Bahaya Ghibah

63 5 0
                                    

🌾 BAHAYA GHIBAH 🌾

Rasulullah ﷺ bersabda :

Artinya : “Tahukah kalian, siapakah orang yang bangkrut itu?” Para sahabat menjawab ; 'Menurut kami, orang yang bangkrut di antara kami adalah orang yang tidak memiliki dirham dan harta.' Rasulullah ﷺ bersabda: 'Sesungguhnya orang yang bangkrut dari ummatku adalah orang yang pada hari kiamat datang dengan shalat, puasa, dan zakatnya, namun ia datang dalam keadaan telah mencaci-maki orang ini, menuduh orang ini, makan hartanya orang ini, menumpahkan darahnya ini, dan memukul ini. Maka diberilah kepada orang ini dari pahalanya dan kepada orang ini dari pahalanya, apabila pahalanya sudah habis, sementara tuntutan mereka banyak yang belum terpenuhi, maka sebagian dosa dari setiap orang dari mereka diambil dan dilemparkan kepadanya, kemudian ia pun dilemparkan ke neraka.'

📚 صحيح مسلم ٢٥٨١

Berkata Al Imam Az Zahid Umar bin Abdul Aziz rahimahullah :

“Kami mendapati para Salaf dan mereka tidaklah melihat ibadah hanya pada puasa, tidak juga hanya pada sholat, akan tetapi ada dalam menahan diri dari merusak kehormatan manusia, maka orang yang berdiri sholat malam dan berpuasa di siang hari, apabila tidak menjaga lisannya maka ia akan bangkrut pada hari kiamat.”

📚 التمهيد ( ١٧ / ٤٤٣ )

Diterjemahkan oleh
Abu Sufyan Al Makassary✍️

•┈┈•┈┈•⊰•❁✦✿✦❁•⊱•┈┈•┈┈•

Semoga bermanfaat 🙏

Jangan lupa Vote, Coment, dan Share ya 😊

Catatan Dakwah IslamiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang