August, 28th
"Eh seriusan Kak Jeno sama gerombolannya bakalan perform di acara anniv sekolah besok?" Suara saya menggema di seluruh ruang ganti karena barusan Amber bercerita sesuatu kepada saya. Agak mengagetkan, Amber melempar baju olahraga yang penuh keringat bercampur dosa ke muka saya. Saya melemparnya balik dan sukses membuat Amber menggeram.
"Haduh bego jangan keras-keras, lo mau kalo ada anak lain tau lo suka sama Jeno?"
Saya menghela napas, "Enak banget lo manggil Jeno Jeno kayak adik lo."
Amber bercermin sambil merapikan rambutnya, dia memutar bola mata. "Lah? Sopan-sopan tai anjing, lagian nih sekolah udah kayak agama aja berkasta, harus banget ya sopan nunduk banget sampe kepala lo sejajar sama bumi? Ogah, gila hormat banget kalo gitu kesannya, Se."
"Ya nggak gitu, aduh gimana sih bukannya gila hormat sampe begitunya bego. Paling nggak ya manggil pake iming-iming 'Kak' atau apa lah. Gua agak malu temenan sama lo, kakak kelas lo panggil se-enaknya mana sampe di anjing-anjingin. Cakep begitu?"
"Kapan gua nge-anjingin mereka? Paling ya sama si tukang caper itu yang gayanya sok paling superior. Palingan kalo di datengin ke rumahnya cuma bisa ngumpet ngadu ke bokap nyokap. Hadeh agak babi, eh gak agak lagi. Emang babi, uek kok mau ya temennya bergaul ama dia? Menurut lo dia nyogok temennya udah berapa juta ya biar pada mau temenan sama dia?"
"Udah, nggak capek lo ngomongin dia nyogok berapa mulu? Mending kasih tau gua, dari mana lo tau kalau Kak Jeno bakalan perform di acara sekolah besok?" Tanya saya sambil menghampiri Amber yang tak kunjung rampung dengan urusannya di depan cermin.
"Kata Jeno."
Saya mendelik, agak kaget. 'Kek, hah? kapan mereka ketemu langsung sampe bisa ngobrol gitu?"
"Bohong termasuk dosa ya goblok."
"Mana ada gua bohong sama lo, Se. Serius kata si Jeno sendiri."
"Kapan lo ketemu sama dia?"
"Gak ketemu sih, cuma ya—gitu"
Saya makin ingin julid, mata saya sudah hampir tertutup karena terus-terusan di sipitkan. "Lo habis ngapain sama dia?"
Amber menutup lip-tint nya seraya merapikan warna bibir, dengan se-enak dengkul dia menanggapi. "Kalo gua sama Jeno habis main gimana?"
"Hahaha, main apaan bego. Gua taunya Kak Jeno suka main PS di rumahnya Bang Echan."
"Positive thinking banget sih. Maksud gua tuh ya kek main gitu." kata dia meledek.
Sontak, saya menoyor kepalanya dengan tangan saya yang sudah gemas ingin melakukan kekerasan fisik dengan makhluk akhir zaman seperti Amber ini. Gaya saja kelihatannya nakal, tapi kalau di sentuh sedikit bisa mengamuk sampai ke turunan-turunannya.
"Lo udah nyoba sama Jaemin?" Tanya saya balik, Amber cuma tertawa terpaksa. Tau tidak sih, seperti tertawa terpaksa atau image kalian yang sedang tertawa di depan musuh.
"Lo nanya gua sama Jaemin? Dia sih iya-iya aja, tapi ya lo mikir lagi coba. Menurut lo, gua serius se-nakal itu? Gila kali, nggak ada harga dirinya gua kalau begitu."
Saya cuma tertawa menang, tebakan saya tidak salah lagi. Amber cuma bercanda, tapi kenyatannya memang agak gelap sih, "Tapi serius bego, lo tau dari siapa?"
"Dari Jaemin lah, dia kan masuk gerombolannya Jeno. Masa lo nggak kepikiran sih."
"Lah iya ya? Eh tapi tumben banget nggak sih, Bang Echan nggak cerita-cerita ke kita? Anak dream yang deket sama kita kan cuma Bang Echan, Kak Jaemin juga tapi kalo sama lo."
"Hah? Anak dream?"
"Nama circle mereka."
"Oh, baru tau."
-
Saya selalu jago mengatur timing, tapi kalau tentang kebetulan (beda lagi konteks-nya) tentu saja saya nggak bisa ngapa-ngapain. Saya keluar ruang ganti dengan Amber barusan, niatnya sih cuma mau nyapa orang yang berdiri di dekat kantor karena (jujur di sekolah harus banget begini) kita berdua bakalan lewat jalur dimana Bang Doy (fyi, Bang Doy itu mahasiswa yang lagi magang di sekolah) lagi berhenti yang tentu aja menghalangi jalan saya dengan Amber. Kelihatannya sih lagi nunduk baca selebaran kertas.
"Siang, kak." Tau nggak kenapa saya dengan Amber manggil dengan 'Kak' alih-alih 'Bang'. Karena dulu waktu awal-awal akrab saya pernah manggil dia pake 'Bang' di depan anak lain. Alhasil saya yang kena salty Bang Doy. Katanya sih dia nggak mau ada banyak anak yang sok asik sama dia termasuk saya yang tiba-tiba berani manggil pake nama Bang Doy di depan umum. Katanya sih, "Manggil gua Bang Doy kalo cuma ada anak-anak yang deket sama gua aja. Selebihnya anggap gua kaya guru lo." Nggak tau juga sih kenapa mau di anggap guru, tapi kalo di pikir-pikir ya perannya hampir setara dengan guru BK.
"Siang, oh iya saya tau kalian mau ngelewatin ruang informasi. Tolong informasiin ini lewat speaker suara sekolah ya. Makasih." Katanya sambil menyodorkan kertas terus pergi gitu saja, agak songong sih.
Amber melongo di sebelah saya sambil melirik kertas asing yang baru saja kami terima. Saya menenggelamkan wajah di balik kertas berisi tulisan tangan tersebut. Menahan malu, jujur—saya tidak pernah angkat suara hingga terdengar di seluruh penjuru sekolah.
"Tuh kan gua bilang juga apa, si Jeno bakalan perform besok. Ini tuh nama-nama anak yang bakalan geladi bersih nanti sore."
Batin saya rusuh sendiri, menampar kepala saya dengan kertas yang saya pegang—alhasil saya ber-aduh konyol. "Aduh anjir, lo yang ngomong aja deh ya. Gua malu, suara gua freak banget buat di dengerin se-antero sekolah. Mana crush gua tercantum namanya di sini, aduh nggak ada muka gua kalo beneran ngelakuin ini."
"Ini tuh namanya kesempatan, udah sana lo aja. Gua udah ditungguin Jaemin di UKS."
Saya menyerit, "Lah? Jaemin sakit?"
Amber malah meringis geli di hadapan saya, saya jadi ikutan geli. "Nggak, cabut pelajaran doang dia. By the way, good luck sweety."
"Anjing?"
"Beneran pasangan yang sama-sama sinting."
"Aduh Kak Jeno kapan jadi pasangan saya sih?"
KAMU SEDANG MEMBACA
your songs - Jeno
FanfictionGua nggak tau jelasnya gimana. But if I love you, I love your song.