Setelah selasai mendaki Binaya sebenernya gw ma kak rum punya target yang tak kalah mantab yaitu Gunung Lattimojong. Tetapi berhubung gempa dasyat melanda pulau Ambon pada 26 September 2019. Target berubah total. Bencana alam yang terjadi atas kehendak Tuhan dibelahan Indonesia timur telah merubah arah sejarah menjadi pertemuan mesra 2 sahabat lama yang hampir 22 tahun tak pernah berjumpa. Bagai aliran air. Lawu yang tak terpikirkan didalam benak malah mencuat tajam dibalik perjalanan pulang. Setelah 4 hari 4 malam terombang ambing didalam megahnya samudra biru akhirnya KM Dobon Solo yang mengangkut kami tiba di Kota Pahlawan Surabaya. Tanjung perak adalah daratan pertama yang kami jejaki sebelum akhirnya berpisah di terminal Bungur asih. Kak rum lanjut ke Jogja dengan menggunakan KA eksekutif sementara gw tertahan di kota Surabaya karena harus mendapatkan HP yang menjadi korban keganasan gempa tempo hari. Setelah melepas Kak rum gw segera bergerak ke rumah Tomi Harpan Sakti didaerah Ketapang Sidorajo. Berfikir gw gak lama disini maka barang gw tinggal disalah satu penginapan disekitar terminal. Jalan dikit. Cari ojek trus langsung cus menuju rumah tomi.
Gak lama gw sampe lokasi.. Akh bener aja pejuang malam kita masih tertidur pulas disini. Setelah mengucapkan salam dan basa basi dengan ibundanya gw dipersilahkan masuk oleh beliau. Baru sampe dek. ?? Iya bu tadi jam 10 sandar di Perak. Istirahat, makan trus langsung ke Bungur asih. Barangnya mana.?? Saya tinggal dipenginapan bu. Saya gak lama kok di Surabaya. Lagi asik asik ngobrol tiba tiba tomi bangun. Cukup terkejut dia dengan kehadiran gw. Ehh bang kapan nyampenya ente.?? Baru tom. Gak enak gw ma elo kalo gak mampir lagi. Kemaren pas jalan lau lagi molor masa gw balik pamitan lewat WA lagi. He he he. Biasalah ngobrol ngalor ngidul sambil becanda becanda akhirnya tomi keluar sebentar. Mo kemana ente tom.?? Beli bakso dulu bang.?? Oke sip gw bilang. Gak berapa lama dia dah kembali membawa 3 bungkus bakso yang masih hangat. Gilaa Sidoarjo panas banget siang itu. Kelar makan gw pindah lokasi kedepan rumah yang agak adem. Beuh abis madang ora udud.. Mana asik coy. Biasalah.. Tarik bungkusnya.. Ambil sebatang.. Sundud. Gokil Djarum super emang edan tenan rek. Sambil ngudud gw sampein maksud gw ma Tomi. Ohh sip bang ntar kalo dah ademan kita cari. Adehh padahal gw dah pengen buru buru megang HP. Nampak seraut wajah indah yang selalu hadir dalam bayangan gw menari nari bersama indahnya khayalan. Uhh bijimane lagi. Oke tom. Walau hati gw dah gak sabar akhirnya gw larut dalam obrolan.
Kelar makan es dawet yang lagi naek daun akhirnya gw bilang lagi ma tomi. Tom ayo akh dah adem nih. Adeh.. Hasrat untuk segera memiliki HP semakin menggila. Edan ngapa kangen bener gw ma dia. Matahariku sabarlah sebentar lagi kita akan berlayar didalam obrolan yang mengasikan. Roda-roda motor mulai bergerak menyusuri jalan aspal mencari toko atau counter HP. Niatnya gw mo beli HP second tetapi berhubung ada HP baru yang harganya pas ma kantong pendaki dekil kaya gw. Pilihan langsung gw jatuhkan kesitu. Biarin deh murah yang penting bisa vidio call dan nelp matahariku yang selalu mempesona. Uhui tanya jawab masalah speck kelar. Bayar lalu aktifasi WA. Alhamdulillah suara merdu dari seraut wajah indah nan rupawan langsung terbayang jelas. Kemana lagi bang.?? Balik ajalah. Lo juga mo siap siap dagang kan. Iya juga sih. Tanpa menunggu lama kita segera bergerak kembali ke rumah tomi. Baru sampe gw langsung tekan bintang untuk meraih matahari. Akh mantab merdu sekali suaramu sayang. Kelar nelp tiba tiba Dejan Sigitovic alias sigit nongol didepan mata. Wow kemana aja bro. Sibuk..?? Iya bang namanya juga kerja ekspedisi ya gini deh. Biasalah kita pasti ngobrol ngalor ngidul sebelum bersama sama menuju gupak perdagangan milik tomi dipasar wage. Ha ha ha ada juga gupak menjangan kali bang bukan gupak perdagangan. Maksain aja lo mah. Biarin napah.!! Biar ada wangi wangi cetonya.. Ya elah menteng mentang mo naek lewat ceto lu bang. Jiah sotoy lu akh.. He he he..
Sampe lapak tomi lom dateng. Rambut gw yang mulai gondrong mengembang harus segera gw rapihin. Wew pas banget didepan lapak ada tukang cukur. Git bentar yah gw rapihin rambut dulu nih. Oke bang kata sigit. Tanpa ragu gw segera melangkah kesana. Mas rapihin yah tapi jangan pendek pendek rapihin aja. Siap mas. Gak lama duduk diatas kursi cukur sambil menikmati tarian gunting ahirmya semua selesai. Sambil ngaca pikiran gw melayang jauh menembus matahari yang telah berubah menjadi jutaan bintang. Akh lumayan juga cukurannya. Bayar langsung balik lagi ke lapak. Sidorajo sore itu 1 oktober malam telah menggeser senja menjadi temaram. Diantara bisingnya kendaraan gw, tomi dan sigit terlibat obrolan multi topik yang mengalir bagai gelap menyelimuti malam. Katanya mas hendra mau kemari bang.?? Iya nih dah gw kabarin juga. Badan gw yang lengket dan demek akibat mandi keringat sepanjang siang tadi membuat berasa lepek oleh minyak. Duhh lama banget sih mas hendra. Tom gw balik dulu dah ke penginapan. Gila gatel banget badan gw nih. Ntar kalo hendra kemari kabarin gw aja. Oke bang kata tomi. Sigit yang kebetulan mau berangkat akhirnya ngantar gw ke penginapan Dharmawaty Home Stay dipinggir terminal Bungur Asih. Edann tumben tumbenan macet jalanan. Tiap sore emang pasri macet disini git.?? Iya bang soalnya ini jalan alternative yang tembusnya kemana mana. Waktu tempuh yang biasanya cuma 5 menit molor jadi 15 menit.
KAMU SEDANG MEMBACA
Kumpulan Cerita Horor Nyata
HorrorBerisi kisah-kisah nyata para pendaki dan kisah horor lainnya