QnA Seputar Konten Promosi

16 1 0
                                    

Kali ini "Serba-serbi Dunia Grafis" kembali dengan membawakan materi seputar konten promosi. Tentunya promosi ini penting bagi penulis supaya tulisan kalian dilirik banyak orang.

Nah, tapi kali ini materi yang dibawakan sedikit berbeda, yaitu dengan sistem tanya jawab.

Pertanyaan-pertanyaan ini diajukan oleh teman-teman Unlimited Writers, ya.

1. Pertanyaan dari Ratu

Aku mau tanya seputar video trailer. Aku lumayan banyak ketemu video trailer yang pakai tokoh perempuannya itu idol K-Pop, tapi ketika di dalam ceritanya itu bukan idol K-Pop itu (aku gak mempermasalahkan itu, maaf banget bagi yang tersinggung) menurut kak Bil kalau tokoh di dalam trailer dan cerita itu beda aneh gak?

-Aku pribadi merasa risih sih sama trailer yang begitu karena 'kan fungsi trailer itu untuk spoiler isi cerita + tunjukin visual dari pemerannya. Jadi kayak gak make sense gitu gak sih, kalau visual di tokoh siapa eh di trailer malah beda.

Saran aku sih gini, kalau memang gak dapat scene (visual tokoh di cerita) dan pengen pake video orang lain, mending jangan ditampakin wajahnya biar seolah yang mainin scene itu visual tokoh di cerita kita.

Maaf belibet, tapi kuharap kamu ngerti yaa. Kalau kalian sendiri gimana nih? Oke-oke aja atau gimana?

2. Pertanyaan dari Hanna

Kak Bill, mau tanya, cara cari inspirasi pas pake canvas giamana yah? Sama kalo font yang dipake buat poster biar bagus biasanya apa kak bill? Thanks.

-Inspirasi datang dari banyak hal, kalau aku sih.

1. Dari otak sendiri (muncul aja sendiri gitu)

2. Dari pinterest (keyword 'canva design ideas')

3. Template Canva.
Keempat : Postingan orang lain.

Tapi, ingat! Amat-Tiru-Modifikasi jangan Amat-Tiru-Milikku (ini quotes yang aku ambil dari salah satu canva designer)

Kalau masalah font poster, ini tergantung sama poster kamu sih. Idk, mau ngasih saran font yang gimana karena beda tema ya beda font gitu.

Tapi, usahain pake font yang mudah dibaca (hindari tulisan bersambung yang susah dibaca) dan yang paling diperhatiin juga ukuran fontnya.

Kalau kalian biasa dapat inspirasi dari mana nih?

3. Pertanyaan dari Lida

Ada tips gak dari kak Bill, cara mempromosikan tulisan beserta kenal promosinya?

-Kalau aku ada beberapa tips :

1. Tiap update jangan lupa posting di sosmed (posting kalau udah up + penggalan isi cerita)

2. Aku gabung ke beberapa open chat di line dan ini ngaruh gak ngaruh si but its okay yang penting promosi aja.

3. Promosi isi ceritanya, kalau bisa kasih potongan scene yang paling hot!

4. Konsisten dan gunakan tagar yang sesuai (gosah takut alay, karena kalau sesuai gak akan kelihat alay)

5. Manfaatkan semua sosmed yang ada dan jangan sungkan buat tinggalin jejak ke tempat orang lain (baik cerita atau konten promosi).

Untuk poin kelima aku ingat kata-kata dari seorang tiktokers yang bilang karena namanya sosial media jadi yang harus kita lakukan adalah dengan bersosial. Karena kita adalah penulis pemula yang masih kecil jadi salah satu cara untuk branding nama ya dengan perluas pertemanan.

Kalau kalian biasa promosinya gimana?

4. Pertanyaan dari Ratu

Aplikasi edit kalau gak langsung diupdate suka error gak sih? Atau cuma aplikasi di hp aku aja yang begini?

-Aku sih enggak, kecuali kalau udah kadaluarsa. Nah, itu baru eror

5. Pertanyaan dari Tania

Habis liat ss-an kak Bil kemaren yang soal promosi di tiktok, aku terinspirasi mau ikut coba juga, tapi masalahnya aku bingung kayak harus mulai dari mana? Sebenarnya ini bebas kan cuman kayak mending buat video trailer dulu--yang ala-ala edit event kemaren--atau kayak perkenalan tokohnya dulu? Maaf kalau pertanyaannya aneh ):

-Kalau bisa semua kenapa enggak? :v

Untuk pertama mungkin bisa pakai trailer gitu atau promosi tiap bab pakai video dari visualnya langsung. Tapi, kalau gak ada waktu buat ngedit bisa buat kayak aku yang di tiktok dan akan aku ajarin soon.

Ntar kita belajar juga bikin video promosi dengan hal-hal yang lagi viral. Atau mau bikin challenge produktif promosi di tiktok?

6. Pertanyaan dari Ratu

Kak Bil, lebih suka baca cerita yang narasi dan dialognya baku atau narasi baku dialog non baku atau narasi dan dialog non baku?

-Kalau narasi aku tim baku, kalau dialog aku tergantung sama watak tokohnya. Kalau tokohnya kaku ya aku suka kalau dia ngomong baku, kalau dia ngomong non baku malah jatuhnya aneh. Jadi, kalau narasi baku dan dialog tergantung dengan tokoh.

Kalau kalian gimana?

Nah, itu adalah serangkaian pertanyaan dan jawaban dari temen-temen Unlimited Writer.

Dari yang kalian baca, apa udah pernah mencobanya belum? Kalau belum habis ini langsung dicoba ya.

Catatan penting :
Materi di atas disampaikan oleh Billa Bee_llaji admin grafis Unlimited Writers.

Serba-Serbi Dunia GrafisTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang