🌜Bersumpah 👩🏻‍🎓🌛

233 23 7
                                    

☁️

"Baiklah kita mulai acara sumpah dokter ini. Ikuti saya ketika melapalkan sumpah dokter"Ucap ketua senat mahasiswa kedokteran.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa :"

1.saya akan membaktika hidup saya guna kepentingan perikemanusiaan.

"saya akan membaktikan hidup saya guna kepentingan perikemanusiaan."

2.saya akan menjalankan tugas dengan cara yang terhormat dan bersusila sesuai dengan martabat pekerjaan saya sebagai dokter.

"saya akan menjalankan tugas dengan cara yang terhormat dan bersusila sesuai dengan martabat pekerjaan saya sebagai dokter."

3.saya akan memelihara dengan sekiat tenaga martabat dan tradisi luhur profesi kedokteran.

"saya akan memelihara dengan sekiat tenaga martabat dan tradisi luhur profesi kedokteran."

4.saya akan merahasiakan segala sesuatu yang saya ketahui karna keprofesian saya.

"saya akan merahasiakan segala sesuatu yang saya ketahui karna keprofesian saya."

5. Saya tidak akan menggunakan pengetahuan saya untuk sesuatu yang bertentangan dengan perikemanusiaan, sekalipun ancaman.

"Saya tidak akan menggunakan pengetahuan saya untuk sesuatu yang bertentangan dengan perikemanusiaan, sekalipun ancaman. "

6.saya akan menghormati setiap hidup insani mulai saat pembuahan.

"saya akan menghormati setiap hidup insani mulai saat pembuahan. "

7.saya akan senantiasa mengutamakan kesehatan pasien, dengan memperhatikan kepentingan masyarakat.

"saya akan senantiasa mengutamakan kesehatan pasien, dengan memperhatikan kepentingan masyarakat."

8.saya akan berikhtiar dengan sungguh-singguh supaya saya tidak terpengaruh oleh pertimbangan keagamaan, kebangsaan, kesukuan, gender, politik, kedudukan sosial dan jenis penyakit dalam menunaikan kewajiban terhadap pasien.

" saya akan berikhtiar dengan sungguh-singguh supaya saya tidak terpengaruh oleh pertimbangan keagamaan, kebangsaan, kesukuan, gender, politik, kedudukan sosial dan jenis penyakit dalam menunaikan kewajiban terhadap pasien."

9.saya akan memberi kepada guru-guru saya penghormatan dan pernyataan terimakasih yang selayaknya.

"saya akan memberi kepada guru-guru saya penghormatan dan pernyataan terimakasih yang selayaknya. "

10.saya akan perlakukan teman sejawat saya seperti saudara kandung.

"saya akan perlakukan teman sejawat saya seperti saudara kandung. "

11.saya akan mentaati dan mengamalkan kode etik kedokteran indonesia.

"saya akan mentaati dan mengamalkan kode etik kedokteran indonesia."

12.saya ikrarkan sumpah ini dengan sungguh-sungguh dan dengan mempertaruhkan kehormatan diri saya.

"saya ikrarkan sumpah ini dengan sungguh-sungguh dan dengan mempertaruhkan kehormatan diri saya. "

Haru biru terasa saat kami para dokter muda mengikrarkan sumpah dokter kami, para tangis orang tua yang merasa sudah berhasil mendidik Anak-anak mereka hingga perguruan tinggi.

Acara selanjutnya ialah penyerahan secara simbolis pin angkatan kedokteran yang di lakukan oleh alumni fakultas kedokter yang di pasangkan ada Husna dan Yoga, lalu pengumuman predikit dan OSCE tertinggi dan penyerahan penghargaan.

MY LIFE ( ON GOING )Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang