😀 *TEMA : TIPS SIMPLE MEMBANGUN KARAKTER DALAM CERITA* 😀
📑 _Tips Ala Kak Yuvi_ 💃
😁 *1. Beberapa Hal Penting Membuat Karakterisasi Tokoh Yang Menarik* 😁
😁 • Bayangkan Penampilan Fisik Karaktermu : Setelah kita mulai menciptakan sebuah karakter dalam tokoh, usahakan kamu sudah menyiapkan bentuk penampilan fisik karakter tersebut agar lebih mudah untuk menggambarkannya ke dalam cerita yang telah diciptakan.
😁 • Ketahui Seluk Beluk Karaktermu : Maksudnya di sini adalah, seluk beluk kehidupan si tokoh untuk mengetahui bentuk karakternya yang sesuai kalian ciptakan tentunya. Seperti kehidupannya, tata caranya berbahasa. Pergaulan dan sebagainya.
😁 • Berikan Karaktermu Keinginan/Tujuan : Kalian pastinya menciptakan karakter masing-masing dari berbagai tokoh untuk menggambarkan cerita itu berjalan dengan baik, tentunya dengan memiliki masing-masing tujuan dalam tokoh itu sendiri.
😂 *2. Beberapa Cara Mengeksposisikan Karakter Dalam Cerita* 😂
😂 • Ciptakan Karakter Sedetail Mungkin : Deskrupsikan fisiknya, tentukan latar belakang keluarganya, kepribadian, hal-yang yang disukai dan tidak disukainya, kebiasaan-kebiasaannya, kosa kata yang sering diucapkannya, konflik batin yang dialaminya, dan sebagainya. Walaupun tidak semua hal tersebut perlu dimasukkan ke dalam cerita, peta karakter yang detail akan menjadi panduan yang konsisten sampai akhir cerita.
😂 • Awali Perkenalan Karakter Dengan Deskripsi Fisik : Ini bertujuan agar pembaca dapat membayangkan karakter tersebut dalam imajinasi mereka.
😂 • Gunakan Prinsip Show Dalam Menunjukkan Kepribadian Karakter : Kurangi penggunaan ringkasan narasi. Kepribadian cerita dapat dimunculkan melalui tindakan, reaksi, dialog, dan suara batin (monolog dalam batin).
😃 *3. Poin Penting Cara Membangun Karakter Dengan Mudah Dan Efektif* 😃
😃 • *1. Apa Mimpi Besar Atau Tujuan Utama Dari karakter Yang Kamu Ciptakan ? > Penjelasan :* Sebelum kamu masuk ke dalam kisah atau cerita, kamu harus bertanya dulu pada dirimu sendiri mengenai karakter yang akan kamu buat (Apa tujuan dan Mimpi Terbesar Dari Tokoh Yang Kamu Ciptakan?)
😃 • Dalam hal ini, sebagai penulis kamu harus bisa mengidentifikasi apa keinginan dan tujuan karakter yang telah kamu ciptakan tersebut.
😃 • Motivasi dan tujuan karakter ini nanti akan secara sifnifikan mewarnai tindak-tanduk dan aksinya dalam cerita. Motivasi inilah kemudian yang menjadi _center direction_ si tokoh dalam melakukan berbagai tindakannya.
😄 • *2. Siapa Sosok Yang Paling Berpengaruh Dalam Kehidupan Karakter Tokoh Yang Diciptakan? > Penjelasan :* Orang yang berpengaruh ini dapat memiliki bermacam latar belakang, bisa tokoh baik, tokoh jahat, tokoh yang menakutkan dan lain sebagainya.
😄 • Tokoh yang mempengaruhi karakter ini penting sebagai motivasi penguat atau bahkan bisa menjadi motivasi utama si tokoh dalam bertindak.
😅 *3. Bagaimana Karakter Tokoh Yang Diciptakan Melihat Diri Mereka Sendiri? > Penjelasan :* Cara tokoh melihat diri mereka sendiri ini akan membuat karakter yang kamu tulis menjadi lebih hidup. Pertanyaan lanjutan pada bagian ini misalnya adalah ; apakah cara pandang karakter tokoh terhadap dirinya sama dengan cara pandang pasangannya? Sama dengan cara pandang saudaranya? Sama dengan cara pandang temannya? Atau bahkan sama menurut cara pandang musuhnya sekalipun?
😅 • Seorang tokoh yang kamu ceritakan misalnya sangat kuat, tangguh dan tidak kenal takut dalam penilaian karakter tokoh yang lainnya. Namun untuk membuat karakter itu menjadi lebih kuat, kamu misalnya dapat pula mendefinisikan tokoh itu menurut pandangannya sendiri yang misalnya adalah penakut namun terpaksa bertindak berani dikarenakan alasan A,B,C dan D atau sebagainya.
😆 • *4. Hal Apa Yang Membuat Karakter Tokoh Yang Diceritakan Itu Merasa Menyesal? > Penjelasan :* Dengan membuatkan tokoh tersebut sebuah penyesalan di masa lalunya. Hal yang bisa kamu ajukan adalah misalnya ; Hal apa yang membuat ia menyesal? Apakah karakter tokoh itu mencoba memperbaiki penyesalan itu atau ia akan membiarkannya saja seperti apa adanya?
😆 • Menambahkan sesuatu yang membuat seseorang karakter tokoh menyesal adalah cara efektif menghidupkan karakter dalam sebuah cerita. Penyesalan tidak hanya akan nampak sangat manusiawi dalam penulisan sebuah karya semacam novel dan cerpen, namun pada situasi yang lebih mendukung, penyesalan jugadalam menjadi dorongan menarik bagi karakter yang dihidupkan untuk melakukan tindakan signifikan dalam cerita.
KAMU SEDANG MEMBACA
☄YUVI STAR QUEEN ART👑
Random📢 INI ADALAH HASIL MATERI SEMINAR YUVI 📝 TIPS-TIPS MENULIS DAN MOTIVASI ✔ JANGAN LUPA TINGGALKAN JEJAK (FOLLOW/VOTE/COMMENT AND SHARE MY TIPS) 🚫 NO KOPI PASTEL!!! 🚫 BY : YUVI STAR QUEEN ART 👑