Hari ini adalah hari ke tiga gue meliburkan diri dari sekolah. Ga ada kegiatan apa apa dan gue cukup bosen di rumah. Seharian gue cuma main hp sambil ngescroll ig dan facebook gue. Mata gue berhenti di postingan seseorang yang ngeliatin kalo dia lagi ada di kafe. Orang itu, rangga. Gue langsung keinget kalo gue punya utang permintaan maaf dan terima kasih sama Rangga soal kejadian tempo hari. Tanpa pikir panjang, gue langsung buka di pencarian Line gue, gue cari nama Rangga. Ketika tab chat kebuka, gue blank. Ga tau harus mulai dari mana. Akhirnya setelah gue berdebat sama perasaan gue sendiri gue putusin buat bilang
Gue : hai ngga...
Ok, ini alay banget. Fix, Rangga pasti gak akan bales pesan alay kaya gini. Please lo tuh kaya cabe-cabean yang lagi nyari mangsa tau gak?
Rangga : La? Shela? Ini bener lo yang ngechat gue?
Shit, sekarang gue yang bego ini harus bilang apa?
Gue : iya ini gue, lo lagi apa?
Rangga : Gue lagi tiduran aja. Lo sendiri lagi apa? Udah baikan?
Gue : Gue lagi tiduran juga sih. Gue juga udah baikan kok, malah tadi udah jalan sama temen gue. Gimana kabar lo?
Rangga : Gue baik-baik aja, Gue lagi pulang karena ada urusan keluarga
Gue : oh, berapa lama?
Rangga : acaranya si 2 hari, tapi gue dikasih izin 3 hari, hehe.
Gue : besok lo ada acara gak?
Rangga : nggak sih, gue free. Lusa gue baru balik ke sekolah
Gue : mau jalan gak? Sama gue....
Fix shel, Rangga pasti langsung muntaber gara-gara lo, gak elegan banget deh jadi cewe. Gue menutup aplikasi chat gue dan menutup muka gue dengan bantal. Niatnya mau suicide tapi baru beberapa detik gue udah engap. Akhirnya gue tinggal tidur chat gue ama rangga. Yah, ga mungkin lah rangga mau jalan sama gue. Apalagi setelah apa yang gue lakuin ke dia. Sejam kemudian gue bangun. Gue refleks ngecek hp gue. Dan mata gue langsung seger ngeliat notif dari rangga.
Rangga : jam 10.00 gue jemput di rumah lo!
Gue ngehela nafas, setengah seneng (karena ternyata Rangga ga muntaber) setengah lega. Besok mungkin semuanya bakal berakhir, atau mungkin gue udah memulai suatu yang baru. Sesuatu yang gak pernah gue banyangin sebelumnya. Sesuatu yang mungkin baik, atau sebaliknya. Malam itu gue tidur, besok bakal jadi sejarah baru dalam kehidupan gue nanti, di mana besok ada domba yang menyerahkan dirinya pada serigala. Entah itu benar serigala atau hanya domba yang berwujud serigala. Yang jelas besok adalah hari dimana gue akan berdamai sama diri gue sendiri.
Malam berlalu, gue bangun lebih pagi dan mandi lebih lama dari biasanya. Pagi tadi gue dapet pesen dari Eddy kalo dia ngajak gue ke rumahnya trus jalan ke Dufan bareng kak Arin. Dengan berat hati, gue tolak ajakan Eddy dengan alasan gue mau jalan sama temen gue. Padahal temen gue ya mungkin cuma dia doang.
Waktu udah menunjukkan pukul 9. 49 waktu rumah gue setempat. Nyokap, bokap dan kak Bian lagi nyantai di ruang keluarga. Duh, kalo Rangga dateng sekarang pasti bakal jadi bahan bully-an nih sama nyokap apalagi ada partnernya kak Bian. Tiba-tiba gue denger bunyi klakson dari luar. Duh, udah deh abis nih gue.
"mau kemana shel? Tumben pagi-pagi udah rapi?", tanya bokap saat ngeliat gue nurunin tangga.
"mau keluar pa sebentar", jawab gue senormal mungkin.
"sama siapa?", oke sekarang jantung gue jadi gak normal karena bentar lagi Rangga pasti ngucapin salam.
"assalamu'alaikum, permisi...", tuh kan udah deh. Nyokap sama kak Bian kompakan langsung ke pintu depan, gue sama bokap cuma liat-liatan gue ngodein bokap buat kesana dan menenangkan kebrutalan istri dan anak pertamanya yang suka caper."wa'alaikum salam, siapa ya?", kata bokap gue ramah, gue sembunyi di belakang bokap gue. Tapi percuma, badan gue gak selangsing itu. Rangga ngeliat gue.
"hai La, eh ini om maksudnya saya nyari Lala", kata Rangga ramah
"ooh, jadi mau jalan sama dia kamu rapi banget pagi-pagi", tuh kan kak Bian bacotnya suka bikin gue salting. Gue liat Rangga ga nunjukin reaksi yang berlebihan, cuma senyum sok cool kaya biasa.
"udah deh, ah. Yuk ngga kita pergi aja. Ma, pa, aku berangkat ya", kata gue sambil langsung nyelonong pergi.
"have a nice day princess", teriak nyokap gue, duh noraknyaa...
Rangga melambaikan tangannya ke nyokap dan bokap gue. Kita berangkat, gak tau mau kemana, pas gue mau nanya rangga juga nanya hal yang sama yang gue tanyain. Gue sendiri ga tau harus nyairin suasana kaya gimana, seandainya dia Eddy gue tinggal cari topik yang biasa kita bahas trus kita omongin. Tapi kalo sama rangga, gue ga pernah terlibat percakapan yang penting sama dia.
"La", kata rangga tiba-tiba menghentikan lamunan gue.
"iya", jawab gue agak (sangat) gugup
"jangan tegang gitu kali, kita mau kemana?", tanya Rangga, gue tau Rangga pasti lagi berusaha nyairin suasana. Setelah gue inget-inget juga ini kali pertama gue jalan sama Rangga berdua.
"em, terserah deh. Mana yang menurut lo asik aja", jawab gue pasrah, sebenernya gue pengen ngajak dia ke tempat gue cuma gue takut dia ntar ga satu selera sama gue.
"gue mau ngajak lo ke musium yang baru buka di situ, gimana? Deket juga kan", tawar Rangga, gue cuma ngangguk ngiyain ajakan Rangga.
Ga nyampe setengah jam kita sampe di tempat yang rangga maksud. Rangga ngajak gue ke museum modern yang kayanya lagi hits banget di instagram, tempatnya bener-bener enak, jujur gue betah banget ngeliat karya karya yang udah kaya pameran. Gue jadi nyesel ga bawa kamera.
"ekhem", Rangga berdehem mungkin dia manggil gue yang lagi bengong (tepatnya menikmati suasana)
"jadi?", tanya rangga. Otak gue loading mikirin apa yang harus gue bilang dan reaksi apa yang harus gue lakuin supaya momen ini gak rusak. Come on La, lo cuma mau minta maaf dan ngajak temenan Rangga bukan ngelamar dia jadi suami lo.
"Rangga, soal waktu itu...", kata gue yang kemudian dipotong sama Rangga
"ga pa-pa shel. Gue ga marah kok, gue juga sadar kalo selama ini gue mungkin udah sering banget bikin lo sedih. Maafin gue ya", kata Rangga
"nggak, gue yang harusnya minta maaf. Mungkin lo selama ini emang suka usil sama gue tapi... Ya pokoknya intinya gue minta maaf deh",
"oke.. terus?", rangga menunggu kata-kata gue selanjutnya. Refleks gue ngulurin tangan gue
"gue mau jadi temen lo", gue liat Rangga matung ngeliatin gue yang kaya orang bego ngulurin tangan ngajak temenan kaya bocah SD. Cukup pegel tangan gue nunggu reaksinya. Rangga masih natap gue, sekarang gue mejemin mata gue siap nerima kalo Rangga ngetawain gue dan ngejek gue. Gue ngerasa Rangga megang tangan gue, tapi abis itu dia narik tangan gue dan.... meluk gue. What? Rangga ngapain meluk gue?
"thanks ya, thanks banget udah maafin gue. La, lo tau gak sih betapa senengnya gue sekarang?", gue kaget sama reaksi Rangga yang menurut gue justru berlebihan.
"Ngga, please... gue nerima permintaan pertemanan lo bukannya ngasih lo undian satu M. Reaksi lo berlebihan deh", kata gue sambil berusaha lolos dari pelukannya.
"eh, sorry-sorry... tapi serius gue seneng banget La", kata Rangga sambil ngelepas pelukannya.
"nah karena kita udah temenan, lo udah ga boleh nge-bully gue, kita harus saling ngejaga, kita juga gak boleh saling nyakitin", kata gue panjang lebar
"wait, lo bilang lo kan cuma menerima pertemanan gue", gue cengo ngeliat Rangga ngomong barusan. Ngeliat gue bingung Ranggapun ketawa. Sialan dia ngerjain gue.
"sialan lo! Baru aja gue bilangin", omel gue.
"iya iya, gue gak bakal nge-bully lo lagi. Janji!", gue natap Rangga, Rangga senyum ke gue. Untuk pertama kalinya gue bisa ngartiin arti senyumannya selain pengen gue menderita. Senyum seorang... temen.