1. Beres-beres

185 23 1
                                    

Pagi ini keluarga Jung lagi sibuk soalnya pindah rumah gitu kan ya, rumah lama dh bocor atapnya, males ganti kata si bapak jadi ya pindah.

Mereka pindah lumayan jauh dari rumah baru tapi deket dari sekolahnya Mark sama Jeno; anak pertama dan kedua dari bapak Jung.

Sekarang mereka lagi di dalem mobil. Ada papa yang lagi nyetir, ada daddy yang duduk di kursi depan sambil mangku dedek Sungchan. Eh di tengah kursi ada Gyu yang udah teler, trus di jok belakang ada kakak Mark yang sibuk main game.

Jeno dimana? Yups, Jeno dimana. Dia tuh duduk di truk yang ngangkut barang-barang mereka. Kenapa di sana? Karena Jeno itu banyak bacot, apapun yang baru ia lihat, pasti dia bakalan nanya sampe ke akar-akarnya.

Ya udah wkwk, mumpung pak Seungri— si supir, suka ma anak-anak jadi Jeno ma dia aja.

"Papa!" Sungchan rentangin tangannya pas dia liat papa nya setopin mobil trus keluar.

"Stt! Stt! Papa lagi mau tambah angin mobil. Diem sini ma daddy aja." Jaehyun nahan anaknya yang berontak-berontak mau sama papa nya.

Sebenarnya Jaehyun dah larang Taeyong buat nyetir, mana ban lagi kempes, tapi si Taeyong keukeuh katanya si dedek bayi yang kepengen mamihnya nyetir mobil.

Iya guys, Taeyong hamil sebulan.

Anaknya masih kecil-kecil tapi udah ada lagi adeknya. Si Jaehyun ini emang kagak bisa nahan buat kagak hamilin Taeyong, soalnya bahenol beut.

"Daddy? Masih lama?" Tanya Gyu dari jok tengah, dia pusing kalo lagi baring tapi mobilnya kagak jalan.

"Entar lagi ya, dek. Papa lagi tambah angin."

Si adek cuma 'hm' in bapaknya trus lanjut tidur.

"YEAH BOOYAH!" Teriak kakak Mark dari jok belakang, itu bikin si Gyu kaget trus nangis.

"Eh maap dek, kelepasan kakak." Mark ngintip Gyu yang nangis di jok tengah.

"Bujukin cepat." Suruh daddy Jae.

"Tapi kan, kakak gak seng–"

"Cepat." Ini papa Tae yang potong.

Abis itu mobil lanjut jalan lagi, kagak pake bujuk lagi si Gyu udah ketiduran lagi. Beomgyu emang hobi tidur, dimana dia nyaman pasti di situ dia ketiduran.

KCITTT...

Jaehyun megang dada pas Taeyong ngerem mobilnya mendadak, bahkan si Gyu udah jatoh trus nangis di jok tengah.

"Kok mendadak remnya, sayang?"

"Sayang, dedek mau makan gado-gado." Taeyong ngelus perutnya.

Halah, ini mah akal-akalan dia doang. Soalnya baru sebulan, belum masa-masa ngidam.

"Kagak ada yang jualan gado-gado, sayang. Lagian ini siang bolong, minum es kek apa kek. Malah gado-gado."

"Gado-gado gak?!" Taeyong udah melototin Jaehyun.

"Udah ah, dad. Beliin aja.." gumam Mark dari jok belakang.

"Ya udah, ntar daddy beliin. Tukeran yuk pa, pasti capek ya nyetirnya."

                                        • • •

Udah selesai beres-beres rumah baru. Gak butuh waktu lama karena banyak tetangga baik hati yang juga ngebantu beresin rumahnya biar cuma nyapu halaman sama bantu angkut barang-barang gede.

Baru sehari pula Beomgyu udah dapet banyak temen gegara ortu-ortunya pada ngebantuin keluarga Jung beberes.

"Mamih! Gyu mau main di rumah Felix, ya?" Teriak Beomgyu.

Dari tadi dia main angkut-angkut pasir pake truk mainan sama—Felix, anak tetangga. Mungkin dah bosen main di situ jadi si Felix ngajakin main ke rumah yang katanya banyak mainan.

"Sore nanti pulang, ya? Mandi." Teriak Taeyong dari dalem.

Dia sama Jaehyun lagi ngobrol ma tetangga-tetangga baru, termasuk ortunya Felix juga sih.

"Dad, kakak Mark mana?" Tanya Taeyong.

"Ada di kamar lagi main game."

Taeyong mikir lagi nama anak-anaknya.

"Trus kakak Jeno mana?"

"Lagi tangkep kupu-kupu di belakang rumah bareng Sungchan."

Taeyong cuma ber 'oh' ria. Gak masalah, selagi anak-anaknya kagak kecanduan game kayak Mark, si sulung ampe pake kacamata gegara main game mulu.

Bukannya gak ngelarang, Taeyong ampe pernah nyita hape Mark tapi yang didapetin malah si sulung ngambek ampe kagak mau makan.

Trus konsul ke dokter dikasih kacamata obat biar kagak kena radiasi sama matanya gak gampang lelah. Kantung mata? Weh gede bat!

"Udah berapa usia kandungannya?" Tanya salah satu tetangga yang baru aja jadi temen Taeyong.

"Hari ini genap sebulan." Taeyong ngusap perutnya. "Gak niat nambah anaknya, Doy?" Tanya Taeyong.

"Ah gak dulu, Yangyang aja kadang gak keurus. Kata mas Taeil 'tunggu Yangyang gede dulu baru kita kasih dia adik' gitu."

Jaehyun sama Taeyong cuma ketawa.

"Keburu tua ntar." Itu Jaehyun.

"Gak apa-apa, 'kan? Selagi masih mampu goyang."

Mereka ketawa.

Gak sadar si Jeno ama Sungchan denger dari samping rumah.

"Goyang apa, Jeno?" Tanya Sungchan.

Jeno pastinya ngerti dong, dulu aja pas dia masih kecil, papa sama daddy nya buatin adik di samping dia yang lagi (pura-pura) tidur.

Trus beberapa kali si papih bilang kek gini nih, "goyangan kamu mantap, sayang."

Dari situ lah Jeno ngerti. Dulu itu dia pen nanya ma papa daddy apa maksudnya itu tapi sama kakak Mark dia dilarang, gak sopan katanya.

Mark udah SMP, udah ngerti lah guys.

Jeno langsung narik Sungchan ke halaman belakang lagi, bisa ternodai telinga adeknya kalo didiem di situ terus.

Back to orang tua.

"Taeyong, Jaehyun. Kita pulang dulu, ya! Mau masak."

"Eh iya, Wonu. Nanti kalo ada waktu kita ngumpul bareng, ya!" Taeyong anterin sampe depan pintu.

"Eh, Kyun. Nanti ingetin Beomgyu buat pulang, ya!"

"Iya!"

                                          • • •

Taeyong pusing bukan kepalang, dia baru aja abis didatengin kakek-kakek yang katanya punya kebun gak jauh dari belakang rumah barunya.

Jeno sama Sungchan bener-bener minta dihantam.

Iya guys, Jeno sama Sungchan dilaporin sama kakek-kakek itu gegara rusakin tanaman cabe. Bukan cuma cabe sih, ada beberapa kek tomat sama lemon juga dirusakin.

"Bukan Sungchan! Jeno yang suluh Sungchan buat pukul kupu-kupu yang telbang di atas pohon!" Sungchan udah salah pake ngelunjak.

"Mana ada kek gitu! Kan udah kakak bilang jangan deket-deket tanaman nanti keinjek. Dia malah lari ke sana trus mukulin pohon cabe pake kayu, pa!" Jeno tunjuk-tunjuk Sungchan.

"Hayo, pukul aja Pa!" Beomgyu yang baru keluar kamar dengan bedak yang tebal di muka langsung aja manas-manasin papa nya.

"Ya udah. Sebagai hukuman, kalian bakalan bantu papa selama seminggu, k e r j a d i d a p u r." Taeyong cuma senyum miring pas Jeno ma Sungchan melongo.

"Wah! Cuci piring, masak, ulek bumbu, miris sahabat." Beomgyu lewat depan Jeno sama Sungchan sambil kibasin rambutnya yang udah gondrong.

Bugh!

"Huwaaa!"

"JENO!"

Jeno mukul Beomgyu, gaed.

"Hukuman bertambah jadi dua minggu."

TBC

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Jun 03, 2021 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Keluarga Sengklek (Jung Family)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang