Ada yang tau siapa ayah seluruh manusia di bumi, manusia pertama yang diciptakan sekaligus pemimpin pertama di muka bumi, ada yang tau? Yap benar itu adalah nabi adam as seorang yang bertubuh setinggi pohon kurma yang menjulang tinggi dan berambut lebat
Oh iya tahu tidak kalo sebelum nabi adam diciptakan allah swt terlebih dahulu menciptakan malaikat dari cahaya arsy serta iblis dari nyala api.
Bumi sebelum manusia diciptakan pun pernah ditinggali oleh jin dan kalangan nya namun karena mereka berperang dan menumpahkan darah dimuka bumi allah mengirimkan sepasukan malaikat yang membunuh dan mengusir mereka ke semenanjung-semenanjung lautan.
Hingga suatu hari allah memberitahukan kepada iblis dan malaikat bahwa ia akan "menciptakan pemimpin di muka bumi" malaikat kemudian bertanya " apakah engkau ingin menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah disana" seperti yang telah terjadi sebelumnya. Allah menjawab " aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui"dari kebaikan yang besar dibalik diciptakan nya manusia.
Allah kemudian memerintahkan malaikat jibril untuk turun ke bumi untuk mengambil sebagian tanah dari sana, namun ketika malaikat jibril mau mengambil sebagian tanah dari bumi, bumi pun berkata
"aku berlindung kepada allah darimu" mendengar hal itu malaikat jibril kembali, dan mengatakan kepada allah " ya allah, bumi berlindung kepada mu, aku pun menjaganya". kemudian allah mengirim malaikat mikai namun hal yang sama terulang lagi. Dan allah pun kemudian mengirim malaikat maut ketika sampai di bumi, bumi mengulangi apa yang ia katakan kepad kedua malaikat sebelumnya, dan malaikat maut pun menjawab " aku juga berlindung kepada allah, untuk kembali tanpa menunaikan perintah alla' malaikat maut pun mengambil sebagian tanah dari permukaan bumi dari berbagai tempat dari tanah bewarna putih, merah dan hitam" namun ketika malaikat naik ke syurga tanah yang dibawa menjadi basah dan berubah menjadi ladzib( menempel satu sama lain)
Kemudian allah membentuk manusia dengan tangan nya sendiri selama 40 tahun kemudian allah mengajarkan segala sesuatu kepada adam seperti nama segala benda, dan perilakunya, hingga saat nya waktu untuk meniupkan ruh, allah berfirman kepada para malaikat dan iblis setelahkan aku meniupkan ruh ciptaanku sujudlah kalian semua padanya. Kemudian allah meniupkan ruh kepada adam, ketika ruh masuk ke kepala ia bersin, malaikat mekatakan ucaplah alhamdulillah allah pun membalas semoga rabb mu merahmatimu. Saat ruh masuk di kedua matanya ia melihat buah-buahan ia kemudian bangun sebelum ruh sampai di kedua kaki dan menghampiri buah-buahan syurga dengan terburu-terburu. Maka bersujudlah para malaikat kecuali iblis dia allah berfirman"wahai iblis apa sebabnya kamu tidak ikut sujud bersama mereka?" inlis menjawab " aku sekali-kali tidak akan sujud kepada manusia yang engkau ciptakan dari tanah liat kering dari lumpurhitam yang diberi bentuk " dia allah berfirman "kalau begitu keluarlah dari surga, karena sesungguhnya kamu terkutuk hingga hari kiamat" iblis berkata "terangkanlah kepadaku, inikah yang lebih engkau muliakan dari pada aku? Sekiranya engkau memberi waktu padaku kepadaku sampai hari kiamat pasti akan aku sesatkan keturunan nya kecuali sebagian kecil Dia (Allah) berfirman, "Pergilah, tetapi barang siapa di antara mereka yang mengikuti kamu, maka sungguh, neraka Jahanamlah balasanmu semua, sebagai pembalasan yang cukup.Dan perdayakanlah siapa saja di antara mereka yang engkau (Iblis) sanggup dengan suaramu (yang memukau), kerahkanlah pasukanmu terhadap mereka, yang berkuda dan yang berjalan kaki, dan bersekutulah dengan mereka pada harta dan anak-anak lalu beri janjilah kepada mereka."
Iblis kemudian dikeluarkan dari surga meninggalkan kedudukan mulia yang ia raih karena ibadah ketaatan dan ibadah.karena kesombongan, kedengkian dan menentang peritah allah. Allah berfirman "hai adam hampirilah golongan malaikat itu, sampaikan salam kepada mereka lalu perhatikan apa yang mereka ucapkan adam kemudian mengucapkan salam mereka dan mereka menjawab waalaikum salam allah berfirman itu adalah salammu dan keturunanmu adam bertanya lagi ya allah apa keturunan ku ?" allah mengusap punggungnya lalu dari punggungnya berjatuhan seluruh jiwa yang allah ciptakan diantara keturunan hingga hari kiamat adam pun bertanya "ya rabb siapakah mereka itu? Allah menjawab "mereka itulah keturunan mu" adam melihat seseoran lalu kagum pada kilauan cahaya yang ada diantara kedua matanya, adam bertanya siapakah itu" keturunan mu namanya dawud" adam bertanya berapakah usia yang engkau berikan padanya ?" allah menjawab "60 tahun" adam berkata ya allah tambahkan 40 tahun dari usiaku untuknya"namun saat sebelum wafat ia mengingkari kata-katanya sendiri
Setelah itu nabi adam tinggal disurga di berikan makanan yang nikmat, tidak pernah meraskan haus berpakaian yang baik, namun hanya ada satu larangan yakni mendekati pohon khuldi. Namun beberapa waktu berlalu nabi adam tinggal seorang diri tanpa ada teman allah pun menciptakan hawa di saat nabi adam tetidur sebentar, namun ketika terbangun ternyata ada seorang wanita duduk di dekat kepalanya ia diciptakan dari tulang rusuk adam. Adam bertanaya " siapakah namamu "aku seorang wanita "jawab hawa kenapa kamu diciptakan "agar kau senang. Para maaikat kemudian bertanya kepada adam karena mereka tahu adam memiliki pengetahuan yang luas " siapa namanya wahai adam" nabi adam menjawab "namanya hawa" "kenapa disebut hawa tanya para malaikat "karena ia diciptakan dari benda hidup jawab adam"
Setelah itu nabi adam hidup penuh dengan kebahagiaan di syurga bersama hawa. Namun iblis yang sudah terusir dari surga berusaha membisikan terus menerus kepada adam dengan berbagai macam cara namun adam dan hawa tidak pernah tergoda, sesekali ia membisikan kepada adam dengan berkata " tuhan mu hanya melarangmu berdua mendekati pohon ini agar kamu berdua tidak menjadi malaikat atau tidak menjadi orang yang kekal di surga dan setan bersumpah kepada keduanya bahwa sungguh aku ini benar-benar para penasihatmu. Setiap hari dengan berbagai cara iblis menggoda adam agar mendekati pohon tersebut hingga suatu hari mereka tergoda sehingga mereka berdua mendekati pohon itu dan memakan buahnya, tiba-tiba terbukalah aurat keduanya (padahal selama disurga aurat mereka selalu tertutup) dan mereka pun menutupinya dengan dedaunan yang ada di surga
Jika kita lihat versi ahli kitab " yang mendorong hawa memakan buahnya adalah seekor ular yang besar dan berbentuk indah, hawa memakan buah itu karena bujukan si ular, lalu memberikan buah itu kepada adam. Mereka terkaget karena aurat nya terlihat kemudian keduanya mencari dedaunan buah tin mereka gunakan sebagai sarung, diriwayat lain setelah auratnya terlihat adam berlari di surga, lalu rambut nya tersangkut disebuah pohon dan allah menyeru nabi adam " wahai adam apakah kau melarikan diri dariku" dabi adam menjawab "ya rabb aku tidak melarikan diri darimu tapi aku malu.
allah menyeru mereka "bukankah aku telah melarang kamu dari mendekati pohon itu dan aku telah mengatakan bahwa sesungguhnya setan adalah musuh yang nyata bagi kamu berdua " keduanya berkata " ya rabb kami telah menzhalimi diri kami sendiri jika engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami niscaya kami termasuk orang yang rugi" allah pun berfirman "turunlah kamu! Kamu akan saling bermusuhan satu sama lain. Bumi adalah tempat kediaman dan kesenangan mu sampai waktu yang telah ditentukan
Kemudian allah memerintahkan 2 malaikat mengeluarkan adam dan hawa dari dekatnya. Jibril kemudian melepaskan tiara dari kepala adam dan mikail melepaskan mahkota dari kening nya. Ada beberapa pendapat tempat diturunkan adam, hawa dan setan disini kami mengambil pendapat ibnu abi hatim dimana adam diturunkan di india, hawa di jeddah dan iblis di dustumyan. Sedangkan perihal berapa lama nabi adam berdiam disurga juga banyak perbedaan ada yang mengatakan 100 tahun ada yang mengatakan 60 tahun dan ada yang mengatakan 70 tahun.
Setelah diturun kan ke bumi, nabi ada mulai merasakan kesusahan, lapar dan dahaga disitu nabi adam senatiasa bertaubat kepada allah swt "ya rabb kami telah menzalimi diri kami sendiri, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi" dan setelah itu nabi adam pun hidup dibumi dan memiliki keturunan sampai manusia sekarangnya nabi adam diperkirakan hidup selama 930 tahun ada juga yang berpendapat 1000 tahun dan melahirkan 120 anak berpasangan hingga sebelum wafat ia telah bertemu dengan 40000 keturunan nya wallahualam
YOU ARE READING
NABI ADAM "MANUSIA PERTAMA DARI SURGA"
Non-FictionINI KISAH NABI ADAM SELAMA STAY DI SURGAADA