PROLOG

5 1 0
                                    

Di sebuah rumah sederhana hiduplah seorang ibu dengan tiga anaknya. Ibu tersebut baru saja menjanda ditinggal suaminya kembali ke pangkuan Sang Pencipta. Walaupun ia ditinggali tiga anak yatim sekaligus, akan tetapi ia masih memiliki dua saudara yang sangat empati kepadanya. Mereka juga peduli terhadap kondisinya saat ini. Bahkan, mereka juga siap menanggung biaya sekolah dari anak-anaknya. Itu semua mereka lakukan supaya bisa sedikit mengurangi beban dalam hidupnya. Karena selama ini ia di beri banyak sekali cobaan, diantaranya ia sempat mengalami struk dalam tiga bulan terakhir sebelum mendiang kematian suaminya. Namun ia berusaha terlihat tegar di mata siapapun walaupun dalam hatinya tersimpan erat kerinduan juga kehilangan yang sangat mendalam. Dan ia diharuskan untuk mengikhlaskan suaminya untuk selama-lamanya. Tak hanya itu, lagi-lagi ia di uji oleh Sang Pencipta untuk merawat dan mendidik ketiga anak yatimnya. Tak mudah bagi semua orang melaksanakan amanah itu. Dengan sikap anak yang berbeda-beda, ia diharuskan sabar untuk menghadapi ego mereka. Karena dia tahu bahwa amanah-Nya tidak bisa di ingkari, kecuali ia mau mendapatkan dosa di dunia dan siksa neraka kelak di akherat. Naudzubillahi min dzalik.

Sebagai seorang janda ia wajib melaksanakan iddah sesuai syariat Islam, agama yang dianutnya. Bagi janda yang ditinggal mati oleh suaminya akan melaksakan iddah selama seratus tiga puluh hari penuh. Hal ini memiliki hikmah salah satunya menguji kesetiaan kaum hawa kepada kaum adam. Dan ada yang mengatakan apabila tidak melakukan iddah, maka malaikat akan mengelupas kulit suami di alam kuburnya hingga istrinya melaksanakan iddahnya secara sempurna. Mendengar kalimatnya saja sudah bikin merinding apalagi harus membayangkannya. Astaghfirullahal adzim.

REINA CISELLA ZEIN
Sella wanita muslimah yang sudah berkepala tiga, berperawakan ideal, berkulit langsat, terlalu keibuan, sangat penyayang, dan penyabar.

AQILA UYAINA ZAMEIRA
Mei anak perawan yang baru berusia tujuh belas tahun, berkulit putih mulus, berperawakan langsing, selalu ceria, suka menghibur teman, rajin belajar, dan sangat patuh kepada orang tuanya.

HAMZAH FAHRUR ROZI
Fahrur perjaka muda masih berusia dua belas tahun, berpostur tubuh tinggi, style rambut kekinian, berkulit sawo matang, supel, cerdas, dan sangat peduli terhadap sesama. Tapi suka ngutang duit ke kakak sulungnya.

KEYSA RAMADHAN
Keysa berbadan gemuk, pipi tembem, berkulit putih, mata kodok tapi penglihatan elang, rambut rapi, rajin belajar, penuh kasih sayang, mandiri, pintar, paling hemat soal uang, dan paling mudah di bohongi kakak-kakaknya. Dialah Keysa si anak bungsu dari pernikahan Sella dengan Oman, almarhum suaminya.

***
Hampir setiap pagi terdengar suara kicauan burung di atap rumah Mei, seperti mereka mengadakan les nyanyi disana. Hal itupun menjadi biasa di telingaku. Aku tetap melanjutkan untuk mengulang kembali materi belajar minggu lalu. Sebelum akhirnya berangkat ke sekolahku SMA Sidokarya. Mei emang gitu orangnya rajin banget belajarnya. Ga salah kalau Mei sering dapet juara satu dikelasnya.

Beda banget ama adiknya si Fahrur. Di sekolah hampir setiap hari diundang ke ruang BK, malah udah dinobatkan jadi tamu VVIP-nya. Aslinya gurunya sih kasihan sama adiknya, cuma si Fahrur lebih milih hidup kek gitu. Meskipun begitu si Fahrur itu anak emasnya si bokap dulu. Sebandel-bandelnya si Fahrur, apa aja yang dia minta pasti di turutin ama bokap. Padahal nyokap gue udah peringatin supaya Fahrur jangan terlalu di manja, malah susah nanti di aturnya.

Tapi kalau gue tipenya kagak suka minta ama orang tua. Biasanya gue nabung dulu dari sisa uang saku, baru kalau udah cukup duitnya gue beliin barangnya dech. Serajin-rajin gue belajar masih tetep style fashion nomer satu.

Sekarang kebetulan hari Senin. Biasanya kalau di hari Senin itu ada jamnya Bu Rona. Guru Prakarya gue yang terkenal sangat disiplin di sekolah. Saking disiplinnya lima belas menit sebelum jam prakarya dimulai udah ada dikelas. Murid-muridnya di wajibkan mengumpulkan tugas tepat waktu. Kalau telat bakalan di telan abis-abisan tuh. Kasihan banget.

Gue sih belum pernah dan kagak mau ngerasain yang begituan, makanya gue rajinin tuh mapel prakarya. Saat gue asyik dengan belajar prakarya di kamar, tiba-tiba telinga gue dengar ada lontaran pujian.

"Kak Mei, cantik banget hari ini."

"Kesambet apa lo, tumben-tumbenan masih pagi dah begini.. ooh gue tau, pasti ada mau dibalik pujian ini iya kann??Ngaku lo!

"Hehehe.. kok tau sih kak, gue kan belum ngomong" cengengesan si Fahrur.

"Yee ya taulah itu kan kebiasaan lo istiqomah ngutang ke gue. Lagian pagi-pagi gini lo masuk kamar gue kagak ngetuk pintu dulu.. main nyelonong masuk aja, kagak sopan tau" celoteh Mei.

"Lah kan emang kamar kakak kagak ada pintunya, mau ngetuk.. bagimana sih??"

"Iya sih. Tapi ya setidaknya lo permisi dulu kek apa kek terserah lo. Yang penting jaga sikap lo ke gue" alibi Mei kagak mau kalah ama Fahrur.

"Oh iya, btw hari ini pinjem duit berapa? Jangan banyak-banyak entar kagak lo bayar lagi.. rugi donk gue. Itu tabungan gue soalnya dari sisa uang jajan selama tiga tahun SMP"

"Biasalah. Gue mau pinjem goban kak"

"Wadaw, goban?? Banyak bener Fahrur.. Mau lo apain duit segitu!! Gue aja dikasih uang jajan tiap hari ama bunda cuman ceban. Nah sekarang kalau misalnya lo tiap hari pinjem duit gue se-goban, yang ada entar duit tabungan gue cepet abis. Tuh tabungan buat jaga-jaga kalau ada pengeluaran mendadak"

"Yaelah kak, pelit amat sih ama adik sendiri. Biasalah buat sebat, dah asem banget mulut gue pengen sebat tapi bokek"

"Lah lo sih kagak bisa ngempet. Lagian kalau tau hobi lo sebat, ya lo cari kerja donk. Emang lo anak sultan, kerja kagak duit ngalir terus?? Ya kali anak sultan enak.. bebas tinggal cabut uang di ladang. Nah kalau lo?"

"Kan gue punya tabungan"

"Ada dimana tabungan lo?"

"Ada di kakak"

"Yee.. gue tabok lo baru tau rasa! Bersiap tangannya mau nabok tapi cuma bercanda.

"Jadi gimana kak, duitnya dikasih kagak nih? tangannya kayak pengemis.

"Yaudah nih duitnya. Terakhir kali nih gue kasih pinjem lo duit. Besok-besok jangan!!"

"Wahh makasih banyak kak. Kakak emang terbaik deh. Gue berangkat sekolah dulu ya.. assalamualikum"

"Ya waalaikum salam. Ati-ati di jalan awas kesasar lo."

"Emang gue anak kecil?"

"Ye kali lo lupa arah sekolah lo" sambil ketawa ngejek.

Mei pun bersiap untuk berangkat ke sekolah. Dan tak lupa berpamitan pada sang ibunda.

"Bun, Mei berangkat ke sekolah dulu ya.." sambil mengecup punggung tangan bunda. "Jangan rindu sama Mei lho bun" ketawa kecil.

"Hmm.. iyaiya bunda tahan rindu dech. Ati-ati ya nak, jangan ngebut-ngebut kalo di jalan supaya selamat"

"Siappp buun.. assalamualikum"

"waalikumussalam"

A/N:

Gimanaaaa prolognyaaa?

Penasaran?

Ah yang bener?

Masa??

Ya udah komen aja yang rame, tag temen-temen kalian biar ikutan baca di kolom ini. Jangan lupa promo dan share, thank you.

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Apr 29, 2021 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Pemberianku Untuk Buaya(h)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang