Hijab🍃

47 22 14
                                    

Saudariku ...

"Kenapa jilbabmu masih belum kau pakai?"

Padahal sudah banyak waktu kau luangkan untuk mengkaji ayat-ayat Al-Qur'an dan hadits-hadits Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam tentang perintah jilbab.

Sudah sekian judul buku engkau baca untuk memantapkan hatimu agar segera berjilbab. Juga ribuan surat cinta dari saudarimu yang menginginkan agar jilbabmu itu segera kau pakai. Dan sekarang aku, saudarimu yang tidak kau kenal ingin mengajakmu untuk memakainya.

Lalu ... kenapa jilbabmu masih terlipat rapi di dalam lemari dan bukan terjulur untuk menutupi dirimu?

Saudariku ...

Izinkan aku sedikit mengingatkanmu pada firman Allah subhanahu wa ta'ala berikut :

وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا ۖوَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَىٰ جُيُوبِهِنَّ ۖوَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا لِبُعُولَتِهِنَّ ...

Katakanlah kepada wanita yang beriman, "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka ...." (QS. An-Nuur: 31)

Dan firman-Nya,

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

"Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS. Al-Ahzab: 59)

Tak perlu sedih jika badanmu yang indah itu tertutup oleh gamis lebarmu, bahkan kadang menjadi olok olokan para mata awam.

Tak perlu sedih ketika kerudung panjang itu membuat tubuhmu menjadi lebih gemuk atau membuat wajahmu terlihat lebih tua, ingatlah akan ada seseorang yang memandangmu dengan penuh rasa bahagia, bangga, sambil berucap lirih ditelingamu "Engkaulah bidadari ku satu-satunya."

Bersyukurlah ketika wajah cantikmu tak bisa dilihat oleh khalayak ramai tersebab ada selembar kain yang menutupinya, walaupun banyak tatapan seram ketika memandangmu,
walaupun banyak mulut tajam mencela mu, walaupun banyak hati yang tak suka tertuju padamu.

Yang terpenting, dengan selembar kain itu Allah senantiasa mau memandang kita, Allah mau melihat kita.

Secantik-cantiknya wanita adalah wanita yang merahasiakan kecantikannya. Perempuan itu, semakin banyak rahasianya semakin anggun. Saking rahasianya, tidak ada yang tahu apapun tentangnya, kecuali suaminya dan dia hanya dikenal statusnya sebagai muslimah yang menjaga iffah. Karena ia hanya ingin dikenal penduduk langit.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

اَلْمَرْأَةُ عَوْرَةٌ ، وَإِنَّهَا إِذَا خَرَجَتْ مِنْ بَيْتِهَا اِسْتَشْرَفَهَا الشَّيْطَانُ، وَإِنَّهَا لاَتَكُوْنُ أَقْرَبَ إِلَى اللهِ مِنْهَا فِيْ قَعْرِ بَيْتِهَا

"Wanita itu aurat, jika ia keluar dari rumahnya maka setan mengikutinya. Dan tidaklah ia lebih dekat kepada Allah (ketika shalat) melainkan di dalam rumahnya." (HR. Tirmidzi, no. 1173)

Dulu aku benci pakaian longgar. Namun yang dulu aku benci itu, kini membuatku jatuh cinta...

Dulu tak pernah berfikir aku akan memakainya, jangankan untuk memakai, melihatnya saja aku enggan. Seolah hatiku tertutup oleh nafsu duniawi.

Yang aku tau hanya "pakaian itu harus menarik" dimata manusia, harus terlihat modis dan kekinian.

Tapi ...

Alhamdulillaah, Allah Ta'ala memberiku kesempatan untuk mendapatkan hidayah. Merasakan nikmatnya memakai hijab syar'i, yang akhirnya membuatku mulai berfikir,

"Kenapa aku nyaman dan merasa aman dengan hijab syar'i ini?"

Ternyata, inilah syariat Allah subhanahu wa ta'ala. Perintah-Nya kepada muslimah, agar kita sebagai muslimah bisa terjaga dari hal-hal yang tidak di inginkan.

Masyaa Allah ...

Inilah jawabannya, Allah subhanahu wa ta'ala sangat menyayangi hambaNya, kita sebagai muslimah diperintahkan memakai hijab syar'i agar kita aman tidak diganggu oleh laki-laki diluaran sana (karena aurat kita tertutup sempurna).

Ini membuatku semakin yakin, insyaa Allah aku akan terus mencintai Hijab Syar'i karena ini adalah tanda ketaatanku kepadaNya.

Karena hakikatnya penilaian Allah subhanahu wa ta'ala yang harus aku cari, bukan penilaian manusia yg hanya sementara ...

🌹🌹🌹

Semoga tulisan singkat ini bisa menginspirasi kalian🌹

Salam dariku, sahabat muslimah yang ingin mengajakmu berhijab😊

See you next time

Insyaa Allah😊

Allahumma sholli 'ala sayyidina muhammad

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Goresan_Pena

Sri Yuniarti

Goresan PenaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang