🌜Puasa Pertama Zahra 3🌛

219 24 6
                                    

..

Zahra menjalankan puasanya dengan Aktifitas-Nya seperti biasa dan hari ini aku melibatkan Zahra untuk membuat menu berbuka nanti, Mas Alif meminta Es pisang Ijo sedangkan putriku itu meminta bolu Brownies.

Grup Whatsapp keluarga dari Bunda Aisyah sudah ramai menjadwalkan buka bersama di hari kedua puasa dan sedangkan berbuka puasa pertama untuk Quality time dwngan keluarga masing-masing, keluarga dari Malang pun sudah membuat jadwal tapi Aku belum memberikan hari pasti bisa pulang ke malang atau pun gresik.

"Umma kapan kita buat makanan untuk buka puasa? "tanya Zahra membuat aku menatap Putriku itu.

"sebentar lagi ya sayang"ucapku mengusap kepala Putriku itu.

Saat ini jam menunjukan pukul 1 siang dan tadi sekitar jam 11 siang Zahra menangis, bilang jika dia haus ingin minum awalnya aku akan memberikan tapi sebelum itu aku memberikannya penjelasan terlebih dahulu.

"Sayang, sebenarnya puasa untuk anak kecil itu tidak di wajibkan. Kenapa Umma menawarkan Zahra untuk ikut berpuasa, karna Umma ingin zahra belajar berpuasa karna kalau Zahra sudah baligh nanti puasa itu wajib untuk kamu sayang.

Dalam Al-Muhadzzab disebutkan:

وَأَمَّا الصَّبِيُّ فَلَا تَجِبُ عَلَيْهِ لِقَوْلِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: (رُفِعَ الْقَلَمُ عَنْ ثَلَاثَةٍ: عَنِ الصَّبِيِّ حَتَّى يَبْلُغَ وَعَنِ النَّائِمِ حَتَّى يَسْتَيْقِظَ وَعَنِ الْمَجْنُوْنِ حَتَّى يُفِيْقَ). وَيُؤْمَرُ بِفِعْلِهِ لِسَبْعِ سِنِيْنَ إِذَا أَطَاقَ الصَّوْمَ وَيُضْرَبُ عَلَى تَرْكِهِ لِعَشْرٍ قِيَاساً عَنِ الصَّلاَة
Artinya, “Adapun anak kecil, maka tidak wajib
baginya berpuasa, karena ada hadis Nabi SAW, 'Kewajiban diangkat dari tiga orang, yaitu anak kecil hingga ia balig, orang yang tidur hingga bangun, orang gila sampai ia sadar.’ Anak kecil berumur tujuh tahun diperintahkan untuk berpuasa apabila ia kuat, dan anak yang sudah berumur sepuluh tahun dipukul jika meninggalkan puasa, diqiyaskan dengan shalat,” (Lihat Abu Ishaq Ibrahim Asy-Syairazy, Al-Muhadzzab fî Fiqhis Syafi’i, [Beirut, Darul Kutub Ilmiyyah, juz I, halaman 325).
Sumber: https://islam.nu.or.id/post/read/90640/puasa-beduk-atau-puasa-zuhur-dalam-hukum-islam

Jadi sekarang sekarang seterah Zahra, mau buka sekarang atau nanti bareng Umma dan Abi"ucapku mengusap kepala Zahra penjelasan ku tadi membuat Zahra meredakan tangisannya.

Tiba-tiba gawaiku bedering dan vcall dari Mas Alif membuat ku langsung mengangkatnya.

📽

"Assalamualaikum Abi"

"Waalaikumsalam Umma, Umma lagi apa? Putri Abi mana? "

"Umma lagi santai di ruang tengah dengan Zahra, ini Zahra"

"halo sayang, gimana puasanya kuat gak? Lh putri Abi habis nangis ya? "

"iya bi, dia bilang haus dan Umma tidak memaksa Zahra berpuasa satu hari full"

"yaudah buka saja sayang, gpp kok anak kecil seperti Zahra itu tidak di wajibkan berpuasa Umma dan Abi mengizinkan Zahra ikut berpuasa karna Umma dan Abi ingin mengajarkan Zahra saja tentang apa itu puasa"

"Zahla mau puasa sampai nanti saja Abi, Zahla ingin menahan haus saja, Zahla mau buka puasa sama Abi dan Umma saja"ucap Zahla.

"serius sayang? masih lama lh waktunya magrib gpp Abi izinkan kalau Zahra mau puasa setengah hari, dan untuk Pahala Zahla tetap kok mendapatkan pahala"

MY LIFE ( ON GOING )Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang