dua

33 10 1
                                    


Kalau di pikir yang bodoh siapa, jelas saya akan menyalahkan diri saya sendiri dan tentu saja Bang Doy. Selama jalan menuju ruang info, saya cuma bisa tenggelam dengan beberapa pertanyaan di benak saya. "Nanti kalo udah ngumumin suruh ngapain anjir? Kalo tiba-tiba mereka pada dateng pas gua belum kabur gimana? Tadi Bang Doy nggak ngasih tau suruh ngapain kan ya? Aduh bego kenapa tadi nggak nanya sih?"

Iya benar kan, sampai di depan pintu saya tiba-tiba nge freeze. Belum sempat membuka pintu sudah ada perasaan rada-rada tidak enak. Kayaknya sih ada orang di dalam, nanti kalau ditanya ini apa saya harus jawab gimana? Masa iya saya jawab, "Nggak tau sumpah tadi cuma di suruh Bang Doy doang." Bisa-bisa semua orang pukul rata sikap saya, sayang banget attitude saya jadi minus sedikit.

Tapi ya namanya juga amanat, saya iyain saja walau nanti ya mentok-mentoknya saya bingung sendiri kalau yang nanya banyak mau taunya. Lantas saya membuka pintu, niatan saya kalau yang di dalam guru, saya bakalan nunduk senyum sambil ngomong permisi dulu. Kalau kakak kelas, saya bakalan senyum sambil permisi, tapi kalau teman seangkatan saya senyum sambil ngasih tau tujuan saya.

Tapi ternyata plot twist dari pikiran saya.

Yang lagi di dalam mau ngaktifin mic ternyata bukan guru, kakak kelas, atau temen seangkatan.

Lebih ke crush saya sendiri.

Sontak saya berdehem, entah dengan tujuan apa. Dan bodohnya lagi saya malah nekat masuk seraya menutup kembali pintunya, hahaha saya mau culik Kak Jeno aja.  Sepersekon kemudian, saya berdiri di sebelah Kak Jeno sambil lihatin dia lagi ngutak-atik mic sambil mainin kursor di layar komputer.

Dia yang sadar dengan kehadiran saya menoleh, menghujani saya dengan tatapan bingung sekaligus serius. "Lo ngapain?"

Saya menunjukkan selembar kertas yang tadi di berikan Bang Doy, mau mencoba menjelaskan pakai kalimat juga saya nggak bakal kuat, Kak. Jeno. Ganteng. Banget???

"Oh, lo mau ngumumin ini?" Tanya-nya yang jelas-jelas sudah dapat di simpulkan sejak awal. Saya cuma mengangguk, dan setelahnya kalau di pikir saya diam terus juga malah terlihat lebih bodoh. Jadi selanjutnya saya mulai angkat bicara.

"Kalo gitu permisi Kak, saya mau ambil alih dulu." 

Kak Jeno langsung nurut, minggir dari kursinya terus ngebiarin saya duduk di depan mic. Saya hampir mengaktifkan mic nya, tapi nggak jadi.

"Loh kenapa? Buruan."

"Bingung, kak."

"Lo nggak bisa nyalain mic nya?"

"Bukan. Saya bingung kalau nanti anak-anak di kumpulin suruh apa."

"Hah?"

Saya niatnya mau keluar ruangan nyari Bang Doy yang bertanggung jawab atas di suruhnya saya buat ngumumin sesuatu yang nggak jelas ini. Tapi malah Kak Jeno tiba-tiba narik kertas yang saya pegang buat dia baca deket-deket, serius--Kak Jeno waktu baca jaraknya deket banget.

"Ini di daftar ada nama gua?"

"Iya."

"Temen-temen gua juga?"

"Iya. Kan di situ udah tercantum."

"Ck, nggak asik lo ah. Gua kan nanya buat basa-basi maksudnya."

Saya masih diam, belum menanggapi dan menjaga image supaya tetap kelihatan tenang dan nggak gila kayak hati saya sekarang. "PLEASE JENOO, CAPEK BANGET  GUA."

"Yaudah sini gua aja yang manggil mereka." Katanya nepiin saya gitu aja. Saya ya cuma bisa ngeliatin lagi, nggak bisa bertindak lebih kayak saya di depan Amber yang bisa ini itu sebebasnya. "Lo di suruh siapa emang?" Tanya-nya lagi. 

"Kak Doy."

"Oh, Bang Doy."

Iya, saya juga bingung lagi. Kak Jeno udah biasa manggil pakai iming-iming Bang Doy? Serius? Jangan-jangan mereka punya relation yang bener-bener deket. Duh, bukan gimana-gimana sih tapi masalahnya saya biasa curhat tentang Jeno ke Bang Doy. Saya jadi takut Bang Doy bakalan ember kaya mulutnya Amber terus jangan-jangan (lagi) Kak Jeno udah tau kalau saya--gitu.

Dengan sok berani saya menyanggah, "Bang Doy?"

Kak Jeno yang tadi udah bener-bener mau nyalain mic nya nggak jadi lagi. "Iya, Bang Doy. Kenapa? Oh kayak nggak sopan ya? Tapi dianya fine fine aja gua panggil begitu."

Oke, sudah jelas mereka punya hubungan yang baik.

"Oh yaudah nggak gimana-gimana."

"Apaan sih, sumpah lo aneh banget Se."

Saya mendelik mendengar Kak Jeno menyebutkan nama panggilan saya di akhir kalimatnya karena--hah? Kapan saya ngenalin diri ke Kak Jeno sebagai Gliese?

"Se?"

"Iya nama lo Gliese kan, biasa dipanggil Sea?"

"Tau dari mana?" Saya pura-pura bodoh padahal benak saya sudah sangat yakin kalau ini semua adalah ulah si perempuan jahanam, Amber.

"Gua tau kali, tiap kumpul bareng anak-anak, pacarnya Jaemin cerita kalo lo suka sama  gua. Ah anjir siapa sih namanya? Am-am--Amber bukan yang mulutnya suka sembarangan?"

Goblok emang si Amber.

"Dan sekarang gua udah tandain lo." Sambungnya.

Kaki saya sedikit lemas ketika Kak Jeno bicara sambil mengarahkan ujung jarinya ke wajah saya, maksudnya bukan karena deg-degan seperti "Astaga gua ternyata di tandain sama Jeno, haduh seneng banget." Tapi lebih ke "Anjing maksut?"

"Dan segampang itu Kak Jeno percay--"

"Lo udah berapa lama suka sama gua? Gua harap sih lo suka gua bukan untuk numpang pansos doang."

Saya agak kaget, serius? Ini sifat aslinya Kak Jeno? 

Kak Jeno mengikis jarak dengan saya lalu seperti akan meniup kuping kanan saya, ah nggak--maksudnya seperti, tau tidak sih kalau sedang bicara serius dan nggak mau ada orang lain yang tau pembicaraan kita? Kalau di keramaian, oke lah wajar. Tapi ini? Ayolah guys, coba pikir baik-baik. Ini-aneh-banget.

Saya menjauh, "Apaan sih, lama-lama lo annoying tau gak?"

"Eh tapi kalo di liat lo cakep juga sih, cuma lo diem banget anaknya jadi kurang asik. Tapi gua kayak nggak asing sama muka lo."

"Maksud lo muka gua pasaran?"

Setelahnya, Kak Jeno melempar senyum sekilas yang menurut saya bisa di nilai agak creepy. Temen-temen, kalian pasti tau kan kalau Kak Jeno suka banget ngumbar eye smile? Tapi kali ini? Cakep sih senyumnya, tapi creepy.

Dia menyelipkan kalimat sebelum kembali duduk di depan layar, "Nggak, maksud gua. Lo mirip mantan gua."

Bangsat.




your songs - JenoTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang