Banda Neira — Sampai Jadi Debu
Hai! Aku Leeya! Panggil aja Ayya. Mau ikuti kisahku? Kisah dari seorang gadis kecil yang kebetulan menjadi anak pertama dari tiga bersaudara yang 'berharap' bisa melewati segala lika-liku di dunia.Saat kecil kedua orang tua Leeya berpisah, Leeya yang masih menginjak kelas 2 sudah disuguhi pemandangan yang tak biasa. Mulai dari pertengkaran orang tua menggunakan fisik, tangisan, dan jeritan sang bunda yang membuat Leeya kecil merasa trauma dengan pemandangan tak biasa dari kedua orangtua.
Kelas 2 sd Leeya pindah kerumah nenek dari sang bunda. Iya, karena memang masih kecil Leeya dan kedua adik nya mengikuti sang bunda. Leeya memiliki saudara kembar sebut saja Nala dan adik kecil tampan nan menggemaskan, Valen.
Leeya yang dulu nya sekolah di sekolah negri, dipindahkan ke sekolah madrasah. Kenapa? Biar lebih tau agama katanya. Pertama kali masuk sekolah disaat ujian tengah semester yang biasa orang sebut (PTS) . Saat pengambilan rapot, nilai kedua anak kembar tersebut langsung anjlok. Yahh . . Bagaimana lagi? Namanya baru masuk sekolah tau tau udah ujian, mana pelajaran yang dulu di sekolah negri gaada tiba tiba muncul disini. Mulai dari bahasa arab, sejarah islam, aqidah akhlak, dan yang lain nya.
Untung nya Leeya masih naik kelas, waktu kelas 3 ini puncak dimana Leeya ngerasa dirinya 'bodoh' dan 'ga pantes' buat sekolah. Kenapa? Karena bukan hanya pelajaran tambahan tentang islam yang nilai nya jelek, bahkan pelajaran dasar seperti matematika dan yang lain nya Leeya pun tidak mengerti.
Setiap hari hanya memikirkan kejadian tentang bagaimana kedua orang tua bertengkar, berteriak, dan perkelahian fisik. Leeya cuma bisa diam bahkan, buat nangis aja gabisa. Lalu sang bunda dapat rekomendasi dari salah satu saudara, katanya ada sebuah les yang bisa bikin pintar, karena gurunya disiplin dan bla bla bla. Tanpa fikir panjang, bunda pun memasukkan Leeya dan sang adik Nala kedalam tempat belajar tambahan tersebut saat kelas 4, karena memang hanya menerima murid mulai dari kelas 4 sd hingga kelas 6.
Saat kelas 4 Leeya udah ngerasa mendingan buat belajarnya, Leeya sudah mulai fokus tentang pelajaran dan nilai nya membaik. Kenapa? Yah memang betul sih, guru di tempat les itu sangat disiplin. "Saya tidak butuh murid, tapi murid yang butuh saya" katanya. Yah emang kalian kalo denger pasti jengkel sendiri, tapi memang bener kenyataan nya seperti itu. Banyak murid yang mengantri untuk daftar agar bisa masuk kesana, tapi banyak juga yang keluar karena tidak kuat karena terlalu disiplin.
Saat kelas 5 bisa dibilang Leeya sudah mulai 'jago' dalam pelajaran. Buktinya saat semester satu dan juga semester dua Leeya mendapat ranking 1 berturut-turut. Leeya sendiri tidak menyangka karena bisa mendapat ranking 1, waktu kelas 6 pun nilai Leeya tetap bagus dan akhirnya setelah ujian nasional nilai Leeya bisa dibilang 'memuaskan' hehe. Benar ternyata kalau usaha tidak akan menghianati hasil.
Waktu kelas 7 atau kelas 1 Smp nilai Leeya tiba tiba menurun. Kenapa? Karena malas belajar saja, "Dulu dari kelas 4 udah mati matian belajar sampe kelas 6, capek mau istirahat dulu. Gamau mikir pelajaran terlalu serius" katanya.
Oh iya, yang penasaran gimana trauma nya? Udah lupa ya? Jawaban nya No. Hei, semua itu udah jadi kenangan buat Leeya, gabisa buat di lupain sekali pun dipaksain. Karena kenangan cuma bisa dikenang dan buat pembelajaran di masa mendatang. Pembelajaran? Iya, gimana caranya besok biar punya keluarga yang 'Gaperlu' ngelihatin sisi negatif ke anak. Gaperlu bertengkar dihadapan anak, bertengkar sampe teriak-teriak yang buat anak makin bingung karena pada awalnya gatau apa apa. Dengan liatin sisi 'itu' cuma bisa buat anak trauma, bahkan stress.
Mungkin buat kalian para orang tua ngerasa 'kalo udah kejadian lama, palingan juga lupa' Hahaha, Gaada yang namanya lupa. Kita sebagai anak hanya cuma bisa diam, biar kalian sebagai orang tua tidak merasa terbeban dan pada akhirnya yang didapet cuma inget sama 'luka lama' yang berusaha kalian lupain, karena cuma masa lalu atau hal sial yang pernah datang.
Saat kenaikan kelas 8 nilai Leeya juga jelek, sang bunda dan 'papa' menasehati untuk belajar lebih giat. Iya, sekarang udah ada papa. Papa baik, ga seperti di film-film yang kalo namanya orang tua 'tiri' itu biasa nya jahat. Bunda juga udah lebih bahagia, Leeya juga bahagia bisa liat sang bunda tidak pernah murung lagi.
Di kelas 8 ini Leeya mulai mendapat tekanan sebagai 'anak pertama' di keluarga.
"Jadi kakak itu harus bisa kasih contoh yang baik buat adik adik nya"
"kamu itu kakak, tapi ga bisa apa apa. Yang sayang dong sama adik nya"
"kamu kakak, mana tanggung jawab mu? Nilai jelek, gabisa apa-apa, bisa nya cuma nyusahin orang tua"Yang ada di fikiran Leeya cuma
"Oh, kakak itu harus pinter ya? Harus rajin dan lebih bisa ya? Harus satu langkah lebih depan dari adik-adik nya ya?" Leeya tersenyum miris
"Leeya emang ga sepintar dulu bun, Leeya juga belum bisa bantu bunda, tapi . . . Leeya berusaha kok. Leeya berusaha bisa satu langkah lebih depan dari adik-adik, berusaha gimana caranya ga nyusahin bunda. Leeya juga ga pernah minta aneh-aneh ke bunda, Leeya ga minta dibeliin hp baru kaya temen-temen, Leeya ga minta dibeliin Baju atau novel kaya temen-temen. Leeya bisa nabung sendiri bunda . . . Tapi, tolong liat usaha Leeya, tolong jangan bandingin Leeya sama yang lain, Tolong dukung Leeya supaya bisa satu langkah lebih depan dari adik adik. Tanpa bunda bilang pun Leeya juga tahu apa kewajiban Leeya sebagai seorang kakak, Leeya tahu bunda . . . "
Jadi bagaimana menurut kalian? Cerita pendek dari seorang gadis kecil yang masih belum mengerti apa arti dunia yang sesungguhnya, berusaha bertahan dengan satu persatu masalah yang datang menghampiri nya. Oh iya, kata Leeya terimakasih sudah mau membaca sedikit kisah hidup nya, terimakasih sudah mau mengerti dan membagi sedikit luka dalam hatinya.
"Karena yang namanya kenangan cuma bisa dikenang, gabisa buat di lupain sekali pun kalian paksain"
-àyya
KAMU SEDANG MEMBACA
The story of Leeya
Short StoryCerita pendek dari seorang gadis kecil yang masih belum mengerti apa arti dunia yang sesungguhnya, berusaha bertahan dari satu-persatu masalah yang datang menghampiri nya.