Didiemin, error. Nggak diapa-apain, running.
Kayaknya emang kalimat itu jadi never ending quotesnya anak teknik informatika deh. Abis gimana ya, berurusan sama coding tuh jauh lebih mumet daripada kode kaum hawa tau nggak sih. Kalo kode cewek itu lo salah tapi mereka yang ngamuk-ngamuk, nah kalo kode komputer yang lo bikin salah malah lo yang ngamuk-ngamuk sampe rasanya lo pengen banting komputer saking keselnya.
Kok gitu, Ka?
Iya. Coba lo tanya anak TI seantero Indonesia Raya, pernah nggak sih mereka ngoding tapi nggak tau salahnya dimana tapi tiba-tiba eror? Pernah nggak mereka ngotak-atik coding yang tadinya eror tapi tiba-tiba bener sendiri padahal nggak diapa-apain?
Yakin gue 50% pasti bilang pernah. Sisanya? Makanan sehari-hari alias sering pake banget sampe kebawa mimpi. Pokoknya lo belum jadi anak IT sejati kalo belum ngalamin coding eror tiba-tiba dan running tanpa diduga.
Bahkan nih, ketika lo udah copy paste coding punya temen lo yang udah dipastikan running di laptopnya doi, bisa-bisa jadi error ketika dicopy ke tempat lo. Padahal lo udah bener ngetiknya, mulai dari tanda kurung, kapital dan nggak, sampe titik koma juga udah sama persis. Tapi anehnya masih eror di laptop lo.
Tau kali ya itu coding dapetnya pake cara nggak halal, jadi nggak mau running.
Kok lo tau banget, Ka?
Jelas lah. Gue sering ngelakuin kok hehe.
Sebenernya, alih-alih jadi programmer, gue punya cita-cita jadi teknisi pesawat. Weh, gokil nggak tuh? Bahkan dulu gue pernah pengen bikin pesawat sendiri setelah tahu gimana konsep dasar gerak angkat dan gaya berat pesawat.
Padahal itu cuma dasarnya doang. Masih jauh jalan gue kalo mau buat pesawat beneran.
Ya namanya juga bocah SMA. Masih fase-fase labil jadi manusia.
Dan setelah masuk dunia perkuliahan, gue mulai menyadari bahwa gue memang harus mengubur dalam-dalam Cita-cita gue yang agak nggak tahu diri itu. Ya gimana mau tau diri orang nilai fisika gue aja mentok di angka lima, pake sosoan bikin pesawat macam Pak Habibie. Gimana nasib penumpangnya nanti?
Sebenernya gue nggak bego-bego banget kok kalo soal eksak. Matematika masih bisa kok gue walaupun kudu mati-matian juga belajarnya biar nggak ngulang lagi di semester depan. Selama gue kuliah, satu-satunya mata kuliah berangka yang gue ingat adalah bilangan biner.
Tau nggak? Itu loh yang angkanya cuma 0 sama 1 doang berjejer panjang banget. Dan ironisnya gue sampe puasa makan telur sebulan karena bentuk telur yang mengingatkan gue sama angka nol.
Gajelas kan gue? Iya emang.
Bentar gue kasih contoh.
01010011 01100001 01101011 01100001 00100000 01100111 01100001 01101110 01110100 01100101 01101110 01100111
KAMU SEDANG MEMBACA
Start Up!
FanfictionKeseharian tiga belas programmer tampan dalam mengembangkan startup digital. - Lokal - Slow update