Nasehat untuk Tidak Pacaran🍃

53 24 9
                                    

┏﷽🍃🌸🌸━━━━━━━━━┓
🕌 *Indonesia Tanpa Pacaran*
┗━━━━━━━━━━━🌸🌸🍃━┛

🌹🌹🌹

Pertanyaan :
Assalamu'alaikum ustadz, mau nanya gimana cara menasehati teman yg pacaran?

Jawab :

Wa'alaikum salam warohmatullahi wabarokatuh

Member yang semoga selalu dalam Rahmat Allah ta'ala

Nasehatilah saudara muslim-mu itu dengan cara yang baik dan bijaksana. Bil Hikmah (bijaksana) & mau'izhoh hasanah ( tutur kata yang baik).

Sampaikanlah padanya bahwa bisa jadi keberkahan dalam membangun bahtera rumah tangga itu akan terancam berkurang bahkan musnah apabila dinodai dengan maksiat pada Allah.

Pacaran itu terlarang, karena ia berpotensi pada terjadinya perbuatan ZINA.

Allah Ta'ala berfirman,

ﻭَﻟَﺎ ﺗَﻘْﺮَﺑُﻮﺍ ﺍﻟﺰِّﻧَﺎ ﺇِﻧَّﻪُ ﻛَﺎﻥَ ﻓَﺎﺣِﺸَﺔًﻭَﺳَﺎﺀَ ﺳَﺒِﻴﻠًﺎ

"Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk."(QS. Al Isro' : 32)

Dalam Tafsir Jalalain dikatakan bahwa larangan dalam ayat ini lebih keras daripada perkataan 'Janganlah melakukannya'. Artinya bahwa jika kita mendekati zina saja tidak boleh, apalagi sampai melakukan zina, jelas-jelas lebih terlarang.

Asy Syaukani dalam Fathul Qodir mengatakan :

"Apabila perantara kepada sesuatu saja dilarang, tentu saja tujuannya juga haram dilihat dari maksud pembicaraan."

Dilihat dari perkataan Asy Syaukani ini, maka kita dapat simpulkan bahwa setiap jalan (perantara) menuju zina adalah suatu yang terlarang. Ini berarti memandang, berjabat tangan, berduaan dan bentuk perbuatan lain yang dilakukan dengan lawan jenis karena hal itu sebagai perantara kepada zina adalah suatu hal yang terlarang. Baarokallahu fiik.

Wallahu 'alam bishowab.

(Syukron jazakallahu khoir atas penjelasannya Ustadz)

Author POV

Jika Tidak Putus Sekarang, Lalu Kapan?

Salah satu dilema mereka yang pacaran dan kemudian menyadari bahwa pacaran dilarang dalam agama, adalah memutuskan pacar mereka. Bagi yang imannya kuat, pastilah akan memegang teguh prinsip agama. Bagi yang imannya lemah, maka akan ada sedikit keraguan dan kebimbangan dalam hatinya.

Sayangnya, kebanyakan remaja kita yang pacaran, adalah remaja yang imannya lemah, sebab ilmu agama mereka yang kurang. Oleh karenanya banyak diantara mereka yang terjebak pacaran dan ragu untuk putus dari pacarnya.

Padahal, ada pahala yang cukup besar saat kita meninggalkan kemaksiatan dengan landasan ingin mendapat ridho Allah subhanahu wa ta'ala. Kemaksiatan yang harus ditinggalkan karena Allah yang dimasud adalah pacaran. Allah subhanahu wa ta'ala berfirman:

"Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Rabbmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa." (Ali Imran: 133)

Putus dengan pacar adalah bukti bahwa kita sedang bersegera menuju ampunan Allah. Dan bersegeralah! Bukan besok atau nanti, tapi sekarang. Sebab kita tidak tahu ajal kapan datang. Kalau bukan sekarang putusnya, lalu kapan? Silakan dijawab khususnya aktivis pacaran.

🕌 *Indonesia Tanpa Pacaran*
#PejuangHijrah
#SemogaBermanfaat

Semoga Bermanfaat dan bisa menjawab pertanyaan fulanah yang bingung menasehati temannya yang masih pacaran

See you next time

Insyaa Allah

Goresan_Pena

Sri Yuniarti

Goresan PenaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang