Saya percaya kalau kalian yang membaca tulisan ini merupakan pembaca setia aplikasi Wattpad.
Nah, yang ingin menjadi topik pembahasan adalah versi Wattpad yang saat ini.
Saya sempat meng-uninstall aplikasi ini sebelumnya karena merasa tidak tertarik lagi untuk membaca. Merasa enggak nyaman saja ketika sepuluh menit ada iklan yang menganggu berupa video gitu. Kan sebal jadinya.
Niatnya ingin membaca malah jadinya nonton dan menghabiskan kuota lebih banyak setiap sepuluh menit lagi. Pasti enggak nyaman ya kan. Apalagi sekarang ini banyak aplikasi saingan yang minim iklannya. Bahkan kalau dibilang enggak ada ya kan. Auto pindah lapak deh.
Saya setuju sebenarnya dengan sistem koin berbayar bagi penulis yang karyanya benar-benar menjual. Sebab menulis itu memang butuh perjuangan dan tidak dilakukan dengan sebentar.
Hanya saja, kalau bagian iklan yang setiap sepuluh menit sekali itulah yang memang benar-benar mengganggu. Saya kurang setuju dengan sistem tersebut.
Bagi saya, sistem pengiklanan ini bukannya tidak boleh. Hanya saja penempatannya saja yang tidak iyes. Bukannya iklan itu sifatnya tidak memaksa ya? Kalaulah dibuat sistem per sepuluh menit. Itu berarti pembaca secara tidak langsung dipaksa untuk melihat iklan.
Saya jatuh cinta dengan Wattpad sejak dulu. Aplikasi yang membuat saya selalu punya alasan untuk berkembang. Pokoknya benar-benar loveable. Hanya saja perasaan ini tidak seperti dulu lagi.
Huft, selalu ada yang berbeda dari waktu ke waktu. Jika memang ada perbedaan. Harapannya semakin baik dari masa ke masa.
Rasanya tidak afdal jika masalah seperti ini tidak ada solusinya.
Berawal dari pertemanan yang ada di grup WhatsApp. Khususnya para pengguna Wattpad. Saya mendapatkan informasi bahwa kita masih bisa menggunakan aplikasi Wattpad versi lama.
Nah, dari situlah saya mulai mencobanya. Kalau dari google play, otomatis sudah dalam versi terbaru. Hal yang terpikirkan oleh saya adalah melalui website.
Maka ketemulah sebuah laman yang berisikan daftar lengkap mulai dari Wattpad jaman dulu hingga sekarang. Kebetulan mereka menyarankan untuk menggunakan Wattpad yang versi keenam. Saya memilih versi 6.2 dengan ukuran filenya 11,34 Megabyte.
Kalau Wattpad yang sekarang ini sih ukurannya 15 Megabyte.
Setelah saya pakai, ya alhamdulillah. Memang bisa dan pastinya enggak ada iklannya deh.
Jadi, gimana? Apakah teman-teman ada yang tertarik dengan cara saya?
Berhubung cara ini menarik sekali untuk diulas. Saya berencana untuk mengulasnya di blog nih. Kalau lagi banyak waktu dan enggak malas, mudah-mudahan cepat updatenya.
13/8/2020
KAMU SEDANG MEMBACA
Motivasi dan Galau
NonfiksiBagian non fiksi yang berusaha saya buat untuk kepentingan diri sendiri. Eh .... Saling berbagi, barangkali kalian bisa juga menemukan sesuatu di dalamnya. Biasanya sih perkara hati yang tidak tau pengolahannya bagaimana. Yuk, cekidot mampir dan men...