Binaya (Piliana-Teleuna) Part 3

114 6 0
                                    

Malam berlalu dengan cepat. Sesekali nyamuk datang dan mengganggu mimpi gw. Hedehh.. untung kak rum juga melek. Kak saya lihat Kakak bawa autan.?? Bagi dong kak. Ambil itu ditas orange kata beliau. Gak banyak cincong gw langsung ambil. Balurin di kuping dan tangan.. He he he.. Putus hubungan ma nyamuk. Mate Kon. Ha ha ha. Puasa puasa dah lo. Bye bye nyamuk.. Gak lama gw lep dan bangun kira kira pukul 6 WIT. Ikut gak kak..?? Mo kmana kata kak rum. Pepsi gw bilang. Kamar mandinya. piyee ?? Bagus kak. Ya udah aku ikut kata kak rum. Acara kencing kencingan beres.

Suasana desa Piliana pagi itu nampak lengang. Samar samar terlihat lautan yang membiru dibawah langit. Jajaran bukit dari hijau hingga biru nampak memagari desa dengan indahnya.. Akh manteb banget dah.. Biasalah.. Tarik sebatang.. Sundud.. Djarum Super emang edan..!! Gak lama datang seorang laki laki. Dengan logat kental Maluku dia perkenalkan dirinya. Abang saya martin. Saya porter abang. Ohh oke bang. Bentar yah saya beberes dulu. Iya bang. Katanya sambil melihat gaya pekingan gw. Kelar peking kopi datang bersama pisang goreng yang hangat. Weit asik nih. Gak pake malu langsung hajar. Saya cicipi ya Bapak Raja.. Sambil tersenyum lebar beliau mempersilahkan kita untuk menikmatinya. He he he. Beuhh 5 potong kelar coy.. Kayanya kurang nih.. Beri lagi bray..

Kelar acara ngupi Bapak adat datang.. Dengan bahasa yg agak sulit kami pahami beliau mengajak kami berbincang bincang.. Uhuii iya iya aja kalo gak manggut manggut.. Gak lama Bapak Raja datang dan komunikasi agak cair. Setelah mengeluarkan wadah sirih dan pinang kami diminta duduk sejajar dan berhadap hadapan dengan beliau. Mulailah acara sakral ini. Pertama tama kita di minta menyebutkan nama lalu niat dan tujuan. Kemudian dengan bahasa yang tidak kami mengerti beliau berdiri dan nampak berbincang bincang dengan sesuatu. Emejing bro. Setelah selesai bapak adat meminta kita untuk mengunyah sirih dan pinang hingga berwarna merah di lidah dan bibir kita.

Setelah di rasa cukup kami diperbolehkan untuk membuangnya. Lanjut sesion petuah serta penutupan yaitu Bapak adat menyentuh dadanya lalu dada kita kemudian dipeluk lalu pegang kepala. Selesai acara kak rum diberikan buah pinang untuk diletakan di puncak Manukupa. Alhamdulillah.. Semua lancar. Setelah berpamitan dengan Bapak Raja dan Adat kami bersiap untuk melangkah menuju track Binaya. Martin dengan bebannya nampak melaju tenang di susul kak rum dibelakangnya. Jalan cor coran halus yang membelah desa Piliana mengantarkan kita pada tangga batu depan rumah seorang guru.

Bismillahirohmanirrohiim. Nampak jalur berbatu menyambut langkah awal kami. Setelah melewati rumah terakhir. kita langsung disambut pohon rubuh dan jalur becek dan lengket. Biasa ceprat cepret dulu bentar. Lewat areal kebun cengkih jalur keras kembali oleh bebatuan kapur. Areal mulai terbuka. Untung cuacanya mendung. Coba itu kalo panas.. Wadeh dijamin jadi ikan asar kita. He he he. Disekitar ini ada pecahan jalur. Ambil lurus jangan kekiri.

Ahai jalur kering hanya sesaat. Curah hujan yg tinggi di piliana telah merubah jalur menjadi lumpur lengket tanah berkapur. Ho ho ho. kondisi ini akan terus kita temui sepanjang sisi utara gunung Binaya. Kira kira setengah jam kedepan diantara pohon pohon sagu jalur terpecah kembali. Ambil kanan lalu turun sedikit gak lama kita akan menemukan jembatan batang pohon pertama. Mo gaya gayaan lewat boleh atau pilih jalur agak menurun super becek penuh duri juga boleh. Eh kayu ini kayaknya yang aku lihat di Youtube. Kata kak rum. Gw manggut manggut aja. Hutan dataran rendah cendrung panas hawanya. Gak cuma itu. Nyamuknya ganas-ganaa eung.. Uhuii ngang nging ngung aja di kuping. Jalur tetap becek dengan kemiringan slow. Vegetasi tetap didominasi oleh alang alang serta pohon sagu dan durian hutan. Sayang bloom musim duren. Coba ini kalo Mei-Juni. Dijamin pesta duren kita. Salah bulan euyy.

Disini kita break dulu. Bang break dulu bentar. He he he. ngos ngosan juga gw. Sepertinya aku butuh tongkat kata kak rum. Bang maaf bisa carikan tongkat buat ibu gak. Sambil tersenyum lugu martin mengangguk. Masuk semak sebentar balik lagi bawa tongkat kayu yang kuat dan lurus.. Mantab kak. Kak rum nampak sumringah dengan tongkat barunya. Kelar ngudud kita bergerak lagi. Kira kira setengah jam kemudia kita kembali menemukan jembatan kayu dengan sungai kecil dibawahnya. Inilah Ai titimula. Sungai pertama dari 4 sungai yang akan kita temui sepanjang Jalur Piliana-Yamitala. Vegetasi semakin rapat dan basah. Kemiringan tetap slow walau becek semakin menjadi. Edan gerah banget rasanya. Ni utan lebat tp gk ada dingin dinginnya. Lepas jembatan pohon ke dua kira kira 40 menit kedepan kita akan menemukan pecahan jalur. Satu lurus ikut punggungan satu lagi belok kiri arah lembah menuju dasar sungai. Ambil kiri. Arael ini bernama Ai Tampayang. Disini kita break lagi. Biasalah. Tarik sebatang.. Sundud.. Gile bener. Djarum Super emang edan. Ha ha ha asik banget disini. Hawanya mulai sejuk. Lepas ambil vidio dan gambar kita bergerak lagi. Mantap.. kini kita susur sungai..

Kumpulan Cerita Horor NyataTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang