagi hari ini. Bahkan setelah makan malam tadi malam saja,beliau tidak keluar dari kamar dan sampai pagi ini,apa yang sebenarnya terjadi kepada beliau!?.
" Kak Falah,kakak tidak tahu dimana keberadaan kakak ipar? " Tanya adik dari Ustadz Falah,yaitu Ustadz Nareswara.
" Tidak tahu! Karena tadi malam kakak tidak tidur dengan Irna,dan pagi ini memang belum sempat bertemu selain tadi malam kan!? " Jawabnya,yang memang juga merasa bingung dengan keadaan istri pertamanya itu.
Aku kan sudah mengatakan kepada kalian semua,jika setelah tragedi satu tahun yang lalu Ustadzah Wati itu berubah,menjadi orang yang begitu sangat-sangat dewasa dan juga menjadi orang yang begitu urut mengeluarkan suara jika bukan hal penting.
Dan tentu saja mereka semua menyadari perubahan dari sisi yang sering disebut sebagai ibunya para santri itu,tetapi mereka tidak ingin bertanya lebih lanjut sebab itu adalah privasi beliau. Karena menjaga privasi masing-masing adalah suatu kewajiban dari kita,intinya jangan terlalu kepo terhadap apa yang dilakukan oleh orang-orang.
" Shah,biasanya kau tahu apa yang terjadi dengan Irna. Jadi apakah kamu tahu,apa yang sebenarnya terjadi dengan Irna sekarang? " Tanya Ustadz Falah,ya Tuhan kenapa laki-laki itu ditakdirkan tidak peka? -Batin Shahallah-
" Astaghfirullah,ya Allah,demi tuhan semesta alam! Kak Falah yang terhormat,setelah kejadian satu tahun yang lalu kak Irna itu semakin tertutup kepada Shahallah! Bahkan tidak pernah yang namanya girls talk,Kakak hanya akan cerita jika dia ingin saja,jika tidak ya tidak! " Jawab Ustadzah Shahallah tidak percaya, emangnya dia itu peramal apa -Batinnya-
" Ya sudah kalau begitu,kita lanjutkan sarapannya! Karena ini sudah beranjak siang,kalau begitu sudah tidak bisa disebut sarapan lagi namanya! " Ujar Ustadz Falah,dan setelahnya mereka melanjutkan sarjana yang tertunda.
" Assalamualaikum! Maaf Irna telat,tadi ada sedikit Masalah! " Akhirnya orang yang ditunggu-tunggu datang juga.
" Ya Allah! Apa yang terjadi dengan kamu? Kenapa kamu tiba-tiba memakai niqab? " Tanya Shahallah terkejut.
Iya benar,jadi Ustadzah Wati sekarang sudah bercadar atau memakai niqab. Mungkin ini adalah salah satu perubahannya,dan kita do'akan mudah-mudahan Istiqomah dalam memperbaiki diri dan juga dalam memakai cadarnya ya!.
" Tidak ada yang terjadi,hanya merubah penampilan dan mudah-mudahan nanti kedepannya akan semakin baik! " Dan tentu saja djanwab amiin semua. Tetapi mereka masih tetap bingung dengan apa yang terjadi dengan Irna Wati itu.
" Jangan kalian tatap aku seperti itu! Aku bukan seorang teroris yang harus kalian lenyapkan,aku berubah seperti ini karena aku merasa sudah saatnya aku untuk berhijrah dengan benar. Dan keputusanku untuk menutup semua auratku ini,juga sudah melewati malam panjang dengan aku berdo'a kepada Allah SWT,aku berubah karena seperti ini karena merasa sudah saatnya untuk menjadi lebih baik lagi dan lagi! " Lanjutnya,dan tentu saja pernyataan dari Ustadzah Wati itu di amiin kan oleh semua,karena menjadi lebih baik kan harus di iyakan!.
" Baiklah apapun keputusan yang kamu ambil,kita akan selalu mendo'akan yang terbaik Irna! Karena itu adalah hak kamu untuk berubah! " Ujar Ustadz Falah,salah satu hal yang paling disukai Ustadzah Wati dari suaminya itu adalah.
Kebebasan dalam melakukan apapun,yang terpenting apa yang dilakukan itu baik dan juga menerima manfaat untuk diri sendiri dan juga orang lain. Dan oleh sebab itu,ketika dia memutuskan untuk melakukan niqab,dia begitu yakin jika sang suami pasti akan menyetujui hal itu!,sebab penampilan baru dari Ustadzah Wati itu mengerjakan manfaat juga untuk diri sendiri ataupun orang lain.
🌿🌿🌿
" Seseorang itu butuh untuk berubah! Karena tidak akan pernah mungkin jika seseorang itu masih tetap sama! "
-April-© Keluarga Abdullah
KAMU SEDANG MEMBACA
KELUARGA ABDULLAH ✔️
Fiction générale🦌 : Tidak menerima segala jenis bentuk plagiat. Entah secara langsung atau tidak langsung,jika ingin di bagi silahkan untuk sertakan kredit ya dear. 🦌 : Jika membaca cerita ini,harap untuk vote dan komentar ya. Dan,kalau perlu follow juga. 🌾🌾🌾...