Bahagia tidak harus sempurna

1 1 0
                                    

Mungkin banyak sekali hal-hal yang membuat kita sebagai remaja bingung tentang definisi kebahagiaan.

Katanya, kalo bahagia itu jika kita sukses.
Katanya, kalo bahagia itu punya penghasilan yang besar serta jabatan yang tinggi.
dan Katanya, kalo bahagia itu bisa masuk ptn favorit dan lulus dengan ipk cumlaude.

let me ask you

Sebenernya, apa sih itu kebahagiaan?

Definisi kebahagiaan menurut setiap orang pasti berbeda-beda, aku yakin itu. Dan porsi kebahagiaan setiap orang pun pasti berbeda.

Bahagia itu ga harus kamu punya gaji besar, pasangan yang mapan, kuliah di luar negeri, atau bahkan punya mobil dan rumah yang mewah. Bahagia tidak harus sesempurna itu.

Jika kita bertanya kepada seorang yang usianya sudah senja mungkin dia akan menjawab bahwa kebahagiaan ketika anak-anaknya datang untuk menjenguknya dan bisa bercengkarama, mengobrol dan saling bercerita dengannya.

Jika kita bertanya kepada orang dewasa yang usianya mungkin tiga puluh tahunan, dia akan menjawab bahwa bahagia itu ketika kita mempunyai penghasilan tetap dan jabatan yang tinggi di suatu perusahaan.

Jika kita bertanya kepada seorang anak SMA yang duduk di bangku kelas 12, mungkin dia akan menjawab bahwa bahagia itu ketika kamu bisa mendapatkan nilai nilai akademik yang tinggi lalu diterima di PTN favorit dan bergengsi.

Dan jika kita bertanya kepada anak kecil yang baru berusia lima tahun, mungkin ia akan menjawab bahwa bahagia itu jika kamu mempunyai mainan mobil-mobilan atau masak-masakan yang banyak.

See? semuanya berbeda, sangat berbeda.

Mungkin banyak juga yang akan berbicara, "Tapi, itu semua tidak munafik kan bahwa uang dan segala hal yang berhubungan dengannya membuat kita bahagia?"

Ya memang sih itu tidak salah, tapi jika kamu ingin merasakan kebahagiaan tidak harus muluk-muluk se-sempurna itu kok. Dunia ini hanya sementara, memangnya apa sih kebahagiaan yang kamu harapkan dari dunia yang sementara dan tidak sempurna ini?

Bahagia itu adalah ketika kita merasakan suatu perasaan senang, tidak tertekan, bisa dikatakan enjoy with your life.

Jika takaran kebahagiaan kita harus setinggi dari hal-hal seperti punya penghasilan jutaan rupiah, punya mobil dan rumah mewah, jabatan yang tinggi, menjadi pengusaha sukses, ya kita kapan bahagianya?

Please, berhentilah mengharapkan kesempurnaan untuk bahagia.

Aku percaya dengan pepatah yang mengatakan bahwa 'Bahagia itu sederhana'.

Bahagia itu bisa didapatkan dari segala sesuatu disekitar kita. Tidak usah jauh-jauh, dimulai dari dalam rumah saja. Kita bisa membantu pekerjaan orang tua kita dirumah, dengan melihat senyum mereka yang senang jika kita tolong  itu sudah membuat perasaan bahagia. Se-simple itu kan?

Atau jika kamu berada di dalam rumah duduk bersantai, mengobrol, bercerita tentang hal-hal yang lucu dengan keluarga, itu termasuk kebahagiaan.

Hidup itu sejatinya adalah seni memilih, ada banyak jalannya untuk menuju kebahagiaan. Tergantung oleh dirimu, mau memilih jalan yang mana. Dan ingatlah bahwa dari setiap pilihan-mu itu pasti memiliki risiko.

Mungkin ada dari kalian yang tidak setuju dengan hal-hal tadi atau mungkin ada yang setuju? and what do you think about this topic?

Sudahkan kamu menemukan kebahagiaanmu?

27 Maret 2021

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Mar 29, 2021 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Ketika Beranjak DewasaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang