04| Mantan

1.3K 262 43
                                    


“Ta!! Datta!!” teriak Jeffin sambil ngedor pintu kamar mandi. Tangannya Jeffin nggak santai banget, kaya tim Jaquar 86 lagi grebek aja ngedor pintunya.

“Antri Jef, gue lagi boker.”

“Tau, tapi lo mending keluar dulu deh,” kata Jeffin didepan pintu.

“Ngapain????” tanya Datta sambil nahan napas karena merasa sembelit.

“Sasa, di depan kos, buruan keluar, dari pada seisi kos-an di ancurin.”

“Ngapain ke kos-an??”

“Jualan Bakso aci, ya mana gue tauuu.”

Datta terdiam, denger naman Sasa rasanya pengen teriak karena merusak suasana bokernya yang susah keluar.

“Ta? Masih idup?”

“Mati Jef, bilangin ke Sasa gue mati gara-gara tai gue nggak keluar.”

“Anj— keluar lo, cemen banget.” Jeffin mukul pintu kamar mandi sekali tapi keras sebelum pergi.

Datta nggak sempet cuci muka, males, karena mau ketemu Sasa jadi pengen nampilin wajah terjeleknya, biar apa? Biar mantannya itu nggak ganggu lagi. Datta kadang suka emosi sama kelakuannya Sasa, tapi kalo pas liat Sasa jadi iba, padahal Sasa udah ngehancurin perasaannya, ketauan selingkuh malah Sasa yang langsung mutusin, padahal udah setahun lebih jadian.

Datta udah liat Sasa duduk di teras kos. Seperti biasa pake mini dress selutut berbalut cardigan, semanis itu mantanya yang bejat.

“Ngapain lo kesini?” ketus Datta dari pintu, Sasa langsung noleh, ngasih senyum Datta sepagi itu.

“Ini gue bawain nasi uduk buat sarapan lo.”

Dan masih aja Sasa ngelakuin rutinitas masa pacaran, bawain makanan buat Datta.

“Akhir-akhir ini gue brenti makan nasi uduk, lagi suka seblak.”

Pantes pedes.

“Tapi masa mau sarapan seblak, Ta,” kata Sasa sambil senyum, seakan lupa kalo dirinya dan Datta itu sudah mantan.

“Intinya deh, ngapain kesini?”

“Duduk dong, masa ngobrolnya berdiri.”

Mau nggak mau Datta duduk, sambil masang muka paling males.

“Cepet, gue ada kelas pagi.”

“Ta, gue mau minta maaf.”

Datta mendelik, minta maaf? Setelah 2 bulan lebih putus —Sasa baru minta maaf??— dan Datta yang menjadi pihak paling di rugikan, udah diselingkuhin, diputusin pula, mending-mending Datta yang mutusin.

“Udah gue maafin, dan sana lo balik,” kata Datta beranjak mau masuk kos, namun lengannya ditahan sama Sasa.

“Gue nyesel.”

“Oh, jangan bilang selingkuhan lo selingkuh sama cewek lain? Enak dong selingkuh-selingkuhan.”

Baru kali ini Datta ngomong kasar ke Sasa, tapi ya gimana lagi, Datta keburu makan ati sama kelakuannya Sasa.

“Ta, gue nyesel dan merasa bersalah banget.”

Kalau gini Datta tau arah pembicaraanya, Datta nggak mau luluh lagi, dulu-dulu sempet putus nyambung sama Sasa, itupun karena berantem, bukan diselingkuhin, jadi kali ini Datta nggak bakalan lengah.

“Iya, nyesel aja terus, sampe lo tua, dan sampe kapanpun gue nggak mau balik ketempat yang udah bikin gue kaya orang bego, mending gue nyari tempat lain buat jatuh, daripada jatuh berkali-kali ditempat yang sama,” kata Datta menohok perasaan Sasa, pegangan Sasa di lengan Datta merenggang.

SUARA DATTA ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang