Tahun ini adalah tahun ketiga Gue sekolah di Nusa Jaya Boarding school setelah sebelumnya gue nyaris gak bisa ngerasain tahun ini karena nyaris D.O alias 'Drop Out'. Ternyata, masalah nilai Matematika dan Penjas Gue yang cuma 6,7 itu bisa mempersulit Gue untuk merasakan tahun ketiga Gue di sekolah beken ini. Meskipun sebenernya, Gue dengan senang hati pindah, Gue udah gak tahan sama sekolah ini.
Hari ini adalah hari minggu dan pagi ini gak ada kegiatan di sekolah. Tumben banget gak ada kesialan yang bikin hidup Gue ngenes pagi ini seperti mati lampu pas lagi mandi, yah pokomya segala macam yang bikin hidup Gue biasanya ngenes-lah. Hari ini semoga jadi hari keberuntungan Gue, semoga.
Gue coba jalan-jalan di sekitar sekolah gue, jarang-jarang Gue mau ngeliat sekolah saat gak ada kegiatan. Padahal, kalau ada kegiatan Gue malah berusaha kabur, bolos jam pelajaran, atau tidur dikelas. Pantes Gue dapet peringkat terakhir di kelas. Saat gue lagi jalan-jalan, tiba-tiba gue ngeliat malaikat tanpa sayap lagi berdiri di depan mading. Siapa lagi kalau bukan pangeran pujaan hati Gue, Rian. Dengan segenap keberanian dan setitik rasa malu Gue, Gue memberanikan diri untuk maju, sekarang Gue lagi berdiri di samping Rian. Begonya, ternyata keberanian Gue udah habis cukup sampe gue berdiri di sampingnya doang. Sekarang bahkan tubuh gue udah gemeteran bukan main. Rian serius banget ngeliatin madingnya, gak tau apa yang dia baca.
"eh, lo lagi ngapain?", Sumpah demi apa? Mimpi atau ngayal Gue dipanggil ama Rian.
"hello?", panggil Rian lagi sambil ngelambai-lambaiin tangannya di depan mata Gue, sumpah tangan Rian wangi banget mau pingsan Gue nyiumnya.
"eh, itu gue lagi baca itu", jawab gue gugup, padahal Gue gak tau apa yang lagi dia baca. Semoga Gue gak ngelakuin hal yang bego.
"Lo ikut juga?", tanya Rian lagi.
"hah? Oh iya", duh, firasat Gue gak enak deh asal nyeplos gini. Tapi, otak Gue gak bisa mikir. Terpana Gue sama kegantengan Rian.
"oh ya? Bagus tuh kebetulan Gue sama Amel ikut juga", nyesek deh Gue inget aja si Rian ama si Amel. Padahal, ya iya sih Rian kan nge FANS banget sama si wanna be Amel.
"lo, ikut juga?", tanya gue basa-basi. Yah, lumayan nambah-nambah durasi ngomong ama Rian. Secara, kapan lagi Gue bisa ngomong ama dia.
"sebenernya, gue males. Cuma, pas gue tau amel ikutan gue juga jadi pengen ikutan, deh. Konyol ya?"
"iya... eh, maksud gue, enggak kok. Malah bagus, romantis", asli, Gue pengen ngegaruk tembok dengernya.
"oke, sampe ketemu nanti siang ya di aula", Rian, beranjak pergi. Astaga Rian ngajak Gue ketemuan, sumpah rasanya Gue lagi terbang dipeluk sama superman. "Eh, tunggu di aula? Mau banget si Rian ketemu sama cewek cupu kaya Gue di tempat terbuka kaya gitu", pikir Gue. Gue alihkan mata Gue ke pengumuman yang tadi dibaca Rian. Tuh kan, bener perasaan Gue gak enak.
***
Pagi berganti siang, habis makan Gue siap-siap menuju aula. Siang ini bakal jadi siang yang panjang, dan kengenesan gue? Ah udahlah males Gue bahasnya. Gue emang ditakdirkan hidup sebagai cewek ter-ngenes didunia ini.
"oke, jadi tujuan kami merekrut anggota lagi karena sebagian anggota kami sebelumnya sedang pergi ke Hongkong untuk ikut Acapella International Competition. Saya rasa tanpa saya kasih tau juga kalian pasti udah tau. Permasalahannya adalah sebelum OSIS demisioner bulan depan, kita akan mengadakan acara 'Pentas Seni' dengan tema 'School Love Affair'. Meskipun, saya gak nyangka yang mendaftar bisa sebanyak ini. So, untuk mempersingkat waktu kalian nanti akan dibagi menjadi dua team. Masing-masing team diberikan waktu 2 jam untuk latihan. Lalu, kalian akan menampilkannya seperti seleksi. Team terbaik akan bergabung menjadi anggota inti. Team yang tidak lolos jangan berkecil hati, kalian bisa bergabung menjadi team paduan suara setiap upacara sekolah. Jadi, mohon kerjasamanya". Mata Gue setengah merem ngedengerin si Shania ngomong panjang kali lebar sama dengan tinggi (kayanya gak gitu deh persamaannya). Sial banget Gue, duduk di kelas entah beranta, di belakang Rian sama Amel yang lagi asik ngobrol. Semoga hari gue gak lebih buruk dari ini, kaya tiba-tiba Rangga ikut eskul Vocal juga gitu.
"Hei cupu! What's up?",
Tuh kan, abis deh Gue.
"oke, kalian akan dibagi menjadi dua team. Biar gampang, dua baris di depan saya adalah team pertama, dua baris di belakangnya team kedua. Oke, selamat latihan semoga kalian mampu menampilkan performa terbaik kalian. Um, Rangga kamu masuk ke team pertama aja", tambah Shania lagi. Semoga hari ini segera berakhir, Gue bersedia nendang diri Gue sendiri. Setidaknya, itu lebih baik daripada Rangga yang ngelakuin.
"oke, karena kita sekelompok jadi langsung aja ya kita tentuin lagu apa yang mau kita tampilin. Ada yang punya usul?", tanya Amel. Entah siapa yang nunjuk tiba-tiba dia jadi leader nya aja gitu. Kadang bingung Gue, tapi Gue setuju sih. Semoga karena ada dia, team ini jadi gak malu-maluin karena ada gue.
"gimana kalau mash up lagu Klasik Romantis remaja aja?", Rangga si Biang rese' yang bikin hidup Gue makin ngenes ngasih usul.
"bagus tuh, gue setuju. Gue pernah liat video covernya tuh di youtube. Buat latihan singkat kaya gini mending yang kaya gitu aja dulu. Biar ga berkesan jadul kita mix sama lagu yang lagi nge-tren juga", tambah Rian. Pangeran Gue, kenapa mesti sehati sih ama si Rangga.
"ada usul lain?", tanya Amel lagi.
"La, lo backing ya, bisakan?", cetus Rangga tiba-tiba. Seharusnya Gue gak usah keidean ikut eskul ini.
"tapi?"
"yah, meskipun i'm not sure. but okay ada tambahan lagi?", tambah amel yang juga setuju astaga matilah Gue di dalem kobokan. Bisa apa gue? Backing apaan lagi? Apa maksudnya gue berdiri aja di belakang mereka?
"tapi, gue?', Ya Allah bantulah cucu adam yang tiada daya ini.
"lo bisa kok, kita udah percaya sama lo", kata Rian nyemangatin Gue. Thank's God. Lewat malaikat tanpa sayapmu kau berikan hamba-Mu ini semangat. Ya, gue pasti bisa. Lebih tepatnya gue harus bisa.
"oke, kita mulai dari lagu 'Tiba-tiba cinta datang' dulu gimana?"
***
Gue berusaha sebisa mungkin. Meskipun agak aneh karena Rangga gak ngerjain gue kaya biasanya dan Amel bisa nerima masukan-masukan Gue serta Rian yang nyemangatin Gue padahal ada cewek yang dia taksir disini. Akhirnya kami pun siap, entah setan apa yang merasuki Rangga hari itu yang jelas dia udah baik banget, selain ngajarin gue buat jadi Backing vocal yang baik dia juga bener bener gak ngusilin gue hari ini. Gue jadi ngerasa bersalah udah berburuk sangka sama Rangga.
"oke, setelah kami menilai maka yang kami terima menjadi anggota inti eskul Vocal adalah...", entah kenapa kok gue deg-degan banget ya.
"tim pertama, selamat. Ngomong-ngomong Tim pertama, siapa penanggung jawabnya? Silahkan maju kedepan", Amel dengan bangga maju dan diberi tepukan meriah dari seisi aula.
"Lala!", Rian nepuk punggung gue, karena gue paham BANGET itu suara Rian gue langsung nengok.
"iya", jawab gue bego.
"good job ya, ternyata bener lo punya bakat di bidang ini", oh my dog! gue berharap gue lagi gak mimpi dan kalaupun ini mimpi gue bakal kutuk siapapun yang bangunin gue sekalipun itu Bunda Asrama.
"makasih yan, lo juga keren banget tadi", bales gue sambil sepertiga mati nahan senyum. Sumpah yan gue pen meluk lo sekarang.
"gak sekeren lo kok, sekali lagi congrats ya. See you next Sunday", sumpah demi apapun, Rian pasti ngajak gue ngedate karena terpukau sama kecantikan suara gue. Tuhan, makasih... makasih buat cinta yang kau tumbuhkan di hati Rian buat hamba tuhan, terimakasih telah menyadarkan Rian kalau ada seorang cewe cupu yang suka banget sama dia tuhan. Sheyla, kesialan lo mungkin akan jadi sejarah. Karena besok, besok dan besok seterusnya you'll be most famous, or maybe number 2nd.