Macam-Macam Aliran dalam Fotografi
Oleh: Sahala Bhumi
1. Human Interest Photography
Human Interest Photography merupakan sebuah aliran, atau genre foto yang menggunakan manusia sebagai objek utamanya. Dalam foto human interest, fotografer akan berusaha untuk mendapatkan momen, di mana objek sedang melakukan aktivitas yang mampu memberikan kesan empati bagi siapa pun yang melihat karya foto tersebut.
2. Street Photography
Hampir mirip dengan Human Interest Photography, dalam Street Photography kita bisa mengambil foto dari aktivitas keseharian seseorang yang terjadi di jalanan, tetapi tidak dituntut untuk menonjolkan kesan empati kepada penikmat foto tersebut.
3. Journalism Photography
Jika tertarik menggeluti genre foto jurnalisme, maka kita harus mampu menciptakan karya foto yang memiliki cerita, atau dapat memaparkan kejadian yang terjadi di dalamnya. Agak berbeda dengan aliran lain dalam fotografi, karena genre ini merupakan bagian dari jurnalistik, maka setiap karya yang kita ciptakan harus menjunjung tinggi kode etik jurnalistik.
4. Portrait Photography
Dalam fotografi potret, kita dapat menangkap momen seseorang maupun kelompok dengan menonjolkan ekspresi wajah mereka. Oleh karena genre fotografi ini lebih menonjolkan ekspresi dan mood seseorang, maka kebanyakan foto semacam ini diambil dengan komposisi close-up.
5. Wedding Photography
Sudah cukup jelas
6. Fashion Photography
Fashion adalah salah satu kebutuhan sekunder yang paling banyak diminati. Tugas seorang fotografer fashion yaitu menciptakan karya foto yang dapat menonjolkan daya tarik produk fashion, tentu dibantu oleh model untuk membuatnya semakin menarik.
7. Landscape Photography
Fotografi lanskap menitikberatkan kepada pemandangan.
8. Sport Photography
Dalam pertandingan olahraga, fotografer sport akan bertugas mendokumentasikan pertandingan tersebut. Ada banyak momen yang bisa diciptakan dalam genre yang satu ini, tetapi diperlukan lensa telezoom dan kamera yang cukup cepat untuk mengabadikan momen-momen tersebut.
9. Wildlife Photography
Fokus utama dari genre yang satu ini adalah mengabadikan momen mengenai aktivitas dan kehidupan satwa di alam liar. Jika kita ingin menekuni genre ini, kita harus memiliki jiwa petualang.
10. Food Photography
Sudah cukup jelas
11. Still Life Photography
Fotografi still life adalah sebuah genre di mana objek yang ditangkap adalah benda mati yang kita temukan sehari-hari. Namun, genre ini tidak hanya sekadar jepret, kita harus bisa membuat sebuah karya dari benda mati, yang benar-benar artistik, atau terlihat seakan-akan hidup dan bernyawa.
Itulah sebabnya genre fotografi ini cukup sulit, kita harus mengerti karakteristik dari objek, komposisi, sudut pandang, pencahayaan, serta inspirasi yang lebih untuk dapat menciptakan foto still life yang luar biasa.
12. Commercial Photography
Dalam genre commercial, kita diharuskan menciptakan karya foto yang bertujuan untuk kepentingan komersial seperti promosi dan iklan.
13. Underwater Photography
Genre yang satu ini mengharuskan fotografer untuk menyelam demi mendapatkan objek dan momen menarik yang terjadi di bawah air. Boleh jadi tentang ekosistem bawah laut, seperti ikan-ikan dan terumbu karang.
14. Fine Art Photography
Genre ini memfokuskan untuk menciptakan karya yang memiliki nilai seni dan estetika yang tinggi, serta karya tersebut memiliki arti yang terkadang sulit untuk dimengerti. Malah terkadang tidak semua penikmat foto mampu menangkap arti yang terkandung dalam sebuah karya foto fine art.
15. Macro Photography
Dalam fotografi makro kamu akan lebih fokus untuk menangkap objek yang berukuran kecil, atau bahkan sangat kecil. Lensa yang kamu gunakan pun adalah lensa khusus yang memang dirancang untuk menangkap objek foto yang berukuran kecil, seperti kumbang, belalang, atau bunga.
KAMU SEDANG MEMBACA
Whatever Float My Boat
Roman pour AdolescentsTak ada salahnya untuk cari aman sendiri. Sungguh. Maksudku, pada akhirnya, dirimu dan hanya dirimu sajalah yang bisa kauandalkan, bukan? Ya, kan? Kau setuju, kan? Pun tak ada salahnya memanfaatkan kebaikan orang lain demi keuntunganmu, selama tak a...