Pendakian Ciremai gw lakukan persis 7 hari turun dari Merapi. Nafas gw bloom teratur bener tapi gw dah harus balik lagi angkat keril. Panjul yang saat itu baru kelas 1 mau naek kelas 2 lagi keranjingan naek gunung. ( sebelum era rental PS ) Ni anak emang dah kaya adek gw. Sebelum saban hari tidur di PS saban hari ni anak dah tidur dikamar gw. Almarhumah nenek gw sampe sampe apal ama ni bocah.. He he he. . Kamar gw emang kaya kost-kostsan jadi siapapun orang yang dah kenal deket sama gw pasti tau dimana gw naro kunci kamar. Sebelum gw naek merapi sebenernya gw dah janji ma dia bakal nenemin dia naek Ciremai tapi karena ceng-cengan ma si Geboy akhirnya gw brangkat duluan ke Merapi. ( coli njul gak ceng ngaja gw )
Alesan apa aja, kaga kena ama ni bocah.. Malah nekat mau berangkat sendiri.. Lha gw kagak enak ma bokapnya kalo ada apa apa. Secara bokapnya tau kalo dia naek gunung pasti jalannya ma gue.. Ya udahlah besok kita berangkat. Sebenernya naek Ciremai enakan naik bus Pasar Minggu-Kuningan tapi karena ni bocah mabokan akhirnya kita naek kereta ke Prunjakan. Pas lagi packing temen gw anak ISTN nongol. Dia nanya mau naek kemane lo nge. Ni bocah sarap minta anter ke Cireme. Gw ikutan dong katanya.. Ya udah buruan sono peking kita naek kereta ke Prunjakan. Nunggu 2 jam si dikdoy akhirnya nonggol. Biasa pamit dulu ma Almarhumah nenek gw baru kita semua chau ke St senen. ( Koreksi nama stasiunnya yg bener Parujakan/prunjakan sih. he he he Ingetan gw mah prunjakan beda dikit gpp yah )
Dik doy mah seneng banget naek kereta karena dia punya kartu khusus dari bokapnya yang pegawai PJKA. Dulu masih jaman karcis tebel yang bentuknya kotak kaya kartu timezone. Ritualnya masih sama UP-Cikini. Cikini-Senen. Senen-Prunjakan. Keretanya juga Tegal Arum.. Biasa murmer. Goceng bisa sampe Cirebon. He he he. Sampe Prunjakan sekitar jam 7 an. Lagi jalan mau cari angkot ke terminal kita di cegat barisan tukang becak. Semi semi begal mereka maksa kita naek beca.. He he he.. Ya udah 2 becak ceban gimana..?? Wah gak dapet mas.. Logat kental pantura dari tukang becak biking gw ngakak .Ya udah kalo gak mau.. Kita bukan orang mau mudik nih tapi mau naek gunung.. Gunung apa yah..( logat pantura yang kental ) itu gunung Ciremai.. Masya Allah itu gunung angker banget.. Kok samean brani. Udeh mau gak ceban 2 becak.. Ya udah jadi.. Masse mau naik Ciremai sih.. He he he.. Sambil nyanyi nyanyi lagu pantura roda roda becak bergerak meniggalkan St Prunjakan menuju Terminal Cirebon.
Mobil ELF jurusan Cirebon-Kuningan ngetemnya lame betul. Hadehhh nunggu ngetem mobil sepertiga waktu Jakarta-Cirebon. Ya udah pegimane lagi. Panjul ma Dickdoy dah mangap. Sue banget dah akh kaga jalan jalan ni mobil. Setelah 2 jam akhirnya ni mobil bergerak juga. Angin semilir yang menggerayangi mata dengan lembut biking gw ikutan mangap .. Huamm kemudian lep dalam gerak laju kendaraan menuju Linggarjati Kuningan. Entah brapa lama kita terlelap karena tiba tiba sepasang tangan kasar dan berbulu menyentuh pundak gw.. Bangun mas dah sampe.. Owhh segara kita angkat gembolan kita dan turun. Masih ngantuk ngantuk gw baca buku sakti gw. Buku Petunjuk Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Naek Gunung.. He he he. Blom ada HP jadi bawanya buku nota berisi catatan tentang kondisi jalur serta medan Ciremai secara detail.
Karena dah gak ada Angkot akhirnya kita jalan kaki menuju Cibunar. Setelah hampir dua jam jalan kaki menembus gelapnya malam akhirnya kita tiba di pertigaan jalan. Tengak tengok gelap semua tetapi samar samar nampak disebelah kanan jalan ada bangunan yang dipenuhi oleh stiker stiker pendakian. Pala Pala dan lain lainnya. Akh ni kayanya warung biasa tempat nongkrong anak anak pendaki. Bener aja besoknya pas subuh keluar pemiliknya yang sudah cukup usia. Beliau adalah pak Mamat. Beliau heran sebab 1 hari lagi mau puasa kok baru mau naek Ciremai. he he he. Ngabuburut pak.. Puasa ja beloom ngabuburit . Ya kan ngabuburut bukan ngabuburit.. he he he he.
Setelah mendapat berbagai petuah dan nasihat dari beliau kita di ijinkan naik. Biasa sebelum naik pasti kita chek n richek dulu semua kelengkapan dan logistic. Setelah semua dikoreksi dan memenuhi SOP kita langsung chau menuju medan tempur. Tentunya setelah ngupi dan makan nasi uduk hangat dari warung pak mamat.
KAMU SEDANG MEMBACA
Kumpulan Cerita Horor Nyata
HorrorBerisi kisah-kisah nyata para pendaki dan kisah horor lainnya