7 TAHAPAN TES SELEKSI PRAMUGARI DI INDONESIA

360 10 0
                                    

_*7 Tahapan Tes Seleksi Pramugari di Indonesia*_

*1. Tes Penampilan Pramugari*

Setiap pramugari diwajibkan untuk ramah dan berpenampilan menarik. Tes tahapan ini menilai calon pramugari dengan melihat berat badan, tinggi badan, make up, gaya komunikasi cara berpakaian dan bahkan cara kamu berjalan juga dinilai oleh tim penilai.

*2. Tes Psikologi Pramugari*

Selain penampilan menarik, seorang pramugari harus sehat secara jasmani dan rohani. Psikotes ini pada dasarnya seperti tes psikologi lainnya. Tes ini juga ditambahkan dengan tes kemampuan berbahasa inggris. Untuk tes psikologi sendiri berupa tes menggambar, tes kepribadian, dan tes bakat.  Tahapan tes ini sering menjadi momok orang dalam mengikuti seleksi pramugari. Hal ini dikarenakan tes ini yang paling banyak orang gagal untuk mengikuti tahapan tes seleksi pramugari selanjutnya.

*3. Tes Wawancara User*

Tahapan seleksi pramugari selanjutnya adalah tes wawancara user. Tes ini biasanya ditanyakan terkait seberapa jauh kamu mengenal maskapai penerbangan yang kamu lamar. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu persiapkan terlebih dahulu pengetahuan dan pemahaman kamu terkait maskapai penerbangan yang kamu lamar. Hal ini akan membantu kamu jika kamu nantinya ditanya oleh user.

*4.Tes Wawancara Kompetensi*

Selain tes wawancara user, tahapan selanjutnya juga masih ada tes wawancara yaitu tes wawancara kompetensi. Dimana tes wawancara ini, nantinya kamu guys akan ditanya terkait pengalaman pribadi kamu. Dari pengalaman tersebut, seorang interviewer akan mengetahui kemampuan kamu sehingga nantinya akan terlihat apakah kamu layak menjadi pramugari atau tidak.

*5.Tes Kesehatan*

Tahapan tes selanjutnya yang tak kalah penting adalah tes kesehatan. Untuk bekerja sebagai pramugari diwajibkan sehat jasmani dan rohani, sehingga setiap orang yang melamar menjadi pramugari akan dilakukan tes kesehatan. Tes kesehatan untuk menjadi pramugari mulai dari ECG ( untuk kesehatan jantung), mata, darah, urine, paru – paru, pernapasan, gigi, pendengaran, tulang dan kesehatan secara fisik.

*6.Tes Aspek Keamanan (Background Check)*

Tes aspek keamanan ini meliputi pemeriksaan data, dokumen – dokumen pribadi seperti KTP, ijazah, surat keterangan belum nikah dan surat izin dari orang tua yang telah ditandatangani diatas materai. Pada tahapan tes ini terdapat beberapa pertanyaan terkait wawasan nusantara seperti NKRI, pancasila, undang – undang dan sejenisnya.

*7. Tes Pantuhir*

Tahapan tes terakhir untuk menjadi pramugari ini yang paling menegangkan karena tes ini akan berhadapan langsung dengan jajaran direksi. Jajaran direksi ini langusng dari maskapai penerbangan yang kamu lamar. Meskipun kamu langsung ketemu dan ditanya oleh bosnya, kamu harus tetap tenang dan sopan dalam menjawab setiap pertanyaannya guys.

_*Seperti itulah 7 tahapan tes seleksi pramugari di Indonesia. Jika kamu ingin menjadi pramugari maka kamu harus mulai sekarang mempersiapkan diri agar kamu bisa lulus dan menjadi pramugari guys. Karena persiapan untuk menjadi pramugari tidaklah mudah namun ada TRIK untuk mempersiapkannya.*_

Materi PramugariTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang