3. Drama Skripsi

65 8 0
                                    

Kamis pagi yang cerah ini gue udah siap-siap ke kampus buat bimbingan skripsi. Jujur agak mager karena gue bukan morning person, tapi demi bisa memenuhi target buat sidang sampe wisuda bareng temen-temen deket gue, harus semangat!

Curhat dikit deh, jadi proposal gue ini paling lambat dibanding temen-temen deket gue yang lain karna hampir dua minggu awal itu gue masih ngotak-ngatik judul, alhasil disaat yang lain udah pada mulai garap BAB1 bahkan ada yang mau mulai BAB2 dan gue baru akan nulis BAB1 tuh mau gila rasanya. Ambis? Gak mau kalah? Gak juga sih sebenernya, gue ngerasa gitu karna dapet pressure dari papa yang gak pernah absen nanya kabar skripsi gue literally errday, sampe buat gue insecure. Apa lagi saat pertanyaan yang aneh-aneh bermunculan,

"Masi betah di kampus apa gimana sih?"
"Gak pengen kaya kakak kamu 3,5 taun kelar?"
"Cuma tinggal bahas apa temuan kamu kan? Ko lama banget?"

Menyepelekan itu emang paling enteng, padahal menyepelekan sesuatu yang belum tentu menurut lo "cuma" itu punya standar "cuma" yang sama sama mereka.

Disaat gue udah mau nyerah aja karna berasa revisi gak ada kemajuan, sampe gue mangajukan pertanyaan "gak apa-apa kan kalo yayas gak bisa ngejar wisuda tahun ini?"

Honestly, dengan denger jawaban "gapapa yas" itu udah cukup banget buat gue.

Tapi kalo mama jawabnya "kerjain dulu, usaha dulu sebisa kamu, jangan malah patah semangat gitu dong" gitu katanya sambil ngusap punggung tanganku. Mama tuh lebih ke sosok yang nenangin di antara kita dan fair aja gitu, gak pernah mama bandingin gue sama Kak Bi. Kalo gue emang salah ya pasti kena omel tapi kalo gue gak salah ya ngga bakal kena.

Kalo kata Kak Bi "ya ampun ini udah step terakhir kamu yas pasti bisa ko, at least you've tried, gak ada waktu buat sedih-sedihan! Kerjainnya sambil dinikmatin deh yas, inget kado yang Kak Bi janjiin" jawaban kak bi yang cukup menyemangati, karna di iming-imingi tiket konser ato liburan katanya. Kalo Kak Bi ini tipe kakak yang galak sih tapi dia juga yang paling khawatiran sama gue.

Nah kalo papa, belum bersuara aja gue udah degdegan terus pas denger papa ngomong gue langsung ke trigger buat buru-buru ngerjain skripsi ini gimana pun caranya gue harus bisa menuhin paling ngga 1 target papa. Padahal belum tau juga papa mau ngomong apa kan.

"Kalo gak bisa ngejar wisuda nanti, papa cabut izin kerja dan fasilitas kamu di bandung, tinggal sama nenek aja"

Sebenernya bukan karna dicabut izin gue buat kerja atau fasilitasnya sih, tapi lebih ke kepercayaan yang papa kasih buat gue. Gue gak mau kali selalu berada di bawah ekspektasi beliau, gue juga mau dibanggain. Ya paling gak gue bisa lulus on target, kalo emang itu yang papa mau.

Kadang sampe kepikiran, ini temen-temen gue masih mau temenan kan kalo gue sidangnya belakangan, wisudanya gak bareng? Separah itu. Sampe akhirnya mereka meyakinkan kalo gue pasti bisa ngejar sidang sampe wisuda bareng mereka. Biasa lah kalo udah overthinking terus insecure mulai merajalela. Pokoknya drama skripsian gue gak banget.

Back to the story,
Jam 10an gue udah kelar bimbingan dan gak sengaja liat Kak Asa lagi duduk di lobi sendirian jadi gue samperin deh.

"Kak AsuuuAaa" teriak gue sambil duduk nyeruduk bahunya

"heh yang bener aja manggil nama gue, jadi beda arti tuh" sewotnya sambil ngusap muka gue pake tangan raksasanya dan seperti biasa gue cuma nyengir.

LOWKEYTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang