(8)

4.2K 202 14
                                    


Selepas makan malem, gue bantu emak cuci tumpukan piring kotor di dapur bareng dani sama nyokap dia—buk hesti. Btw, kami udah kenalan pas makan malem bareng sehabis salat isya tadi.

“Tumben, si dani rajin betul malem ini,” celetuk buk hesti sambil serahin piring penuh sabun ke dani yang kebagian tugas bilas. “Kalo di rumah mana mau bantu. Suruh beresin tempat tidur aja masih suka mengeluh.”

Nggak kaget gue sih, dani kan masih coba cari panggung biar bisa jadi bintang malem ini. Belagak sok rajin di depan para laki biar mendulang banyak pujian. Halah, udah basi.

“Sebelas dua belas dong sama isal dulu,” sahut emak gue sambil gosok bagian dalem gelas pake spons. “Kalo belum kita suruh, mana mau gerak.”

Refleks, gue sikut pelan rusuk emak. “Nggak baik umbar aib orang, mak. Apalagi aib putra sendiri.”

Spontan mereka pun kompak ketawa denger teguran gue. Bahkan dani ikutan ketawa pelan sambil bekap mulut pake punggung tangan. Dih, sok anggun betul tuh bencis.

“Nggak apa kalo sama calon besan, sal,” balas emak santai membungkam tawa buk hesti dan dani yang tetiba berdiri kaku dengan gestur kurang nyaman.

Rada heran sih, kenapa emak bisa sepolos itu percaya sama bualan mereka. Padahal mirip pun enggak. Nggak ada tuh satu bagian tubuh baik dari perawakan pak syamsul maupun paras buk hesti yang serupa sama ridwan.

“Kalo udah rampung bilas, mending kamu suguhin kopi ke teras depan gih,” titah buk hesti sambil menoleh ke dani. “Kasihan mereka. Pasti udah kehausan sekarang.”

“Siap, mih,” sahut dani penuh semangat sambil jalan menuju rak lemari dapur.

“Isal aja yang bikin kopi, tan,” tawar gue sambil beranjak dari depan wastafel cuci piring, trus kejar dani yang lagi sibuk cari kopi sachetan di rak dapur dan merengut sebal pas liat serenteng kopi sachetan di tangan gue.

“Mending lo duduk manis aja sambil nonton tivi, gih. Sebagai tamu, lo nggak boleh capek,” sambung gue sambil kibasin tangan mengusir. “Lagian, nggak usah munafik deh. Jijik gue.”

Dani mendengus sinis. “Kayak lo enggak aja. Sok baik depan ridwan, tapi di belakang main cantik sama abang kandung lo. Sekali entot, dua kontol lo embat sekaligus. Parah emang lo, sal.”

Nggak kaget gue, gay radar milik dani pasti cukup efektif deteksi kelainan orientasi seks bang ilham. Apalagi dengan bukti otentik berupa jendolan di selangkangan bang ilham.

“Gue agak heran, sih. Kenapa ridwan nggak curiga gitu sama perubahan drastis sikap bang ilham setelah keluar dari kamar. Pasti ada sesuatu di antara kalian berdua, betul?” imbuh dani dengan sorot penuh selidik.

“Lo mau ancem gue?” simpul gue bikin dani putar mata sambil mengerang pelan.

“Oh ... ayolah, sal. Jangan suuzon mulu sama gue. Gue cuman pengin bantu, oke?”

Refleks, gue sipitin mata sama uluran tangan dani. Pasti ada udang di balik bakwan, nih.

“Jadi gini, lo kan bentar lagi kawin sama ridwan. Soal bang ilham, serahin aja ke gue,” jelas dani sambil embusin napas sabar.

Gue gumam sambil ketukin dagu. Meski gue masih ogah iparan sama dani, tapi usulan itu emang cara aman biar gue bisa lepas dari bang ilham. “Oke, tapi jangan merengek ke gue kalo nanti bang ilham nggak bales cinta lo.”

Dani pun mengangguk, trus rebut kopi sachetan dari tangan gue. Kemudian bersenandung riang segera seduh kopi bubuk itu ke dalam empat gelas cangkir dan menata rapi ke atas baki.

“Wah, baik betul calon adek ipar abang,” puji bang ilham bikin pipi dani merona pas taruh cangkir depan dia, trus segera bertengger di bagian lengan sofa di mana bokap dia duduk setelah bagi sisa kopi ke semua laki di beranda depan.

Gelora Cinta saat Mudik Lebaran 3 [BL]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang