Sumbing-Sindoro 2015 (Finishing)-Teebukanya cerita-cerita yang dipendam

115 6 0
                                    

Malam itu walau base camp kledung ramenya kaya pasar kaget gw tidur pake nyenyak. Kira kira jam 4 pagi pas udara lagi dingin dinginnya gw bangun. Deh perut gw laper banget romannya nih. Bongkar keril logistik dah kelar.  Duh gimana nih. Kebetulan disamping gw ada anak Bekasi baru sampe. Rejeki emang gak kemana. Bang.. Gorengan bang. Hadew..  Pura pura malu gw alihin pembicaraan tapi tangan nyomot juga. Ha ha ha ha gak berasa kelar 3 potong. Mereka cuma berdua dan rencananya mo tektok dipagi hari ini. Setelah basa basi gorengan naek 2 potong lagi. Gak lama mereka pamit karena mo segera naik. Gorengan masih sisa dua tuh gw bilang. Udah bang buat abang aja kata mereka. Wahh lau pada gak laper apa. Enggak bang masih ada sekantong lagi nih. Hu hu hu hui..

Ya udah gw simpen diperut gw yah. Oke bang. Jalan dulu kita bang. Doain lancar. Pasti gw bilang. Sukses bwat lo berdua. Saat itu kurang lebih jam setengah 5 pagi. Setelah mereka menghilang dari pandangan pepeng ma odon bangun. Nge bus jam berapa kejakarta.?? Jam tujuh-an peng. Ya udah tolong bangunin ugay kita siap siap.  Oke sip. Ugay yang masih terlelap segera terbangun dari tidurnya. Ayoo bus jam tujuh-an gw bilang. Males malesan dia bangun lalu cuci muka. Odon ma pepeng dah ready. Setelah chek n richek kita segera meluncur keluar bc. Nunggu angkot trus bablas menuju terminal wonosobo. Sepanjang jalan kita molor lagi. He he he.

Entah berapa lama akhirnya kita sampai. Terminal masih sunyi sepi hanya kesibukan para awak bus dan penumpang yang hendak bertolak menuju Jakarta. Setelah urusan tiketing selesai kita nyantai lagi. Bus berangkat jam 8 pagi. Sambil mencari warung makan akhirnya kita berbincang bincang tentang pendakian kemarin. Lo mo cerita apaan don.? Kita dah mo balik ke jakarta nih. Emang lo liat apaan di Watu kotak.?? Gw liat orang nge dibawah. Sendirian. Gw perhatiin terus. Dia duduk nyantai aja dibatu. Trus gak lama kan kabut tebel tuh sebentar. Pas kabut ilang dia juga ilang. Bloom sempet mikir tau tau bulu kuduk gw merinding makanya gw buru buru kabur ke ujung watu kotak sama si Djarut. Djarut liat gak.?? kagak dia mah. Cuma gw bilang ayo buruan. Udah gitu pas lo dateng lo langsung bilang.

Lu duluan semua tunggu gw di pasar setan. Muka lu serius banget ngomongnya. Wahh pasti ada apa apa nih bathin gw. Cocok.. Gw yaqin pasti lo ngeliat juga. Dari puncak gw dah liat don. Cuma gw masih ragu.?? Makanya gw ketinggalan dibelakang tuh gw naek dulu kepuncak buntu. Penasaran gw. Bgitu nyadar kita mau dipisahin gw buru buru balik negejar lo pade. Pepeng langsung nyamber, Itu nge pas kita misah gw kan ma si godrong. Buset feeling gw dah gak enak banget. Ini kabutnya tebel banget. Jarak pandang terbatas. Gw jadi nget cerita lo soal kabut waktu lo naek salak. Anjrit merinding terus gw sepanjang jalan. Kaya ada yang ngikutin dibelakang. Pas gw nengok gak ada siapa siapa. ?? Dah gitu si gondrong mo-nya istirahat mulu. Pelan pelan gw dorong terus sampe kita ketemu dibawah batu.

He he he. Gw gak lewat situ peng. Gw lewat pecahan jalur yang kiri bukan yang mepet watu kotak. Awalnya gw pikir elo. Makanya gw nyantai aja. Pas ngeh gak ada orang. Sialan merinding pala gw. He he he. Trus lu liat apalagi don.?? Cuma itu doang nge. Ohh kalo elu gay. Gak liat apa apa sih gw lagi disumbing tapi pas disindoro anjrit semaleman suntuk gw lihat cewek toketnya gede. Pake kancut doangan. Rambut acak acakan bolak balik diatas tenda. Makin gw meremin makin jelas. Ha ha ha ha. kolong wewe tuh. Naksir kali ma elo. Dih mait amit kata ugay. Waktu lo ama gondrong gimana nge. Dah parah peng. Pas gw ma dia mah. Itu sosok ada dibelakang gw. Sigondrong juga liat tapi dia gak ngeh kalo itu bukan manusia.

