Sharing Tipis-tipis
Beberapa hari yang lalu, aku mengikuti suatu kegiatan yang di mana kegiatan tersebut di ikuti oleh semua universitas yang ada di Indonesia. Menurutku kegiatannya worth it banget dan sangat berkesan, karena memang acaranya offline.
Segala sesuatu yang setiap kali kita lakukan maupun orang-orang yang pernah kita temui pastinya memberikan pelajaran dan juga pengajaran. Dari kegiatan tersebut aku belajar :
- Selama 1 bulan bisa di bilang hal tersebut menjadi salah satu wishlist aku, karena gatau kenapa tiba-tiba mikir 'kenapa baru kepikiran sekarang, kenapa ga dari dulu aja ikutan'. Dari sini aku belajar bahwa segala sesuatu yang belum pernah di coba ga ada salahnya kita mencoba walaupun memang lambat.
- Dari awal daftar sempet ragu juga sih, karena kan ada tahap seleksi nya trus di ikuti oleh ratusan mahasiswa dan ada aja orang yang meremehkan, sempet mikir juga kan 'apa aku bisa?. Sebagai manusia kita ga ada apa-apanya, jadi yang aku lakuin pastinya adalah berdo'a minta sama pemilik semesta buat di yakinin, buat di tunjukkan jalannya. Gatau kenapa setelah itu aku ngerasa ikhlas dan bilang sama diri sendiri 'It's okey kalau misalnya nanti belum rezekinya yang penting udah punya niat & mau mencoba. Hebat dan salut banget deh, aku bangga'. Setelah usaha, do'a, dan ikhlas, qodarullah dapet hadiahnya :( jujur terharu banget kayak 'oiya ya setiap apa yang kita pinta sama Allah, Dia ga akan ngebiarin kita berdo'a dengan tangan kosong'.
- Salut dan bangga banget sama ide mereka2 yang cemerlang & publik speaking nya bagus, jadi sadar sama diri sendiri gtu dan mikir 'ternyata pengetahuan aku tuh ga ada apa2 nya, masih dikit banget, masih perlu belajar banyak lagi' intinya lebih ke introspeksi diri xixixi.
- Sempet takut juga buat coba karena sendiri kan dan pengen banget buat tantangan baru, tapi setelah liat nama + univ yang lain dan ketika kegiatan pun ternyata mereka mampu gitu menempuh perjalannya sendiri, kayak 'apasih kamu tuh cuma beda kota aja, liat mereka yang beda pulau aja sanggup walaupun mereka sendiri'. Jadi intinya jangan terlalu manja sama diri sendiri dan harus bisa keluar dari zona nyaman.
- Pemaparan materi dari orang-orang yang memang sudah memiliki pengalaman yang luar biasa, dan ada beberapa kalimat yang menohok "Kita itu diciptakan oleh Allah dengan sempurna, kita sebagai manusia mempunyai akal dan bisa hidup karena ditiupkan ruh oleh Allah SWT, maka otak dan pemikiran kita itu harus digunakan dengan sebaik-baiknya". " Kegagalan itu hal yang biasa walaupun menyakitkan. Orang yang hebat bukanlah orang yang gagal tetapi orang yang mampu bangkit, karena manusia diberikan sebuah potensi yang sangat luar biasa. Jangan sampai menyerah". "Kita itu sebagai pemuda yang membangun sebuah peradaban, maka carilah elite sircle yang baik. Jangan mau jadi pecundang yang cuma bisanya berdiam diri di tempat (zona nyaman)."
- Belajar dari fasil yang super sabar banget ngadepin anak2 asuhnya dan ngorbanin waktunya juga, kalau aku jadi dia belum tentu bisa :(
- Aku juga belajar dan ngerasa di ingetin lagi, ternyata kita itu hidup bukan hanya kuliah, haha hihi, dapet nilai bagus, dapet gelar, dapet pekerjaan yang baik, nikah kemudian mengurus anak lalu bahagia. Tapi lebih dari itu kita diciptakan oleh Allah untuk beribadah, jangan pernah berhenti untuk belajar walaupun hal tersebut kecil/di bilang remeh, kita harus bisa membuka pemikiran yang seluas-luasnya agar kita tau sejauh mana sih potensi yang kita miliki, lalu selama ini bekal yang kita persiapkan untuk nanti pulang udah ada belum karena kan ga selamanya kita hidup di dunia terus, dll.
- Aku juga dapet wejangan dari teman sekelompok ku, katanya "Ga apa-apa teh kita coba hal baru walaupun kurang dukungan, setidaknya kita mau mencobamencoba, walaupun kita sendiri kita harus yakin kalo kita bisa melewatinya dan di depan jalan sana kita akan ketemu sama orang-orang hebat yang nantinya dapat mengubah pola pikir kita."
Sebenarnya sih masih banyak tapi point intinya itu xixixi
I'm so happy to meet u guys dengan segala kemampuan dan pola pikir yang jauh lebih matang 💝
KAMU SEDANG MEMBACA
Ruang Pikir
Non-FictionSeuntai kata yang telah dirasakan, jikalau berkenan mari untuk saling tukar pikiran.