Sebenernya kisah ini agak samar tapi gw coba terangkan sedikit agar tetap bersinar. Saat itu gw kedatengan seorang rekan yang dah cukup lama menghilang.. Entah ada angin apa tiba tiba hadir tanpa pemberitahuan. Ya iyalah jaman semono piye ngabarine. Bloom ada HP. Pake surat ribet. Ngirim merpati takut dikepekin ( di pikat oleh merpati lain ) ditengah jalan. Ha ha ha. Sobat gw ini namanya ari jiwan atau darus biasa gw panggil. Ni anak dulunya temen sekampung tapi karena orang tuanya pindah ke Pelabuhan Ratu ya mau gak mau harus ikutan pindah juga kesana.
Dia maen kesini ( rumah gw ) minggat dari rumah karena bertengkar hebat dengan bokapnya. Sempet kaget juga awalnya tapi setelah semaleman nginep dikamar suasana semakin cair. Ratusan kata yang terucap dari keluh kesahnya membanjiri ruang obrolan yang tak berujung. Simpati dengan kesedihan yang dialaminya gw ajak jalan dia sepulang sekolah. Lu disini aja dulu, Ntar pulang sekolah kita jalan. Kalo nenek gw nanya bilang aja lagi nginep. Tanpa suara dia hanya manggut manggut dalam kebingungan. Dah santai aja dulu. Gw jalan dulu yah.
Seragam putih biru yang membalut perjalanan akhirnya tiba disekolah. Setelah hampir 5 jam menimba ilmu saat yang dinanti akhirnya datang. Pulang sekolah gw biasanya nongrong ma si Aii ( Arka Latief ) di empang depan masjid Alwiqoyah tapi kali ini enggak. Buru buru gw langsung naek 02 dan balik kerumah. Banyak pertanyaan terlontar. Buru-buru amat si neg, Mo kemana.?? Ada urusan gw bilang. 254 SMP gw bisa batal tawuran kalo gw gak ada. He he he. Batal-batal dah.
Gw kasian ma temen gw. Sampe rumah gw langsung kekamar. Nampak dia masih tertidur pulas. Nenek gw alm. sempet bertanya. Nginep si ari.?? Bukannya sekarang tinggal disukabumi. ? Iyaa dari semalem. Emang gak sekolah. ?? Gak tau gw bilang. Ya udah suruh makan. Iyaa. Setelah mandi kita berdua langsung ke meja makan. Nenek gw alm. yang persis wartawati langsung memberondong darus dengan belasan pertanyaan. Rame-rame dah. Selesai bersantap kita langsung siap-siap.
Mo kemana lagi?? Ke Bogor. Ke Kebun Raya. Ya udah hati-hati. Ada ongkos gak. ?? Ada gw bilang. Inilah ajaibnya alm. nenek gw. Gak banyak ngomong gw langsung dapet tambahan ongkos. 10 ribu. Dehh gede buanget jaman segitu. Setelah cium tangan kita langsung bergerak menuju St. Up. Setelah nunggu sebentar akhirnya sang naga datang juga. Naik lalu cari lokasi aman dari para pembetak. Entah apa obrolan kita yang jelas begitu sampai stasiun Bogor kita langsung berjalan menuju lokasi yang dituju.
Gak sampai 15 menit kita sampai di loket. Bayar tiket lalu masuk menggapai kenyamanan. Jiwan yang masih sedih lama-lama tersenyum juga. Udara segar dan damai membuat obrolan bebas mengudara. Kepulan asap rokok dalam renyah senda gurau membuat waktu cepat berlalu. Niatnya cuma mo maen ke Kebun Raya Bogor aja awalnya. Entah pembicaraan apa yang jelas setelah puas ngiter-ngiter kebun raya kita bergerak menuju Ramayana Bogor ( BTM sekarang ) Setelah jajan gorengan dan es warna warni kita berdua naik angkot menuju Curug Nangka.
Jujur gw lupa detailnya. Initinya kita berdua banyak ngobrol ala remaja tanggung yang lepas dari aturan rumah. Ongkos kala itu terbilang sangat murah untuk ukuran sekarang. Kalo gak salah inget masih 500 perak./ orang. Gak balik dulu izin ma orang rumah ni kata si darus.. Akh nanggung. Dah biasa begini gw. Paling dah pada ngerti kalo gw ngayap ( main ) ke bogor mah. Gak lama kita sampai tempat yang dimaksudkan. Bayar ongkos lalu pergi dan berlalu. Jalanan kala itu masih tumpukan batu-batu yang disusun sebagai alas langkah dan kendaraan. Setelah belanja sedikit keperluan kita langsung menuju Buper Curug Nangka.
Suasana mulai gelap. Pelan tapi pasti siang mulai digantikan oleh malam yang datang mencengkram. Barisan rerumputan nampak memagari sisi kanan jalan ( sekarang hotel ) Tak ada rumah kecuali dipertigaan jalan menuju Kali mati dan Curug nangka. Biasanya rumah ini pasti ramai. Selain ada cahaya dari lampu petromak tempat ini juga merupakan warung kopi yang cukup murah. Posisinya yang berada diluar area buper menjadikan tempat ideal untuk singgah sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.
KAMU SEDANG MEMBACA
Kumpulan Cerita Horor Nyata
TerrorBerisi kisah-kisah nyata para pendaki dan kisah horor lainnya