🍒🍒🍒Arin menoleh kebelakang, melihat Sasha sudah tetidur di bangku belakang. Karena di mobil nya ada bantal kecil, jadi Sasha tidur rebahan. Anak nya udah capek banget dari tadi di suruh kenalan terus.
Setelah nya ia menepuk lengan Jeno, "auw apa an sih kak!" Sungut Jeno yang kaget karena Arin main nepuk lengannya kencang.
"Shhh!" Kata Arin sambil menoleh ke belakang untuk memastikan Sasha tidak terganggu dengan suara Jeno yang kencang.
"Apa?" Tanya Jeno memelankan suaranya.
"Kenapa nggak bilang kalau Lele udah nggak ada???" Tanya Arin dengan nada yang benar - benar terkontrol.
Jeno menepuk dahinya, "lupaaaa!" Katanya, menoleh sekilas ke arah Arin.
"Tadi tuh kak Arin keceplosan tanya Lele mana? Astaga, kalau tahu kan kak Arin nggak bakal tanya." Kata Arin yang masih merasa bersalah.
"Lah kak Arin juga nggak tanya ke Jeno?"
"Nggak perlu nungguin kak Arin yang tanya. Jeno kan bisa jelasin langsung." sungut Arin.
"Nah sayangnya Jeno lupa kak Awreeennnn."
Arin mendengus kesal, lalu pandangan berubah lurus kedepan menatap mobil - mobil yang terjebak macet.
Jeno menoleh, "maaf, ya kak. Bener deh Jeno lupa kasih tahu."
"Udah lama ya? Sedih banget kak Arin denger nya. Masih nggak percaya."
"Hampir 3 tahun apa ya kak. Lupa Jeno juga. Kak Arin denger dari siapa?"
"Jiheon, tadi dia cerita banyak soal Lele." Katanya.
Jeno mengangguk paham, "Jeno nggak bisa nemenin waktu itu, kak. Lele di rawat di Jogja. Sedangkan Jeno di sini. Kaya cepet banget Lele tiba - tiba pergi. Yang tadinya HBV jadi berkembang cirrhosis. Eh cirrhosis apa cancer ya kak? Lupa atuh Jeno." Jelas nya.
"Dia nggak ada gelaja apa?" Tanya Arin. "Pasti telat ya?"
"Gejala, kak. Ya pada saat dia periksa awal dengan keluhan - keluhan mual, pusing, matanya juga kuning, diagnosa awal ya HBV. dia langsung tes HBsAg, anti HBc sama anti HBs. Serangkaian tes semua dia lakukan kak. Ya udah, hasil lab semuanya mengejutkan. " Kata Jeno.
"Mana Jeno belum sempet jenguk kak. Baru denger kabar Lele masuk rumah sakit, beberapa minggu di kabari Lele udah nggak ada. Ya udah, Jeno cuma bisa nganter Lele sampai peristirahatan terakhir dia."
"Dia habis ngapain sampai bisa terpapar HBV?" Tanya Arin.
"Nah, Jeno masih belum dapet jawaban. Terakhir kali Lele ada semacam monthly meeting di luar kota. Waktu itu dari Makassar. Pulang - pulang jarak 2/3 hari langsung drop."
Arin sampai bingung harus bilang apa lagi ke Jeno. Mendengar semua cerita soal Chenle saja, hati nya terlampau sedih. Mengingat Chenle, si orang yang nggak macem - macem, anak baik yang nurut banget sama abangnya.
Chenle yang kalau ngomel suara nya bisa ngalahin speaker masjid. Chenle yang selalu belain Jiheon kalau salah di depan Renjun. Banyak hal dan kenangan yang sudah terjalin antara Chenle dan Arin.
Menyesal, tentu. Dia bahkan nggak tahu kapan Chenle sakit, kapan Chenle meninggal. Semuanya serba mengejutkan.
"Tahu nggak? Renjun sampai depress banget waktu itu. Shuhua yang waktu itu lagi hamil ikut stress. Bayangin kak, lagi hamil, stress pengaruh nya besar banget ke baby nya." Kata nya yang di angguki oleh Arin.
"Shuhua sampai konsul ke Jeno. Sayangnya, itu bukan spesialisnya Jeno. Jeno sampai suruh mereka ke psikiater atau ke psikilog. Itu lho Yeri, kenal nggak? Katanya kenal kak Arin juga. Itu rekomendasi dari kakak."