Indonesia adalah negara yang memiliki baragam budaya, beragamnya kebudayaan ini tentunya menciptakan karakteristik atau kekhasan masyarakat didaerahnya masing-masing. Karakteristik ini pada akhirnya membentuk cara pandang dan prilaku masyarakat yang berbeda-beda pula.
Deskriminasi antar suku juga sering terjadi di Indonesia, contohnya para mahasiswa/i papua yang berkuliah di Jakarta, mereka datang jauh-jauh dari papua ke Jakarta untuk mencari ilmu dan mencari pengalaman baru, 'ini adalah Indonesia, negara kita sendir' ucap salah seorang mahasiswi. Tapi mereka justru sering sekali mendapatkan perlakuan diskriminasi dari lingkungan sekitar bahkan dikampus.
Bahkan bukan hanya teman kampusnya yang melakukan tindak diskriminasi, dosenpun ada yang mendiskriminasiTidak hanya itu diskriminasi gender pun tanpa kita sadari sering sekali terjadi.
Banyak orang yang memiliki mind set bahwa laki-laki itu lebih baik, lebih dapat di beri tanggung jawab dibandingkan perempuan.
Contoh sederhananya disekolah kebanyakan guru lebih mempercayai laki-laki untuk memimpin, entah organisasi kelas, sekolah ataupun ekstrakurikuler. Alasannya perempuan terlalu menggunakan perasaan, labil dan tidak tegas. Kebanyakan orang pikirannya terpatok pada gagasan bahwa perempuan adalah orang yang lemah lembut, harus dijaga dan dipimpin.
Dengan pemikiran seperti itu orang-orang akan terus beranggapan bahwa laki-laki bisa melakukan segalanya, sedangkan para perempuan tidak bisa melakukan apapun.
Coba kita bahas dari sisi lain, perempuan memang lemah, tapi bukan berarti tidak bisa menjadi kuat, perempuan memang harus dijaga, tapi bukan berarti tidak bisa menjaga, perempuan memang dipimpin, tapi bukan berarti tidak bisa memimpin.
Sekarang kita lihat disana juga ada beberapa perusahaan ternama yang CEO-nya adalah perempuanDari kaum perempuan kita beralih ke kaum transpuan. Kasus diskriminasi terhadap transpuan juga banyak sekali terjadi di indonesia. Contohnya yang belum lama ini viral di media sosial kasus Ferdinan Paleka.
Bahkan ada juga yang dampai dibakar hidup-hidup hanya karena hal sepele. Memang transpuan adalah hal yang sangat dibenci oleh ALLAH S. W. T. Tapi bagaimana dengan orang yang mempersekusi para transpuan?
Menurut saya mereka sama saja dengan para transpuan itu, bahkan lebih rendahIndonesia adalah negara kepulauan yang indah, dengan adanya kesadaran terhadap rakyatnya bahwa kita ini adalah sama, kita adalah satu rakyat indonesia. Dengan adanya perbedaan suku, bahasa, dan agama kita bisa tileransi satu sama lain. Agar negara kita bisa menjadi tempat yang aman, nyama dan damai bagi rakyat dalam maupun luar negeri.
Diskriminasi adalah tindak kekerasan yang mebeda-bedakan, sedangkan Indonesia adalah negara yang berdasarkan pancasila, dari teks pancasila sendiri tertulis persatuan indonesia, dari situ kita harus faham bahwa rakyat indonesia itu satu.
-pika shoo-
XI IPA