Pengertian
Premis ialah kalimat atau proposisi yang dijadikan dasar penarikan kesimpulan di dalam logika.
Unsur Premis
Pada dasarnya, premis cerita hanya berisi 4 unsur utama, semuanya harus mengenai protagonis, yaitu:
1. Karakter :termasuk karakterisasi dan inciting incident (kejadian awal yang membuat protagonis harus bergerak menjalankan cerita).
2. Tujuan Tokoh : hal yang ingin dicapai oleh protagonis.
3. Halangan Tokoh : hal utama yang menghalangi tokoh mencapai tujuannya.
4. Resolusi : kondisi atau situasi terakhir yang dialami oleh protagonis. Sederhananya, apakah protagonis berhasil atau tidak dalam mencapai tujuannya? Dalam keadaan apa?
Rumus Menulis Premis
Nama karakter (karakterisasi dan inciting incident) ingin (tujuan tokoh) tapi (halangan tokoh) sehingga akhirnya (resolusi).
Contoh:
Anna (seorang anak kelas dua SMA dengan tiga orang adik, yang ditinggal mati oleh ayahnya karena serangan jantung) ingin (kuliah di fakultas kedokteran) tapi (tidak punya biaya karena ibunya sekarang menjadi ibu tunggal) sehingga akhirnya (menunda mendaftar di fakultas kedokteran untuk mencari uang, dan ia menyadari bahwa ia tetap bisa membantu orang dengan cara menjadi relawan di Yayasan Jantung Sehat).
Sumber : blog.storial.co
***
Nama : Pertanyaan
1. 🐋 || Tadi dituliskan, premis itu sederhananya garis besar cerita, maksudnya di sini, apa mencakup keseluruhan isi cerita yang disederhanakan begitu?🤔Aku kurang paham nanyanya gimana ya?😂
2. Sinta || terkadang kita kan bikin cerita, eh bukan kita sih lebih tepatnya ke aku. Nah biasanya aku kalo bikin cerita itu langsung bikin gitu aja tanpa bikin premisnya terlebih dahulu. Soalnya kalo bikin takut melenceng dari cerita yang aku buat, nah aku minta sarannya gimana bikin cerita biar nggak melenceng dari premisnya. Makasih💙
3. T-ara || Apakah unsur premis ini hanya tertuju pada protagonis saja? Kenapa antagonis tidak? Dan pada pengertian nya itu "dijadikan penarikan kesimpulan di dalam logika" emm.. maksudnya gimana? Kenapa bawa-bawa logika?😅😂
4. Gabriela || Bedanya premis sama outline itu apa kak? Bukannya sama" garis besar? 🧚🏻
5. Zahroh || Kak aku tanya, jadi kalo menjabarkan tuh cuma fokus ke tokoh utama doang?lainnya gak usah difokusin banget?
Jawaban
1. Sinta
Premis itu hanya garis besar dari sebuah cerita. Jadi, kalo kesulitan atau takut tidak sesuai di harapkan, buatlah premis sesingkat mungkin agar kamu tidak terbatas untuk menyalurkan ide ide-mu.
2. Leny
Garis besar itu gambaran ceritamu. Waktu kamu buat cerita. Kan biasanya tuh ada bayangan tokoh utamanya ngapain trus tujuannya apa dan gmna akhirnya. Nah hal itu disederhanakan dalam 1 kalimat yg klu dijabarkan ada nama tokoh, tujuannya ngapain, trs konfliknya apa, lalu akhirnya gmna. Sehingga kamu menyederhanakan segala gambaran cerita di pikiranmu menjadi satu kalimat. Kunci premis ini ya, 1 kalimat.
3. Ara.
Sebenernya dalam sebuah cerita kan kita terfokus untuk menjabarkan tokoh utama. Maybe emang yg lain juga ada tapi tidak perlu di buatkan.
Knp bawa-bawa logika?
Gini, kalau kamu baca cerita atau nonton film pernah nggak mempertanyakan kok jadi gini? Kok gitu? Ohh gini to.
Nah, kalau gak sesuai logika itu bakal buat pembaca kebingungan
4. Gabriela
beda premis ma outline. Jelas beda. Kalau outline dia banyak. Dan merupakan penjabaran dari alur. Klo dia novel memang kayak garis besar cerita. Cuma klo dinovel kan per chapter. Kalau premis. 1 story 1 premis.
Apa bisa berarti sama? Menurutku bisa. Klo outline memang garis besar tapi diruntutkan dan dijabarkan.
Sedangkan premis justru garis besar yg disederhana. Udah garis besar sederhana pula. Sederhananya dibuat 1 kalimat pula. Makin sederhana jadinya. 😁😂
Simpelnya bisa gini :
Gambaran ide - disederhanakan jadi Premis - dijabarkan lebih detail jadi outline.
5. Zahroh
Bantu jawab ya. Iya tokoh utama. Knpa tokoh lain gk difokusin?
Atau gk dibuatkan premis? Back to your story. Ceritamu, utamanya memang mau ceritain tokoh utama atau tokoh sampingan? Pasti tokoh utama kan. Sehingga yg perlu dibuatkan yg tokoh utama bukan tokoh lainnya.
Kalau tokoh lainnya dibuatkan premis jadi ceritamu bercabang. Gak fokus. Krn tiap tokoh punya premis.
Namanya juga cerita😅 pasti kalo d pokusin semua bakal jadi berapa puluh bab itu😂
KAMU SEDANG MEMBACA
Authorship Material
De TodoKumpulan Materi Kepenulisan yang di sampaikan dua minggu sekali di dalam Grup Belajar Menulis☺ Semoga materi yang di sampaikan dapat bermanfaat bagi yang membaca nya😊