Dia malah bilang. bang itu yang dibelakang suruh jalan duluan aja. Kaki gw kena nih jadi rada lama jalannya. Lha iya gw bilang. Udah jalan aja. Biarin aja dia. Si gondrong ampe 2 kali berenti sambil ngomong. Bang jalan aja duluan. Hedeh merinding juga pala gw. Gw suruh jalan aja terus. Biarin gw bilang. Sepanjang jalan gw shalawatan aja. Deh ni mahluk extereme banget sih siang siang bgini pake acara nongol. Sampe mana lo diikutin nge.?? Sampe sebelum pestan. Pas mo masuk pestan dia belok trus ilang. Nah si godrong baru ngeh. Pendaki dibelakang kita mana bang?? Boker dulu kali dia. Udah jalan aja. Makanya begitu sampe pestan gw bilang kita harus segara turun. Hawanya gak asik. Si gondrong kayanya yang diincer buat digangguin.

Malam pertama waktu ngebase dipestan aman kan peng. Aman biar sepi juga. Justru siang siang yang hawanya horor banget. Ujan kabut kali ya. Kata si odon. Bisa jadi gw bilang. Namanya juga digunung. Apa apa yang kadang kita gak bisa lihat atau rasakan kadang terlihat atau terasa. Emang gak semua orang bisa liat atau rasakan tapi bukan berati hal hal begitu tidak mungkin terjadi didalam pendakian kita. Makanya gw suka ketawa kalo ada orang bilang selama naek gak pernah takut atau lihat hal hal yang sering gw ceritakan. Nah elo ya elo dengan cerita dan kisah lo. Gw ya gw. Kalo mau adu aku akuan yang ada perang komentar. Jiah gw mah ogah.!! Lo aja gidah ma keluarga lo yang metal metal. Kaya orang diri dibatasi tembok tapi ngotot dengan sudut pandangnya masing masing. Ha ha ha.

Kagak nyambung lah walaupun sama sama tembok tapi apa yang lo liat dari sisi lo gak bisa disaksikan oleh manusia yang ada disisi lain dari tembok tersebut. Penglihatan lo dan perasaan lo beda karena sudut pandang yang berbeda. Trus lo pada mo ngotot ngototan soal sudut pandang itu. Ha ha ha ha. Wake up bro. Dunia terlalu luas untuk beraku aku. Kita memang sama sama pendaki tetapi apa yang kita rasa dari penglihatan dan perjalanan itu tak akan pernah sama satu sama lainnya. Beda waktu beda hari beda jam bisa menimbulkan nuansa yang berbeda. Lo naek gede kena ujan gak. Alhamdulillah enggak . Wah gw abis dihajar badai coy. Lha padahal gw naik minggu kemaren. Lo naek kapan.? Kemaren 2 hari yang lalu. Sama gunungnya sama jalurnya tapi beda rasanya.

Kira kira paham kan guys. Dunia ini terlalu luas jika menilai sesuatu berdasarkan sudut pandang aku. Setan. Ilu Ilu. Banaspati Tuyul dan Kuntilanak memang ada. Itu didunia mereka. Ada yang bisa rasa dan lihat. Ada yang bisa merasakan saja dan ada juga yang gak bisa ngerasa dan ngelihat sama sekali. Semua itu normal asalkan jangan beradu pandangan dari masing masing sudut pandang. Gak nyambung bray.. Ho ho ho. Gunung melatih kita untuk menyadari keragaman dari sudut pandang yang paling tinggi. Why. Karena dari ketinggian. ( Akhlaq dan Budi pekerti ) kita bisa menghargai dan memahami bahwa masing masing yang telah tercipta dalam penciptaan mempunyai haq dan tugasnya masing masing. Begitu juga manusia. Kalo semua berdasarakan aku. Profesor yang ilmunya segudang juga jadi goblok dihadapan kita.

Pemain bola yang hebat atau apapun berdasarkan skil individu dan kemampuan alaminya menjadi tiada arti akibat kebodohan beraku aku. Aku itu milyaran dan masing masing aku menjadi miliaran profesi dan pekerjaan dengan sudut pandang ilmunya masing masing. Kuli bangunan mana bisa liat jantung manusia walaupun dikasih alat ronsen sekalipun. Tau mungki iya. Tapi ya cuma sekedar tahu. Tidak mengerti apalagi memahami cara kerja jantung yang sesunggnya. Begitu juga sebaliknya dan seterusnya. Subhanallah ternyata alam itu guru yang hebat yah,. Semoga kita semakin mengerti dan memahami arti pendakian kita sendiri. Ini caraku. Berkaryalah engkau dengan caramu. Deh jadi ngelantur kemana mana nih.. He he he. Kembali lagi ke laptop. Kisah sumbing dan sindoro berakhir dengan kenangan manis. Setelah 12 jam berada didalam perut bus akhirnya kita tiba dijakarta. Ngudud ngupi bentaran akhirnya kita kembali kerumah masing masing.

Sindoro-Sumbing 2015

Kumpulan Cerita Horor NyataTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang