Roseanne Park (lahir 11 Februari 1997), lebih dikenal dengan mononim Rosé (Bahasa Korea: 로제), adalah penyanyi dan penari Korea-Selandia Baru yang tinggal di Korea Selatan. Lahir di Selandia Baru dan dibesarkan di Australia, Rosé menandatangani kontrak dengan label Korea Selatan YG Entertainment setelah audisi pada tahun 2012, berlatih di sana selama empat tahun. Dia memulai debutnya sebagai vokalis di girl grup Blackpink pada Agustus 2016 dan melakukan debut solonya dengan album single R pada Maret 2021. Dia memegang dua Rekor Dunia Guinness : menjadi artis pertama yang mencapai nomor satu di Billboard Global 200 sebagai solois dan sebagai bagian dari grup, dan untuk memiliki video musik YouTube yang paling banyak dilihat dalam 24 jam oleh penyanyi solo K-pop.
Nama Lengkap : Roseanne Park
Nama Panggung : Rosé (로제)
Nama lain : Park Chae-young (박채영)
Tanggal Lahir : 11 February 1997
Tempat Lahir : Auckland, New Zealand
Nama lain Park Chae-young (박채영)
Kewarganegaraan : South Korea, New Zealand
Pekerjaan : Penyanyi, Penari
Tahun aktif : 2012 • 2016 – sekarangKarier musik
Asal : Korea Selatan
Genre : K-pop
Instrumen : Vokal
Label : YG Entertainment • Interscope
Terkait : Blackpink • YG Family1997–2015: Kehidupan awal dan awal karier
Roseanne Park (Korea: 박채영; Park Chae-young) lahir pada tanggal 11 Februari 1997 di Auckland, Selandia Baru, dari orang tua imigran Korea Selatan. Dia memiliki seorang kakak perempuan. Pada tahun 2004, pada usia tujuh tahun, Rosé dan keluarganya pindah ke Melbourne, Australia. Rosé awalnya menghadiri Sekolah Dasar Kew East lulus pada tahun 2009, menghadiri Canterbury Girls 'Secondary College di Melbourne untuk sekolah menengahnya. Dia mulai bernyanyi dan belajar bermain gitar dan piano sebagai seorang anak dan tampil di paduan suara gereja.
Pada tahun 2012, Rosé yang berusia 15 tahun menghadiri audisi di Sydney, Australia untuk label rekaman Korea Selatan YG Entertainment atas saran ayahnya yang menduduki peringkat pertama di antara 700 peserta. Dia adalah penggemar berat YG Entertainment, dengan alasan mereka memiliki semua grup yang "keren". Dalam dua bulan, dia putus sekolah, menandatangani kontrak dengan label sebagai trainee dan pindah ke Seoul. Dia awalnya menganggap ide ayahnya adalah lelucon karena jarak dan kesulitan menjadi penyanyi di luar negeri, dengan menyatakan :
"Di Australia, saya tidak berpikir bahwa ada banyak kesempatan bagi saya untuk menjadi penyanyi, terutama untuk menjadi bintang K-pop ... Saya tinggal sangat jauh dari negara itu sehingga tidak pernah terpikir oleh saya."
Pada tahun yang sama, Rosé diberi kesempatan untuk tampil di lagu rekan satu label G-Dragon "Without You" dari EP One of a Kind (2012). Namanya tidak dipublikasikan pada saat rilis dengan kreditnya terungkap setelah pengumumannya sebagai anggota Blackpink. Lagu ini memuncak di nomor sepuluh di Gaon Music Chart Korea Selatan dan di nomor 15 di Billboard Korea K-pop Hot 100.
2016–2020: Debut dengan Blackpink
Rosé berlatih di YG Entertainment selama empat tahun sebelum diumumkan sebagai anggota Blackpink pada Juni 2016. Dia adalah anggota terakhir yang terungkap di antara empat. Dia memulai debutnya pada 8 Agustus 2016 dengan album tunggal Square One, yang menghasilkan single utama "Whistle" dan "Boombayah".
Penyanyi tersebut juga tampil di berbagai program siaran seperti acara musik King of Masked Singer dan Fantastic Duo 2. Penampilan vokalnya di King of Masked Singer disambut dengan sambutan hangat penonton, Rosé berkomentar bahwa dia "tidak tahu apakah penonton ingin [dia] bernyanyi" dan bahwa dia merasa "bahagia dan lega" dengan hasil positif. Rosé kemudian tampil sebagai penampil di musim kedua Fantastic Duo. Staf produksi acara tersebut menyatakan bahwa penampilannya dimaksudkan untuk "mengungkapkan daya tarik vokal Rosé, yang berbeda dari Blackpink".
2021: R
Pada 2 Juni 2020, diumumkan bahwa Rosé akan debut solo setelah perilisan album penuh bahasa Korea pertama Blackpink. Pada 30 Desember 2020, dalam sebuah wawancara dengan outlet media Korea Selatan Osen, labelnya mengungkapkan bahwa syuting untuk video musik debutnya akan dimulai pada pertengahan Januari 2021. Pada 26 Januari 2021, sebuah teaser promosi debut solo Rosé dirilis, mengungkapkan bahwa pratinjau debut solonya akan terungkap melalui Blackpink Livestream Concert : The Show pada 31 Januari 2021. Tak lama setelah penampilan, solo Rosé yang bertajuk "Gone" mendapat tanggapan positif dari situs berita Korea My Daily.
Album single debut Rosé, berjudul R, dirilis pada 12 Maret 2021. Setelah dirilis, dengan 41,6 juta penayangan dalam 24 jam pada single utamanya "On the Ground", Dia saat ini memegang gelar sebagai video musik solois Korea Selatan yang paling banyak dilihat dalam 24 jam setelah memecahkan rekor hampir 8 tahun mantan rekan satu label Psy's "Gentleman". "On the Ground" memuncak di nomor 70 di Billboard Hot 100, menjadi lagu dengan charting tertinggi oleh solois wanita Korea di AS. Lagu ini juga memulai debutnya dan memuncak di nomor 1 di Global 200 dan Global Excl. Tangga lagu AS, lagu pertama artis solo Korea yang melakukannya dalam sejarah tangga lagu. R juga mencetak rekor penjualan minggu pertama tertinggi oleh solois wanita Korea dengan penjualan 448.089 eksemplar. Pada 24 Maret, Rosé menerima kemenangan pertunjukan musik pertamanya sebagai solois dengan singelnya "On the Ground" melalui program musik kabel Korea Selatan, Tunjukkan Champion, dan akan memenangkan lima lagi. Pada 5 April, video musik untuk lagu Rosé "Gone" dirilis.
Seni
MempengaruhiMelalui wawancara radio, penyanyi itu mengutip rekan satu labelnya, senior Big Bang, Taeyang sebagai panutan dalam karir musiknya. Sebagai seorang musisi, Rosé juga mengungkapkan bahwa dia menganggap penyanyi Amerika Tori Kelly sebagai inspirasi terhadap gaya musiknya. Suara Rosé telah menerima pengakuan di industri K-pop untuk timbre vokalnya yang berbeda, setelah debutnya sebagai anggota Blackpink. Menyusul penampilan Rosé di salah satu episode Fantastic Duo 2, penyanyi Korea Selatan Gummy, yang disebut Rosé sebagai panutan musik, menyatakan bahwa "Suara [Rosé] sangat unik, itu adalah suara [jenis] yang disukai anak muda"
PICT
KAMU SEDANG MEMBACA
LIRIK LAGU ROSÉ (BLACKPINK)
Non-FictionAKHIRNYA DEBUT SOLO JUGA CONGRATS ROSÈ SEMOGA MEMBANTU