Bab 1 Manuver Rahasia (暗 躍, An'yaku)

434 23 0
                                    

Shikamaru Nara bangun di rumah setelah semalaman keluar dari kebiasaan minum dan merokok. Dia memerhatikan bahwa dia lalai mengganti pakaiannya sebelum tidur, sesuatu yang tidak disukai istrinya, Temari. Dari baunya, dia menyadari bahwa dia juga tidak mencuci dirinya sendiri di bak mandi yang telah disiapkan Temari untuknya, yang juga berarti dia tidak makan makan malam yang akan ditinggalkan Temari untuknya. Dan, seperti biasa, dia tidak menghubungi Temari untuk memberi tahu dia bahwa dia akan pulang terlambat. Untuk semua ini, Shikamaru berkata, "Betapa merepotkan."

   Shikamaru keluar dari kamar tidurnya dan disambut oleh putranya, Shikadai, yang memperingatkan Shikamaru bahwa Temari sedang dalam mood yang buruk. Shikamaru mencoba untuk mencari perlindungan dengan Shikadai, tapi Shikadai ditolak oleh bau rokok dan malah pergi untuk menjalankan misi; Shikamaru berharap dia beruntung. Shikamaru mandi, mengenakan pakaian baru, dan kemudian pergi ke dapur untuk makan, takut akan apa yang mungkin terjadi. Shikamaru bersorak menemukan makanan menunggunya, namun Temari tidak berbicara dengannya. Ia mencoba berbasa-basi, membuat Temari mengingatkannya bahwa sehari sebelumnya adalah hari jadi pernikahan mereka. Shikamaru meminta maaf sebesar-besarnya dan menjelaskan betapa sibuknya dia di tempat kerja akhir-akhir ini, yang kemudian dia potong pendek sehingga dia tidak akan terlambat bekerja.

    Sebagai asisten Hokage, Naruto Uzumaki, Shikamaru menghadiri Pertemuan Puncak Lima Kage yang diadakan di Konohagakure. Naruto berterima kasih kepada Kage lain atas bantuan mereka dalam menyelamatkannya setelah Ujian Chunin baru-baru ini, di mana Naruto ditangkap oleh Momoshiki Ōtsutsuki. Meskipun sebagian besar Kage senang telah membantu, Tsuchikage, Kurotsuchi, marah karena Konoha terus mengalami insiden seperti ini. Naruto mencoba untuk meyakinkannya bahwa Konoha akan pulih dari serangan Momoshiki, tapi bukan itu yang membuat Kurotsuchi marah: Gauntlet Shinobi digunakan selama Ujian. Naruto menegaskan bahwa penggunaannya tidak disetujui, tapi ini tidak mengubah fakta bahwa Gauntlet dan seluruh peralatan ninja ilmiah Konoha sebelumnya tidak diketahui oleh Kurotsuchi dan Kage lainnya.

   Raikage, Darui, tidak melihat adanya masalah dengan alat-alat ninja ilmiah, tetapi Mizukage, Chōjūrō, setuju dengan Kurotsuchi: Penemuan Konoha dan akses eksklusif ke perangkat tersebut menempatkan desa lain sebagai kerugian militer yang signifikan. Kazekage, Gaara, mencoba untuk mengingatkan semua orang bahwa mereka adalah sekutu, tapi Kurotsuchi tidak yakin, menunjukkan bahwa Sasuke Uchiha terus menjelajahi dunia dan mengirim informasi yang dia kumpulkan tentang negara lain kembali ke Konoha; dia seperti mata-mata, dibuat lebih bermasalah dengan masa lalu kriminal Sasuke. Shikamaru mencoba meyakinkan Kurotsuchi tentang komitmen Konoha untuk perdamaian, menunjuk pada peran Konoha dalam mendirikan Persatuan Shinobi. Sebagai bukti komitmen ini, Kurotsuchi menuntut Konoha untuk mengungkapkan semua informasi rahasianya kepada desa lain, jika tidak desanya, Iwagakure, akan mundur dari Union; dia memberikan KTT Kage berikutnya sebagai tenggat waktu.

  Setelah KTT, Shikamaru bertemu dengan Rō dan Hinoko, dua Anbu yang membantunya bertahun-tahun sebelumnya dalam misi ke Negeri Sunyi. Dia memberi tahu mereka tentang permintaan Kurotsuchi, yang tidak dapat mereka pahami: Kurotsuchi harus mengerti seperti halnya orang lain bahwa tujuan informasi rahasia adalah agar informasi itu tetap rahasia. Mereka menyarankan untuk menolak, tapi Shikamaru mengatakan itu bukanlah pilihan; Kurotsuchi telah membuat poin yang valid bahwa Konoha tampaknya bersekongkol melawan desa lain. Mengingat sejarah Kurotsuchi dengan Konoha, dia seharusnya tahu ini tidak benar, artinya pasti ada sesuatu yang lebih di balik permintaannya. Shikamaru menugaskan Rō dan Hinoko untuk menyusup ke Iwagakure dan mencari tahu apa itu.

  Untuk menarik beberapa ninja menjauh dari Iwa dan dengan demikian membuat tugas Rō dan Hinoko lebih mudah, Shikamaru menggunakan salah satu hari liburnya untuk mengunjungi Tsuchikage sebelumnya, Ōnoki; karena posisi Shikamaru di Konoha, ini menarik pengawasan keamanan yang signifikan. Iwa-nin mengantar Shikamaru ke rumah Ōnoki tempat mereka bermain shogi. Berusia lanjut, Ōnoki sulit mendengar, tampaknya menjadi buta, dan mungkin pikun. Shikamaru curiga ini semua adalah akting, yang dia anggap sebagai bukti kemenangan Ōnoki selama pertandingan pertama mereka. Saat mereka memulai permainan kedua, Shikamaru bertanya tentang apa saja yang mungkin terjadi di Iwagakure yang akan menyebabkan Kurotsuchi menuntut informasi. Ōnoki mengaku tidak mengerti, lalu dia mengaku tidak tahu apa-apa, tapi saat disodorkan tawaran bahwa "shinobi adalah shinobi".

  Permainan mereka terganggu oleh kedatangan Kurotsuchi. Dia mengungkapkan kekecewaannya karena Shikamaru tidak memberi tahu dia bahwa dia akan berkunjung, dan Shikamaru menjawab bahwa dia hanya datang untuk bermain shogi dengan Ōnoki. Kurotsuchi tidak mempercayainya dan bertanya apa yang dia harapkan Ōnoki akan katakan padanya, tapi Shikamaru tetap berpegang pada ceritanya. Kurotuschi menyarankan ini bukan penggunaan waktu luang Shikamaru dengan baik, terutama setelah ulang tahun pernikahannya yang terlupakan. Sebelum mereka bisa berargumen, Shikamaru memilih untuk pergi, meminta maaf kepada Ōnoki dan berjanji untuk kembali lain kali. Ōnoki mengucapkan perpisahan dengan kesedihan, seperti halnya Kurotsuchi.

Begitu dia kembali ke Konoha, Shikamaru mulai memeriksa dokumen yang terkumpul saat dia tidak ada. Terlepas dari seberapa besar tumpukannya, tahun-tahunnya sebagai asisten Hokage telah membuat dokumen menjadi sifat kedua baginya dan dia berkembang pesat; ia curiga bahwa hal ini menyebabkan keterampilan ninjutsu-nya menurun, sampai-sampai Shikadai mungkin lebih baik darinya. Shikamaru diinterupsi dalam pekerjaannya oleh Moegi Kazamatsuri, pemimpin tim dimana Shikadai ditugaskan. Moegi menginformasikan Shikamaru bahwa Shikadai secara khusus diminta untuk misi peringkat-S untuk melindungi seorang daimyo. Shikamaru mulai memikirkan apakah Shikadai siap untuk misi seperti itu, tetapi Moegi menghentikannya, memberitahukan bahwa Shikadai menolak dan tidak dapat diyakinkan untuk berubah pikiran.

  Baik Shikamaru maupun Moegi tidak tahu mengapa Shikadai menolak misi tersebut, jadi Moegi menyarankan agar Shikamaru berbicara dengannya tentang hal itu. Shikamaru melakukan hal itu ketika dia pulang, menyelinap ke kamar Shikadai dan membangunkannya untuk bertanya. Shikadai menjelaskan bahwa itu "merepotkan", yang hanya bisa dilakukan Shikamaru darinya sebelum ditemukan oleh Temari; dia bersikeras Shikadai diizinkan untuk tidur. Keesokan paginya, setelah Shikadai pergi lebih awal untuk sebuah misi, Temari memberi tahu Shikamaru apa alasan Shikadai: klien untuk misi peringkat-S - seorang pejabat dari suatu negara kecil - mencoba menggunakan Shikadai untuk mendekati Shikamaru. Shikamaru frustrasi karena seseorang akan mencoba mengeksploitasi Shikadai seperti itu, tetapi sebelum dia dan Temari dapat mendiskusikannya, mereka menyadari bahwa Hinoko telah kembali.

     Hinoko memberi tahu Shikamaru bahwa Iwagakure telah diperintahkan oleh daimyo Tanah Bumi untuk menyerang Tanah Bunga, negara tetangga kecil dengan tanah subur yang ideal untuk tanaman. Shikamaru tidak mengerti mengapa daimyo ingin menyerang karena kedua negara memiliki perjanjian perdagangan, tapi itulah masalahnya: mengapa Tanah Bumi berdagang dengan negara yang bisa dengan mudah ditaklukkannya? Tanah Bunga, sementara itu, bersekutu dengan Tanah Petir, yang akan mewajibkan Kumogakure untuk mempertahankan Bunga dari invasi Iwa. Karena Persatuan Shinobi melarang anggotanya dari konflik bersenjata satu sama lain, Kurotsuchi mencari alasan untuk menarik Iwagakure dari Persatuan; dia mengharapkan Konoha untuk menolak permintaannya akan intel rahasianya, memberinya alasan yang dia butuhkan.

    Shikamaru akhirnya mengerti komentar Ōnoki bahwa "shinobi adalah shinobi": shinobi ada untuk berperang dan, ketika negara masing-masing desa menuntut mereka untuk bertarung, desa harus mematuhinya. Meskipun Ōnoki mengatakan ini, Shikamaru tidak berpikir Ōnoki benar-benar percaya itu benar, dan curiga dia dan Kurotsuchi lebih suka solusi damai. Yang berarti perang yang membayangi sepenuhnya karena keinginan daimyo Tanah Bumi. Shikamaru menginstruksikan Hinoko untuk kembali ke Iwa dan terus mengumpulkan informasi saat dia pergi bekerja, berniat menghentikan perang sebelum perang bisa dimulai.

Shikamaru Shinden: Awan Menari di Kelopak Bunga Jatuh yang Sedih Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang